Definisi Dari Nilai Waktu dari Uang (Time Value of Money) [+ Cara Menghitung]

nilai waktu dari uang – Sebagai seorang individu, kita sering diperhadapkan dengan pilihan untuk menabung dalam rangka mempersiapkan masa depan atau sekedar meminjam uang untuk kebutuhan kita saat ini. Selanjutnya, kita perlu menentukan seberapa besar uang yang akan kita investasikan apabila kita ingin menabung, atau biaya apabila kita ingin meminjam uang.

Uang mempunyai nilai waktu di mana uang yang kita miliki saat ini lebih berharga apabila kita dapat memilikinya lebih awal. Oleh karena itu, nominal uang yang lebih kecil saat ini mungkin memiliki nilai yang sama dengan nominal uang yang lebih besar di masa depan. Time Value of Money, nilai waktu dari uang, adalah suatu konsep yang mengacu pada perbedaan nilai uang yang disebabkan karena perbedaaan waktu. Memahami konsep dan teknik dalam menghitung nilai waktu dari uang merupakan hal yang penting dalam analisa keuangan.

Baca juga : 4 Cara Menghitung Depresiasi (Bonus Contoh Soal)

A. Tingkat Suku Bunga (Interest Rate)

Dalam beberapa kasus, kita dapat menentukan tingkat suku bunga yang dapat digunakan ; sedangkan di beberapa kasus lainnya, tingkat suku bunga tidak diketahui sehingga kita harus memperkirakannya. Sebelum dapat memahami mekanisme dari nilai waktu uang (kita akan menggunakan terminology nilai waktu uang sebagai definisi dari time value of money pada pembahasan selanjutnya), kita perlu melihat ilustrasi dari konsep ekonomi.

Nilai waktu uang sangat membantu kita untuk memahami hubungan kesetaraan yang terjadi pada nilai uang karena perbedaan waktu. Ide dari hubungan kesetaraan ini cukup mudah. Simak pembahasan berikut :

Kamu meminjam uang sebesar Rp 1 juta hari ini, tetapi hanya akan dikembalikan sebesar Rp 950 ribu. Apakah kamu mau? Saya kira tidak. Tetapi bagaimana kalau saya meminjamkan kamu uang sebesar Rp 950 ribu hari dan harus mengembalikan uang tersebut sebesar Rp 1 juta rupiah tahun depan. Dapatkah Rp 950 ribu dan Rp 1 juta tersebut kita anggap memiliki nilai yang setara? Mungkin saja! Karena Rp 1 juta tahun depan memiliki nilai yang lebih kecil daripada Rp 1 juta yang akan Anda terima hari ini.

Oleh karena itu, adalah hal yang wajar apabila terdapat pemotongan terhadap nilai Rp 1 juta yang akan kita tahun depan. Pemotongan nilai tersebut dilakukan berdasarkan seberapa lama penundaan pembayaran sebelum Anda mengembalikan uang Rp 1 juta tersebut kepada saya. Tingkat suku bunga, dilambangkan dengan r, merupakan cerminan hubungan uang karena perbedaan waktu tersebut. Apabila Rp 950 ribu hari ini memiliki nilai yang setara dengan Rp 1 juta di tahun depan, maka Rp 1 juta – Rp 950 ribu = Rp 50 ribu adalah kompensasi yang diperlukan untuk menggantikan uang saya, Rp 950 ribu, yang Anda pinjam hari ini. Lalu tingkat suku bunga – kompensasi – dapat dihitung sebesar Rp 50 ribu / Rp 950 ribu = 0.0526 atau 5,26 persen (5,26 %).

B. Fungsi dari tingkat suku bunga :

  1. Tingkat suku bunga dapat diartikan sebagai minimal kompensasi yang harus diberikan kepada investor sebelum dia ingin meminjamkan uangnya.
  2. Tingkat suku bunga juga dapat diartikan sebagai suku bunga yang kita gunakan untuk mencari nilai uang saat ini dari uang yang akan diterima di masa depan (seperti soal diatas).
  3. Tingkat suku bunga dapat diartikan sebagai biaya peluang. Biaya peluang adalah nilai yang ditinggalkan oleh investor karena dia memilih kesempatan lainnya. Sebagai contoh, apabila saya memilih untuk menghabiskan uang Rp 950 ribu di atas untuk membeli berpesta, maka saya akan kehilangan peluang untuk mendapatkan Rp 50 ribu dari Anda.

#1 : Nilai Masa Depan dari Arus Kas Tunggal

Dalam sesi ini, tim ngurusduit akan memperkenalkan nilai waktu dari uang pada masa depan dari arus kas tunggal, dalam bahasa inggris dikenal dengan istilah Future Value of Single Cash Flow. Kami mendefinisikan nilai uang saat ini dengan lambang PV (Present Value), dimana tingkat suku bunga di lambangkan dengan r (rate of return), dan nilai uang di masa depan dilambangkan dengan FV (Future Value), yang akan diterima N tahun lagi dari sekarang.

