Search for:

Aplikasi kasir online – Semakin ke sini, semakin banyak orang yang memiliki ketertarikan untuk berbisnis atau memulai usaha sendiri. Apalagi peluang usaha terbaru semakin menjanjikan dan diperkirakan bisnis digital atau online akan terus menjadi tren selama beberapa tahun ke depan. Hal ini tentunya menimbulkan dampak positif, sekaligus negatif bagi para pelaku usaha, karena persaingan yang begitu ketat. Bahkan, tidak sedikit usaha-usaha yang tak mampu bertahan harus berakhir gulung tikar.

Salah satu penyebab kegagalan ini adalah masalah keuangan yang tidak dapat dilakukan dengan apik. Misalnya, permasalahan transaksi keuangan dan pembukuan yang amburadul karena sistem kasir yang tidak terkelola dengan baik. Dengan perkembangan teknologi yang pesat di masa kini, sebetulnya masalah transaksi keuangan semacam ini bisa diatasi dengan aplikasi kasir online yang menggunakan sistem Point of Sales (POS).

POS adalah sebuah sistem aplikasi yang digunakan untuk memonitor dan mengelola penjualan di tempat dalam satu aplikasi kasir. Aplikasi kasir online yang menggunakan sistem POS ini memang tengah digandrungi banyak pengusaha, baik yang sudah lama terjun ke dunia bisnis maupun yang baru merintis usahanya. Aplikasi ini menggantikan cash register manual yang biasanya digunakan. Hal ini karena sejumlah kemudahan dan keuntungan yang ditawarkan aplikasi kasir.

Lantas, apa saja keuntungan menggunakan aplikasi kasir online? Apakah penggunaannya bisa menunjang usaha Anda agar kian berkembang pesat? Aplikasi kasir mana yang terbaik untuk bisnis Anda? Mari kita buktikan dan cari tahu jawabannya bersama dengan menyimak penjelasan berikut.

Baca juga : Apa itu Nilai Buku atau Book Value?

Keuntungan Menggunakan Aplikasi Kasir

aplikasi kasir online terbaik - 2 - keuntungan menggunakan

Sebelum merekomendasikan aplikasi kasir mana yang terbaik untuk bisnis Anda, sebaiknya Anda mengetahui terlebih dahulu apa saja keuntungan penggunaan aplikasi kasih online untuk bsinis Anda. Baru setelahnya Anda bisa menimbang apakah dibutuhkan oleh bisnis Anda dan kami akan memberikan beberapa rekomendasi aplikasinya untuk Anda.

Berikut beberapa keuntungan, jika Anda menggunakan aplikasi kasir online untuk menunjang usaha Anda:

i. Efisiensi Waktu

Jika keuangan bisnis Anda dilakukan secara manual, Anda tentu harus menyisihkan waktu lagi untuk mencatat semua transaksi penjualan. Anda juga harus menghitung stok secara manual agar usaha berjalan lancar. Ini memakan waktu yang sangat panjang. Dengan menggunakan aplikasi kasir, seluruh laporan trnasaksi penjualan akan tersimpan secara otomatis dan bisa dilihat kapan pun Anda butuhkan. Pencatatan stoknya pun sangat akurat. Sehingga, Anda bisa memiliki waktu luang untuk melakukan hal lainnya.

ii. Keamanan Terjamin

Anda yang baru memulai usaha tentu butuh waktu panjang untuk mempercayakan masalah keuangan pada orang lain atau karyawan. Tentu Anda memiliki kekhawatiran terhadap orang lain untuk mengatur dan mengelola keuangan bisnis Anda. Solusinya adalah menggunakan aplikasi kasir yang dapat mencegah terjadinya “kebocoran” keuangan pada bisnis Anda. Artinya, Anda bisa meminimalisir fraud (penipuan) dan memastikan jumlah uang yang diterima sama dengan stok barang yang keluar di mana saja dan kapan saja.

iii. Analisis Bisnis yang Akurat

Analisis bisnis adalah hal terpenting untuk menjaga agar bisnis Anda tetap berjalan stabil. Apalagi, jika bisnis Anda berjalan dinamis. Tidak adanya analisis atau laporan bisnis yang akurat dan cepat, maka bisa menyebabkan bisnis Anda gulung tikar. Dengan aplikasi kasir online, laporan dan analisis bisnis lebih akurat dan otomatis. Sehingga, ini akan membuat efisiensi dalam menganalisis bisnis Anda.

iv. Pengendalian Kas

Aplikasi kasir juga memiliki sistem yang ototmatis bisa menjumlahkan seluruh total transaksi dalam waktu harian, mingguan, bulanan, dan tahunan. Data ini akan tersimpan baik dan rapi selama Anda memiliki aplikasi kasir tersebut. Alhasil, Anda bisa mengendalikan kas keuangan secara cepat dan tepat. Anda jadi cepat tahu kapan harus membelikan kas untuk stok, untuk membuka cabang baru, bahkan melihat berapa keuntungan yang Anda dapatkan.

v. Keuntungan Meningkat

Bagi para pengusaha, keuntungan merupakan salah satu tujuan didirikannya usaha. Dari seluruh manfaat yang dimiliki aplikasi kasir, seperti pencatatan transaksi penjualan, analisis dan laporan bisnis, pengendalian kas, dan sebagainya, secara langsung akan meningkatkan keuntungan usaha Anda. Sebab, Anda bisa menerapkan strategi-strategi untuk meningkatkan keuntungan dan mutu lebih cepat.

Baca juga : 4 Cara Menghitung Depresiasi Aset (BONUS Contoh Soal)!

Aplikasi Kasir Online Terbaik

aplikasi kasir online terbaik - 3 - rekomendasi

Dari sejumlah keuntungan menggunakan aplikasi kasir online, Anda bisa menilai apakah aplikasi ini kiranya cocok dengan bisnis Anda atau tidak. Nah, jika tertarik menggunakan aplikasi yang memudahkan pekerjaan Anda ini, kami akan memberikan beberapa rekomendasi aplikasi kasir online terbaik yang bisa digunakan dengan menggunakan budget minim, namun Anda akan tetap mendapatkan fitur terbaik.

#1 : Moka

Moka adalah aplikasi kasir berbasis cloud yang biasa digunakan untuk UKM, mulai dari pengecer butik hingga restoran cepat saji. Aplikasi ini memiliki kelebihan bisa menganalisa barang yang paling laris, waktu paling sibuk, dan mengidentifikasi stok yang hampir habis hanya dengan satu kali sentuhan. Anda bahkan bisa mengunduh aplikasi ini melalui PlayStore dan AppStore.

#2 : Pawoon

Sama seperti aplikasi kasir lainnya, Pawoon juga berbasis online dan bisa dikendalikan hanya dengan menggunakan smartphone atau tablet Android. Sehingga, penggunaannya lebih hemat dan fleksibel. Pawoon juga menghadirkan fitur premium, seperti menerima pembayaran tunai, debit, maupun kredit dengan mudah, serta cetak dan email bukti pembayaran.

#3 : iPos

Sebagai aplikasi kasir berbasis online, iPos tidak hanya membuat software atau aplikasi yang mendukung pproses bisnis menjadi lebih cepat, rapi, dan terukur secara real time, tapi juga menyediakan perangkat hardware yang nyaman dan mudah. Pilihan aplikasinya pun beragam, mulai dari basic, professional, ultimate, hingga enterprice.

Baca juga : 15 Tips Mengatur Keuangan dalam Hidup Minimalism ala Raditya Dika

Author

Write A Comment

nine + four =

Pin It