tabungan emas pegadaian – Investasi kini tengah digemari dan semakin menjadi tren di berbagai kalangan. Jika dulu investasi hanya identik dengan orang kaya yang memiliki modal besar, saat ini anak muda juga sudah mulai banyak gemar berinvestasi. Salah satu jenis investasi yang menguntungkan adalah emas.

Kenapa Menabung Emas?

Dikutip dari wikipedia, emas merupakan logam mulia dengan kuantitas terbatas dan dapat dijadikan instrumen investasi karena kestabilan harganya. Permintaan yang sangat banyak menyebabkan harga emas cenderung naik setiap tahunnya. Karenanya, emas merupakan investasi menjanjikan yang minim resiko.

Salah satu konsep dasar dalam investasi adalah nilai waktu dari uang. Artinya, uang Rp. 1 juta sekarang tidak akan sama dengan nilai Rp. 1 juta di masa mendatang karena terjadi inflasi. Yang membuat emas menarik adalah fitur inflation hedge (lindung nilai). Dengan kata lain … menabung emas dapat memberikan kita perlindungan terhadap inflasi sehingga kekayaan Anda terjaga nilainya. Tidak seperti investasi saham lainnya yang fluktuatif dan cenderung berisiko tinggi. Tidak juga seperti menabung uang di bank, di mana uang tersebut bisa makin berkurang nilainya karena adanya inflasi.

Baca juga : Mempelajari Nilai Waktu dari Uang – Time Value of Money

Tapi, tidak begitu dengan emas. Emas sekarang, harganya bisa stabil atau naik di masa mendatang. Tidak percaya? Mari kita hitung. Misalnya, Anda membeli emas batangan pada tahun 2018 seberat 10 gram dengan harga per gramnya sebesar Rp. 500 ribu. Saat itu Anda harus mengeluarkan modal sebesar Rp. 5 juta rupiah untuk membelinya. Sementara, di tahun 2019 harga emas menyentuh angka Rp. 650 ribu. Jika Anda ingin menjualnya, maka Anda akan mendapatkan Rp 6,5 juta rupiah … dan Anda bisa mendapatkan keuntungan sebesar Rp 1,5 juta rupiah. Itu baru dari 10 gram emas saja. Apalagi, jika Anda memiliki emas yang diinvestasikan selama bertahun-tahun, tentu Anda akan mendapatkan keuntungan yang fantastis!

Tak perlu khawatir untuk memulai investasi emas yang (katanya) membutuhkan modal yang besar. Sekarang ada investasi emas yang bisa dilakukan dengan modal kecil, yaitu dengan mengikuti program tabungan emas di pegadaian.

Tabungan emas pegadaian adalah salah satu program yang memang bertujuan untuk memudahkan masyarakat kalangan menengah ke bawah yang ingin berinvestasi atau baru mencoba berinvestasi. Sebab, tidak semua orang bisa membeli emas langsung secara tunai, maka menabung dan mendapatkan logam mulia bisa jadi pilihan. Tabungan emas pegadaian merupakan investasi jangka panjang dan keuntungannya baru terasa WAHnya beberapa tahun mendatang atau di atas 5 tahun.

Sistem Tabungan Emas Pegadaian

Meski dinamakan tabungan emas, bukan berarti Anda menabung dalam bentuk emas fisik. Itu adalah pemahaman yang keliru. Anda tetap menabung menggunakan uang tunai dan akan mendapatkan emas sesuai uang yang disetor. Tabungan emas di pegadaian bisa dimulai dengan modal di bawah Rp. 10 ribu, lho! Murah sekali, bukan?

Tentu saja ada beberapa persyaratan yang harus Anda penuhi untuk bisa menabung dengan nilai minimum tersebut, yaitu biaya administrasi dan biaya fasilitas titip emas. Biaya yang ditetapkan oleh pegadaian ini, tergolong tidak terlalu memberatkan. Karena kalau dijumlahkan, nominalnya tergolong masih kecil. Namun begitu, Anda perlu menimbang juga keuntungan dan kerugiannya agar bisa menyesuaikan dengan kondisi finansial Anda.