Sebagai contoh, misalkan Anda menabung uang di bank sebesar Rp 100 juta dan mendapatkan tingkat suku bunga sebesar 5% per tahun. Dan pada akhir tahun pertama, Anda akan mendapatkan uang pokok Anda, Rp 100 juta, dan bunga, 0.05 x Rp 10 juta = Rp 5 juta, sehingga total yang akan kita dapatkan adalah Rp 105 juta. Perhitungan ini telah dapat kita jadikan contoh formal dengan menggunakan beberapa lambang berikut :

  • PV = Present Value, nilai uang saat ini
  • FV(N) = Future Value, nilai uang di masa depan setelah N tahun
  • r = rate of return, tingkat suku bunga

dan untuk N = 1, perhitungan nilai uang di masa depan adalah

FV(1) = PV x (1 + r)

FV(1) = Rp 100 juta x (1 + 0.05) = Rp 105 juta

Supaya Anda dapat semakin mengerti, mari kita simak contoh kedua. Coba Anda hitung nilai masa depan dari investasi Rp 1 juta yang telah Anda simpan di deposito, yang memiliki bunga 6%, selama 10 tahun.

Nilai Waktu Dari Uang - Future Value from Present Value

Jadi 10 tahun lagi, Anda akan menerima Rp 1.790.8000,-

#2 : Nilai Sekarang dari Arus Kas Tunggal

Berikutnya, kita akan membahas mengenai Nilai Sekarang dari Arus Kas Tunggal yang akan kita terima di masa depan, dalam bahasa Inggris-nya dikenal dengan istilah Present Value of Single Cash Flow. Kami mendefinisikan nilai uang saat ini dengan lambang PV (Present Value), dimana tingkat suku bunga di lambangkan dengan r (rate of return), dan nilai uang di masa depan dilambangkan dengan FV (Future Value), yang akan diterima N tahun lagi dari sekarang.

Sebagai contoh, Anda sebenarnya akan mendapatkan hadiah dari kantor Anda sebesar Rp 100 juta setelah tiga tahun bekerja di kantor tersebut. Namun, Anda ingin mendapatkan uang itu sekarang. Dengan bunga tingkat suku bunga sebesar 8%. Berapakah minimal uang yang harus kantor berikan kepada Anda? Perhitungan ini telah dapat kita hitung dengan menggunakan beberapa lambang berikut :

  • PV = Present Value, nilai uang saat ini
  • FV(N) = Future Value, nilai uang di masa depan setelah N tahun
  • r = rate of return, tingkat suku bunga

dan, perhitungannya akan menggunakan rumus sebagai berikut :

Nilai Waktu Dari Uang - Present Value from Future Value

Dari perhitungan tersebut, kita dapat mengetahui bahwa Anda harus menerima minimal Rp 79.383.224,- dari kantor Anda. Uang tersebut akan memiliki nilai yang sama dengan Rp 100.000.000,- tiga tahun lagi.

#3 : Nilai Masa Depan dari Arus Kas Banyak (Anuitas)

Berikutnya, kita akan membahas mengenai Nilai Masa Depan dari Arus Kas Banyak yang akan kita terima di masa mendatang, dalam bahasa Inggris-nya dikenal dengan istilah Future Value of Ordinary Annuity. Kami mendefinisikan nilai uang saat ini dengan lambang PV (Present Value), dimana tingkat suku bunga di lambangkan dengan r (rate of return), dan nilai uang di masa depan dilambangkan dengan FV (Future Value), yang akan diterima N tahun lagi dari sekarang. Lalu ada juga A (Annuity) yang melambangkan besarnya cicilan / investasi kita.

Untuk dapat lebih memahaminya, mari kita simak bersama contoh berikut : Berapakah nilai uang kita, apabila kita melakukan investasi sebesar Rp 10 juta selama 3 tahun, dengan tingkat suku bunga 10%. Adapun investasi tersebut akan kita mulai dari akhir tahun ini.

Jawab

Saat Ini : Rp 0,-
Tahun Pertama : Rp 10 juta
Tahun Kedua :  Rp 10 juta
Tahun Ketiga : Rp 10 juta. Berapa FV?

Nilai Waktu Dari Uang - Future Value from Annuity

Jadi, total uang Anda pada akhir tahun ketiga adalah Rp 33.100.000,-

#4 : Nilai Sekarang dari Arus Kas Banyak (Anuitas)

Kali ini kita akan membahas mengenai Nilai Sekarang dari Arus Kas Banyak yang akan kita terima di masa depan, dalam bahasa Inggris-nya dikenal dengan istilah Present Value of Ordinary Annuity. Kami mendefinisikan nilai uang saat ini dengan lambang PV (Present Value), dimana tingkat suku bunga di lambangkan dengan r (rate of return), dan nilai uang di masa depan dilambangkan dengan FV (Future Value), yang akan diterima N tahun lagi dari sekarang. Lalu ada juga A (Annuity) yang melambangkan besarnya cicilan / investasi kita.

Untuk dapat lebih memahaminya, Anda dapat melihat contoh soal berikut : Berapakah nilai sekarang dari investasi sebesar Rp 5 juta yang akan Anda lakukan selama 5 tahun, dengan tingkat suku bunga 8%.

20190202 - Time Value Of Money - Present Value of Annuity

Yup, itulah sekilas pembelajaran yang dapat diberikan oleh tim NGURUSDUIT.COM kepada sahabat sekalian. Kalau kalian merasa bahwa materi ini berguna, KOMEN, SHARE and SUBSCRIBE channel ini ya. Kalau nanti ada banyak orang yang share, tim kami akan membuatkan materi mengenai penerapan ilmu ekonomi mengenai time value of money ini dalam kehidupan sehari – hari.

2 thoughts on “Definisi Dari Nilai Waktu dari Uang (Time Value of Money) [+ Cara Menghitung]”

Leave a Comment