Search for:

Saya menulis review akseleran ini pada tanggal 11 Agustus 2021. Pada saat ini, total nilai investasi saya di Akseleran P2P Lending mencapai Rp 3.537.669,-. Sebuah nilai yang terus meningkat dan berkembang.

Link download akseleran

Apa itu Akseleran?

Aplikasi Akseleran dibuat oleh PT Akseleran Keuangan Inklusif Indonesia pada tahun 2017 dengan fokus memberikan pinjaman kepada pelaku usaha. Akseleran juga telah mendapatkan izin dan diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK).

Sampai Agustus 2021, Akseleran telah menyalurkan dana kepada 2.448 peminjam dengan total investasi mencapai Rp 2,8 Triliun. Sebuah tanda bahwa Akseleran mempunyai visi dan usaha yang kuat untuk mewujudkan inklusi keuangan di Indonesia

Platform Akseleran

Akseleran dapat diakses dengan 2 cara, yaitu website dan aplikasi. Kedua-nya memiliki tampilan UI/UX yang sederhana sehingga mudah digunakan untuk investor pemula.

Setiap pengguna Akseleran, baik sebagai investor (calon pemberi pinjaman) dan borrower (calon peminjam) dapat melihat informasi kampanye pendanaan yang sedang berlangsung di Akseleran. Investor dapat melihat ringkasan kampanye seperti jumlah pinjaman, tenor, dan bunga efektif pada banner yang terdapat di homepage.

Selain itu, kita juga dapat menyaring jenis kampanye dengan memilih kategori, lama tenor, suku bunga efektif, dan ada tidaknya agunan. Bahkan investor juga dapat memasukkan kata kunci (keywords) untuk menemukan pendanaan yang sesuai dengan preferensinya.

Minimal Pendanaan

Kamu dapat berinvestasi di Akseleran dengan nominal mulai dari Rp 100.000,-. Selain itu, jumlah investasi tidak berlaku kelipatan sehingga kamu bisa investasi di Rp 131.007 (kalau mau). Dengan begitu, kesempatan untuk mendulang profit akan semakin besar karena tidak ada dana yang menganggur.

Imbal Hasil

Berdasarkan pengalaman saya berinvestasi di Akseleran, investor bisa mendapatkan imbal hasil sampai 12 – 24% per tahun. Perbedaan imbal hasil tersebut dikarenakan grade dari setiap kampanye berbeda – beda. Grade A memberikan imbal hasil terkecil, tetapi memiliki risiko paling rendah. Grade C memberikan imbal hasil terbesar, tetapi memiliki risiko paling tinggi. Hal ini sesuai dengan prinsip investasi, “High Risk, High Return”.

Risiko Investasi di Akseleran

Setiap pendanaan di P2P lending mengandung 2 risiko, yaitu telat bayar dan gagal bayar. Oleh karena itu, kamu wajib memilih aplikasi P2P Lending yang memiliki perlindungan atau jaminan terhadap sebagian atau seluruh modal yang kamu investasikan.

Di tahun 2021, Akseleran telah bekerja sama dengan perusahaan Asuransi untuk memberikan perlindungan pada kampanye pendanaan. Pinjaman yang diproteksi oleh asuransi memberikan bunga yang lebih rendah dibandingkan dengan pinjaman di kelas yang sama, tetapi tidak dilindungi asuransi. Sebagai contoh, pinjaman grade B tanpa asuransi bisa memberikan imbal hasil sampai 15%, tetapi yang dilindungi asuransi hanya 15%.

Selanjutnya … apabila terjadi telat bayar sampai dengan 90 hari, maka asuransi akan menggantikan 90% dari modal pokok Anda. Namun perlu diingat bahwa proses pencairan asuransi ini dapat memakan waktu sampai 90 hari. Jadi bila amit-amit terjadi gagal bayar, maka kamu perlu menunggu sampai maksimal 180 hari sebelum menerima kembali modal investasi tersebut.

Pengalaman Investasi di Akseleran

pengalaman investasi di akseleran

Saya menggunakan Akseleran sebagai platform untuk berinvestasi P2P Lending sejak 9 Februari 2021. Saat itu, saya langsung transfer sebanyak Rp 1 juta dan melakukan diversifikasi portfolio ke beberapa kampanye pendanaan.

Sampai dengan Agustus 2021, saya telah menempatkan Rp 3,2 juta dan telah berkembang Rp 337.669 menjadi total Rp 3.537.669. Jadi investasi saya telah berkembang lebih dari 10% selama 7 bulan terakhir. Nilai ini terbilang sangat menguntungkan apabila dibandingkan menyimpan dana di deposito.

Rekening Dana Lender Akseleran

Rekening Dana Lender (RDL) adalah fitur wajib yang dimiliki oleh P2P Lending. Dengan begitu, dana investor yang menganggur tidak “dipaksa” untuk dikembalikan ke rekening pribadi dan tidak harus membayar biaya admin. Dengan RDL, kita dapat mendiamkan dana tersebut di Akseleran sampai ada lagi kampanye pendanaan yang menarik.

Saat ini, Akseleran bekerja sama dengan bank BCA untuk menyediakan RDL bagi investor. Oleh karena itu, saya menyarankan kamu untuk membuka rekening di BCA terlebih dahulu biar ga terkena biaya admin ketika menarik modal dari platform Akseleran.

Apakah Akseleran Aman?

PT Akseleran Keuangan Inklusif Indonesia sebagai pemegang brand Akseleran telah terdaftar dan diawasi oleh OJK. Namun, setiap investasi pasti ada risikonya, yaitu telat bayar dan gagal bayar. Sebagian dari kampanye pendanaan telah dijamin oleh asuransi sehingga dapat melindungi sebagian modal investor apabila terjadi gagal bayar.

Kesimpulan

Akseleran merupakan salah satu pilihan terbaik dari sekian banyak platform P2P Lending yang beroperasi di Indonesia. Pendaftaran yang sangat mudah dan praktis serta peluang investasi yang dijamin asuransi dapat meningkatkan peluang investor untuk mendapatkan profit.

Bagi, kamu yang tertarik untuk berinvestasi di Akseleran dapat memilih tenor minimal 4 bulan s.d. 24 bulan untuk memaksimalkan keuntungan yang didapatkan. Jangan lupa untuk menggunakan kode referral AKSLANDRE389629 untuk mendapatkan bosnus.

Demikian review Akseleran dari saya. Semoga bisa memberikan gambaran kepada Anda tentang kelebihan dan kekurangan Akseleran, serta membantu Anda untuk menentukan apakah Akseleran cocok untuk profil risiko Anda.

Author

Write A Comment

16 − 15 =

Pin It