Baca juga : Terbaru! Kumpulan Kata Kata Bijak Mengelola Keuangan

Kelebihan dan Kekurangan Tabungan Emas Pegadaian

Bagi Anda yang tidak memiliki dana untuk membeli emas secara langsung, Anda bisa mengikuti program tabungan emas di pegadaian. Namun, sebelum memulainya, Anda perlu mengetahui kelebihan dan kekurangan yang mungkin Anda rasakan saat menabung emas di pegadaian.

Pertama, kami akan menjelaskan kelebihan dan kekurangan menabung emas di pegadaian, yaitu sebagai berikut:

Kelebihan Menabung Emas Pegadaian

  1. Harga terjangkau

Menabung emas di pegadaian bisa dilakukan dengan minimal Rp. 10 ribu saja. Di mana, setiap Anda menyetorkan tunai, maka langsung otomatis terkonversi dalam bentuk gram emas di catatan buku rekening.

  1. Bisa memilih emas bersertifikasi

Sebagai orang awam, tentu sulit sekali bagi banyak orang untuk membedakan antara emas asli dan palsu. Untuk menghindari penipuan dan meminimalisasi kekhawatiran, produk emas pegadaian sudah bersertifikasi sehingga aman dari pemalsuan.

  1. Pencairan mudah

Tabungan emas pegadaian mudah dicairkan dan digunakan ketika Anda membutuhkan, karena sifatnya likuid. Skala kemudahannya lebih tinggi dibandingkan jenis investasi lainnya, seperti tanah dan properti.

  1. Aman

Jika memiliki emas batangan, Anda perlu menyimpannya di tempat yang aman. Menabung emas di pegadaian, tidak perlu pusing lagi soal penyimpanan dan keamanannya. Karena akan disimpan dengan aman oleh pihak pegadaian.

  1. Transaksi mudah

Menabung emas tidak dilakukan secara manual, melainkan sudah bisa dilakukan dengan cara transfer bank. Top up saldo tabungan emas pun bisa dilakukan melalui ATM atau secara online dari internet banking atau m-banking.

  1. Bebas pajak

Untuk saat ini, belum ada nominal pajak yang dibebankan atas kepemilikan emas.

Baca juga : 15 Tips Mengatur Keuangan Ala Raditya Dika

Kekurangan Menabung Emas di Pegadaian

  1. Ada berat minimum untuk dicairkan

Meski mudah, ada minimal jumlah gram yang harus dipenuhi untuk mencairkan emas batangan yang sudah ditabung, yaitu berat minimalnya 5 gram.

  1. Ada kurs beli dan jual

Terdapat kurs jual-beli emas di pegadaian, sehingga bisa saja terjadi selisih karena adanya perbedaan antara kurs beli dan jual.

  1. Ada biaya admin dan biaya titipan

Seperti yang telah disebutkan sebelumnya, tabungan emas dipegadaian akan ditetapkan biaya titip sebesar Rp. 30 ribu setiap tahun dan biaya admin sebesar Rp. 10 ribu.

  1. Pendaftaran manual

Menabung emas bisa dilakukan secara online, namun pendaftarannya masih harus mendatangi outlet pegadaian langsung. Karena, belum ada fasilitas pendaftaran online.

  1. Belum diadopsi seluruh cabang pagadaian

Sayangnya, tidak semua prgadaian memiliki program tabungan emas. Anda harus memastikannya terlebih dahulu di pegadaian terdekat dengan Anda.

Info lebih lanjut dapat Anda cek ke website pegadaian. Yuk budayakan untuk mulai mempersiapkan masa depan dengan cara berinvestasi dan menabung. Semoga penjelasan ini dapat membuka wawasan Anda ya. Salam investasi!

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *