Search for:

Hai Sobat! Berberapa waktu yang lalu, tim Ngurus Duit sempat merekomendasikan 7 aplikasi kredit hp online terbaik tanpa kartu kredit. Salah satu aplikasi yang kami review adalah INDODANA. Kali ini tim Ngurus Duit akan memberikan review aplikasi INDODANA dengan lebih detail.

Apa itu INDODANA?

INDODANA adalah aplikasi penyedia layanan pinjaman online bunga rendah dari PT Artha Dana Teknologi yang beralamat di Jl. Tomang Raya No.38, RT.5/RW.1, Kelurahan Jatipulo, Kecamatan Palmerah, Jakarta Barat, DKI Jakarta.

Aplikasi ini dapat didownload di Google Playstore maupun App Store. Sejauh ini, INDODANA telah didownload oleh lebih dari 1 juta orang dan mendapatkan rating 4.5 dari 390 ribu reviewers.

INDODANA juga telah  mendapatkan izin operasional dari OJK sejak 19 Mei 2020 dengan nomor registrasi KEP-15/D.05/2020. Jadi, bisa dipastikan bahwa INDODANA adalah aplikasi pinjaman online yang aman dan legal ya. Selain itu, Sobat juga dapat mengakses website resmi INDODANA di www.indodana.id.

Jangan lupa input kode referral APU0808 untuk memperbesar peluang ACC

Apa saja produk pinjaman INDODANA?

Ada dua jenis pinjaman yang ditawarkan oleh INDODANA, yaitu:

1. Paylater (cicilan tanpa kartu kredit)

Indodana menawarkan limit pinjaman sampai Rp 25 juta dan tenor sampai 12 bulan. Namun, limit yang diberikan bukan dalam bentuk pinjaman tunai. Limit ini harus digunakan untuk berbelanja di merchant – merchant yang telah bekerja sama dengan Indodana seperti Tokopedia, Elevania, atau Unipin. Jadi bisa dibilang cara kerja jenis pinjaman yang satu ini mirip dengan kartu kredit, tetapi Sobat tidak perlu menggunakan kartu apapun. (sama seperti aplikasi AKULAKU dan Kredivo)

Bunga pinjaman yang diberikan oleh INDONDANA relatif rendah, tergantung dari panjang tenor yang akan Sobat ambil. Ada 3 pilihan panjang tenor yang ditawarkan, yaitu:

  • Tenor 3 bulan dengan bunga 4,1% per bulan. Jadi, total bunga yang dibayarkan selama 3 bulan adalah 3 x 4,1% = 12,3%
  • Tenor 6 bulan dengan bunga 3,6% per bulan. Total bunga yang dibayarkan adalah 21,6%.
  • Tenor 12 bulan dengan bunga 3,4% per bulan. Total bunga yang dibayarkan adalah 40,8%.

Jika kita membandingkan total bunga yang dibayarkan dari ketiga pilihan tenor tersebut, terlihat bahwa semakin panjang tenor, total bunga yang dibayarkan semakin besar. Tapi persentase bulanannya sebenarnya semakin ringan.

Supaya cicilan tidak memberatkan kondisi finansial Sobat, tim Ngurus Duit merekomendasikan total besaran cicilan maksimal 30% dari penghasilan. Total besaran cicilan yang dimaksud disini adalah total dari seluruh cicilan yang Sobat miliki.  Jadi Sobat juga perlu memperhitungkan kredit lainnya seperti KPR dan KTA (kalau ada) agar semua cicilan bisa terbayar lancar.

2. Pinjaman online cepat cair

INDODANA juga menawarkan pinjaman uang tunai cepat cair dengan limit pinjaman sebesar 1 hingga 8 juta dan tenor dari 3 hingga 8 bulan. Namun sayangnya bunga yang dikenakan untuk pinjaman tunai ini lebih tinggi dari bunga paylater INDODANA.

Jika Sobat tertarik untuk kredit HP tanpa DP, mengambil cicilan tanpa kartu kredit, atau mengambil pinjaman dana tunai di INDODANA, langsung saja download aplikasi Indodana dan input kode refferal APU0808.

Syarat mengajukan pinjaman di INDODANA

Supaya pengajuan pinjaman di INDODANA bisa di-acc, terdapat beberapa syarat yang perlu dipenuhi :

  1. WNI dan mempunyai e-KTP.
  2. Berusia 20 – 65 tahun.
  3. Memiliki penghasilan minimal sebesar 3,5 juta rupiah.
  4. Akun internet banking / BPJS / pajak / slip gaji untuk membuktikan jumlah pendapatan Sobat.

Jadi, pekerja freelance yang tidak memiliki slip gaji juga bisa mengajukan pinjaman di INDODANA, asal memiliki NPWP.

Sebenarnya, target market INDODANA adalah para pegawai yang bekerja di kantor. Jadi, para pegawai memiliki peluang yang lebih tinggi untuk mendapatkan limit pinjaman sampai 25 juta rupiah dibandingkan dengan para pekerja freelance.

Sobat yang bekerja freelance tidak perlu khawatir. Sobat bisa memperbesar peluang untuk mendapatkan limit kredit maksimal dari INDODANA dengan memasukan kode referral APU0808. Cara ini juga berlaku untuk Sobat yang bekerja sebagai pegawai kantor ya.

Kekurangan dan Kelebihan INDODANA

Sama seperti berbagai aplikasi pinjaman online lainnya, INDODANA memiliki beberapa kekurangan dan kelebihan.

Kelebihan

  • Aplikasi INDODANA mudah digunakan dan proses verifikasinya juga cepat.

Kekurangan

Kekurangan terbesar dari aplikasi ini adalah bunga dan biaya admin untuk pinjaman dana tunai yang sangat mahal, yaitu bisa mencapai 50%. Jadi sebaiknya aplikasi INDODANA hanya digunakan untuk kredit HP tanpa DP atau mengambil cicilan tanpa kartu kredit, bukan untuk pinjaman tunai. Kecuali jika Sobat tidak keberatan dengan bunga dan biaya adminnya yang besar.

Kesimpulan

Itu tadi review aplikasi INDODANA dari Ngurus Duit. Selain aman dan legal karena sudah mendapat izin dari OJK, aplikasi ini juga recommended untuk menyicil pembelian produk di merchant-merchant yang bekerjasama dengan INDODANA, karena bunganya yang rendah. Namun, meskipun aman dan berbunga rendah, Sobat harus tetap mempergunakan aplikasi ini dengan bijak ya. Supaya tidak terjadi hal-hal yang tidak diinginkan di kemudian hari seperti gagal membayar cicilan karena terlalu kalap berbelanja. Setelah ini, aplikasi apalagi yang Sobat ingin untuk Ngurus Duit review? Silakan tulis di kolom komentar ya. Sampai jumpa di artikel selanjutnya!

Author

Write A Comment

17 + 17 =

Pin It