Pada dasarnya dalam kehidupan sehari-hari memang sangat dipengaruhi oleh masalah keuangan, di mulai dari bagaimana mendapatkan uang dengan benar dan juga bagaimana cara mengatur keuangan tersebut. Mengelola keuangan sendiri memerlukan banyak sekali pemikiran agar dapat memiliki tabungan yang cukup untuk masa depan. Keuangan ini sendiri memang tidak hanya berlaku pada sebuah kehidupan sehari-hari akan tetapi juga berlaku pada sebuah instansi atau perusahaan. Mengelola keuangan dapat dilakukan dengan metode yang ditemukan sendiri atau dengan mengikuti saran dari ahli yang memang menjadi pakar pada bidang tersebut. Ada beberapa kata kata bijak mengelola keuangan yang dapat dijadikan sebagai motivasi untuk dapat mengatur keuangan dengan baik.

Baca juga : Cara Mengelola Keuangan Pribadi Ala Orang Terkaya

Kata kata Bijak Mengelola Keuangan Terkenal Dan Artinya

Ada banyak sekali kata kata bijak mengelola keuangan yang terkenal dan memilik arti yang dapat memotivasi masyarakat agar dapat mengatur uang dengan baik. Dalam kata-kata bijak tersebut tentu saja akan memberikan pesan kepada masyarakat supaya dapat mengelola uang dengan baik dan dapat menabung untuk masa depan.

# Mengatur Arus Cash

“Kata-kata bijak yang pertama adalah orang yang dapat mengatur arus kas (cash flow) adalah orang yang memiliki kekuatan”, kalimat tersebut diucapkan oleh Mark W Boyer penulis dari buku Domestic Vigilance. Kalimat tersebut memiliki arti yang cukup membuat sadar masyarakat akan pentingnya sebuah pengaturan pengeluaran sehari-hari, di mana sangat perlu bagi masyarakat untuk membuat sebuah perencanaan pengeluaran dana harian agar keuangan dapat terkontrol dengan baik.

# Hati – hati dengan pengeluaran

Kata kata bijak mengelola keuangan selanjutnya adalah dari salah satu tokoh dunia Benjamin Franklin yang menyatakan “berhati-hatilah dengan pengeluaran terkecil, keretekan kecil dapat menenggelamkan kapal besar”. Dalam kalimat yang diucapkan oleh Benjamin Franklin ini memiliki makna agar kita selalu memperhatikan semua pengeluaran termasuk yang terkecil sekalipun, dalam contoh adalah kita harus dapat menekan pengeluaran kecil yang dirasa tidak perlu. Karena hal tersebut akan dapat menyebabkan beberapa pengeluaran tambahan yang dapat membuat keuangan menjadi kacau. Contohnya adalah jika kita membeli sebuah jarum jahit pasti bersama dengan benangnya, jangan ditambahkan membeli hal lain yang tidak diperlukan.

# Hindari kartu kredit

Kata kata bijak mengelola keuangan yang selanjutnya adalah “jika Anda belum memiliki kemampuan mengelola keuangan atau money management berbelanjalah dengan menggunakan kartu debit terlebih dahulu, agar Anda tidak menumpuk utang dengan menggunakan kartu kredit” (T. Harv Eker). Sangat jelas pesan yang diberikan oleh penulis dan pengusaha tersebut, di mana banyak sekali orang yang belum dapat menggunakan kartu kredit dengan baik. Memang menggunakan kartu kredit dapat memberikan keuntungan seperti penawaran spesial, diskon dan masih banyak lagi, akan tetapi jika Anda salah menggunakannya akan dapat menjerat kehidupan Anda dengan hutang kartu kredit. Di mana dalam masalah ini tentu saja akan berakibat fatal pada pengaturan keuangan Anda pada masa mendatang.

# Perencanaan itu penting

Kata kata bijak mengelola keuangan yang selanjutnya adalah “Perencanaan keuangan yang benar, seperti membuat anggaran, menabung untuk dana darurat, berinvestasi, menyiapkan biaya untuk masa pensiun dapat membantu Anda hidup lebih sejahtera, meskipun ada badai keuangan” oleh Ben Bernanke. Ben Bernanke merupakan seorang ekonom yang berasal dari Amerika Serikat, di mana dia memberikan nasehat ini untuk dapat mengingatkan masyarakat agar dapat mengatur anggaran dan dapat membuat perencanaan keuangan yang matang. Dengan adanya perencanaan ini sendiri tentu saja akan memberikan kehidupan yang lebih sejahtera di masa depan walaupun akan terkena kendala dalam hal keuangan yang gawat sekalipun.

Baca juga : Peluang Bisnis Tanpa Modal di Tahun ini

# Bayar diri sendiri

Kata kata bijak mengelola keuangan selanjutnya adalah dari Green Stickman yang mengatakan bahwa “sebelum Anda membayar orang lain (belanja, biaya sewa rumah, cicilan dan lain sebagainya), pastikan Anda membayar diri Anda terlebih dahulu”. Dalam artian yang lain adalah ketika Anda menerima gaji kesampingkan dulu belanja dan lain-lain, fokuskan kepada diri anda lebih dulu dengan jalan berinvestasi. Investasi sendiri merupakan sebuah tindakan yang tepat untuk dapat merencanakan masa depan, terlebih lagi dengan semakin sulitnya untuk dapat mempertahankan pekerjaan. Dengan investasi ini sendiri Anda akan memiliki tabungan yang dapat digunakan di masa depan.

# Biarkan uang bekerja

Kata kata bijak mengelola keuangan yang terakhir adalah “semakin banyak uang yang bekerja untuk Anda, semakin sedikit waktu yang Anda keluarkan untuk bekerja mendapatkan uang” oleh Idowu Koyenikan seorang penulis asal Afrika. Dalam pernyataan yang diberikannya adalah mulailah untuk berinvestasi, di mana tindakan yang satu ini akan memberikan Anda uang tanpa harus menghabiskan waktu untuk bekerja demi mendapatkan uang. Dengan berinvestasi uang yang akan bekerja untuk Anda sehingga kehidupan akan menjadi lebih terjamin. Koyenikan juga mengingatkan bahwa berinvestasi tidak melulu soal memberikan uang, akan tetapi juga harus memiliki strategi. Maka dari pada itu, belajar tentang investasi sangatlah penting agar keuangan dapat berjalan dengan lancar.

Author

Write A Comment

one × three =