Search for:

Hai Sobat! Mungkin beberapa dari kalian ada yang membutuhkan pinjaman dana tunai untuk kebutuhan konsumtif seperti kredit HP ataupun kebutuhan produktif seperti modal usaha. Solusi untuk kebutuhan ini adalah mengajukan pinjaman modal ke lembaga keuangan seperti bank atau fintech yang menyediakan layanan pinjaman online.

Saat ini ada banyak fintech yang menawarkan kemudahan dalam proses pengajuan pinjaman melalui aplikasi online, namun biasanya suku bunganya yang diberikan oleh fintech lebih tinggi dari bank. Oleh sebab itu, bank dapat menjadi pilihan untuk Sobat yang ingin mendapatkan pinjaman dengan bunga rendah dan tenor yang lebih lama.

Salah satu layanan pinjaman online bunga rendah dari bank yang bisa Sobat pilih adalah Flexi Cash. Flexy Cash merupakan fitur dari aplikasi Jenius yang dikelola oleh Bank BTPN.

Baca juga : Pinjaman Online Bunga Rendah dari Bank Amar : Review Tunaiku

Apa itu Flexi Cash?

Flexi Cash merupakan salah satu layanan yang terdapat di dalam aplikasi Jenius, bank digital dari Bank BTPN. Layanan Flexi Cash ini  merupakan fasilitas dana siaga / standby loan untuk Sobat yang membutuhkan pinjaman uang tanpa jaminan alias kredit tanpa agunan / KTA.

Nantinya Jenius akan memberikan limit kredit yang bisa ditarik sewaktu – waktu apabila dibutuhkan. Menariknya, Sobat tidak perlu membayar biaya administrasi untuk menikmati layanan ini. Untuk menggunakan layanan Flexi Cash, tentunya Sobat harus mendownload aplikasi Jenius di google playstore dan app store.

Syarat Pinjaman Flexy Cash

Terdapat beberapa syarat yang harus Sobat penuhi untuk mendapatkan pinjaman Flexi Cash. Syaratnya relatif mudah, yaitu:

  1. Berstatus WNI
  2. Berusia 21 – 50 tahun
  3. Memiliki KTP
  4. Aktif menggunakan aplikasi Jenius (nikmati fitur transfer gratis antarbank!)
  5. Jaga saldo tabungan Rp1 juta

Cara Pinjam Uang di Flexi Cash

Untuk mengajukan pinjaman Flexi Cash, tentunya Sobat harus terlebih dahulu mendownload aplikasi Jenius. Setelah mendownload aplikasi ini, jika Sobat merupakan nasabah yang terpilih, maka Sobat akan mendapatkan undangan dari Jenius untuk mengajukan pinjaman Flexi Cash.

Sobat harus memenuhi persyaratan berikut untuk mendapatkan undangan dari Jenius:

  • Memiliki saldo minimal satu juta rupiah selama 3 bulan berturut-turut.
  • Aktif melakukan transaksi di aplikasi Jenius.

Kalau kedua persyaratan tersebut telah terpenuhi, kemungkinan besar Sobat akan mendapatkan undangan dari Jenius untuk mengajukan pinjaman Flexi Cash.

Jika undangan tersebut telah Sobat terima, selanjutnya Sobat hanya perlu log in ke aplikasi Jenius, dan pilih fitur Flexi Cash.

  1. Setelah itu akan muncul dua pilihan yaitu “Ajukan Flexi Cash” dan “Coba Hitung Penawaran”.
  2. Penting untuk diketahui, besarnya limit pinjaman yang akan Sobat dapatkan ditentukan oleh aplikasi Jenius. Jadi, kalau Sobat ingin memperkirakan jumlah limit yang akan Sobat dapatkan saat mengajukan pinjaman, Sobat dapat memilih menu “Coba Hitung Penawaran”. Jika ingin langsung mengajukan pinjaman, langsung saja pilih menu “Ajukan Flexi Cash”.
  3. Setelah Sobat memilih menu “Ajukan Flexi Cash”, Sobat akan diminta untuk mengisi data diri.
  4. Kemudian, Sobat diminta untuk memasukkan password. Password ini berbeda dengan password untuk log in di aplikasi Jenius, ya. Jika Sobat lupa passwordnya, klik “Reset Password” dan Jenius akan mengirimkan kode OTP ke nomor HP Sobat untuk mengganti password.
  5. Selanjutnya, Sobat hanya perlu menunggu persetujuan atas pengajuan Flexi Cash Sobat dari Jenius selama 24 jam. Jika pengajuan tersebut ditolak, Sobat bisa mengajukan Flexi Cash kembali setelah 120 hari dari tanggal pengajuan tersebut ditolak.

Cara menarik dana tunai Flexi Cash

Sobat dapat menarik dana tunai hingga 100% dari limit pinjaman Flexi Cash yang disetujui. Dana ini bisa diambil kapan saja dengan cara:

  1. Klik “Tarik” pada menu Flexi Cash.
  2. Masukan jumlah dana yang ingin Sobat Tarik
  3. Klik “Lanjut”.
  4. Pilih tenor yang Sobat inginkan.
  5. Selanjutnya akan muncul pengitungan cicilan yang harus Sobat bayar setiap bulan. Jika Sobat ingin melanjutkan penarikan dana, klik “Lanjut”
  6. Klik “Tarik”.
  7. Dana pinjaman Flexi Cash akan langsung masuk ke saldo Sobat.

Cara bayar pinjaman Flexi Cash

Pembayaran pinjaman Flexi Cash dilakukan secara autodebet dari saldo aktif Sobat. Jadi, pastikan jumlah saldo aktif Sobat mencukupi untuk membayar cicilan per bulan ya.

Berapa bunga pinjaman Flexi Cash?

Bunga pinjaman Flexi Cash adalah sebesar 1,75% – 2,25%. Setiap nasabah akan dikenakan bunga yang berbeda berdasarkan risk profile dari nasabah tersebut. Metode yang digunakan adalah bunga berjalan.

Kesimpulan

Sobat, itu tadi review Flexi Cash yang dapat digunakan untuk meminjam uang dari bank. Tentunya aplikasi ini aman dan terpercaya karena dikelola langsung oleh Bank BTPN. Namun, Sobat harus tetap berhati – hati dalam menggunakan layanan ini agar tidak terjadi gagal bayar atau hal -hal lain bisa menyulitkan Sobat. Untuk menghindari hal tersebut, ada tips yang bisa Sobat terapkan:

  • Pastikan nilai semua angsuran yang harus Sobat bayarkan < 30% penghasilan
  • Jangan sampai terlambat membayar cicilan Flexi Cash karena akan ada pinalti mulai dari 50 ribu
  • Gunakan dana pinjaman untuk kebutuhan produktif, bukan konsumtif

Selanjutnya, aplikasi apa lagi yang Sobat ingin untuk Ngurus Duit review? Tulis di kolom komentar ya. Sampai jumpa di artikel selanjutnya!

Author

Write A Comment

20 + 17 =

Pin It