Search for:

Emas merupakan instrumen investasi yang terbilang aman dari serangan inflasi. Banyak contoh sukses investor yang memulai kegiatan mereka dengan berinvestasi emas. Kebanyakan dari mereka membeli emas saat kondisinya murah dan menjualnya ketika harga melambung tinggi. Walaupun begitu, menyimpan barang berharga memiliki risiko tersendiri seperti hilang atau dicuri.

Untuk itu, Pegadaian mencoba untuk menjadi solusi akan masalah tersebut. Pegadaian membuat banyak produk, misalnya tabungan emas, untuk membantu masyarakat yang ingin membeli emas. Artikel kali ini akan membahas mengenai produk investasi emas milik Pegadaian serta tips – tips dalam berinvestasi emas.

Produk Investasi Emas Pegadaian

Dengan slogan, “Mengatasi masalah, tanpa masalah”, Pegadaian yang merupakan salah satu badan milik BUMN yang pada awalnya dibentuk untuk melaksanakan dan menunjang program pemerintah dalam bentuk pemberian kredit dengan jaminan. Seiring berjalannya waktu, Pegadaian juga meluncurkan produk tabungan yang berhubungan dengan logam mulia. Saat ini, terdapat 3 pilihan produk untuk investasi emas yaitu :

1. Emas Mulia

Emas merupakan tabungan yang bebas inflasi. Konsepnya adalah membeli kemudian menitipkan pada Pegadaian. Anda juga tidak perlu membelinya dengan uang tunai, namun bisa mengangsurnya. Untuk mulai berinvestasi, Anda dapat mengangsur dengan membayar sejumlah dana untuk uang muka dari total harga emas terlebih dahulu. Jangka waktu yang diberikan untuk angsuran emas adalah minimal 3 bulan dan maksimal 3 tahun. Produk investasi emas ini sangat cocok untuk untuk kelompok arisan.

2. Tabungan Emas

Selanjutnya adalah produk tabungan emas yang bisa dijadikan alternatif menabung yang lebih aman. Tabungan Emas Pegadaian adalah service penitipan saldo emas yang membantu masyarakat untuk berinvestasi emas. Anda dapat melakukan transfer ke rekening Tabungan Emas mulai dari 0,1 gram saja. Apabila nantinya emas Anda telah terkumpul menjadi 1 gram, maka Anda bisa mengambil fisiknya di kantor Pegadaian terdekat.

3. Konsiyasi Emas

Konsinyasi emas adalah layanan penitipan emas batangan di Pegadaian untuk dijual kembali. Diharapkan investasi emas milik nasabah menjadi lebih aman karena disimpan di Pegadaian yang dijaga oleh kamera CCTV dan security yang beroperasional selama 24 jam. Keuntungan dari hasil penjualan emas batangan diberikan kepada Nasabah. Skema ini dapat memberikan keuntungan maksimal bagi nasabah.

Baca juga : Mengenal Investasi Emas Antam dan Cara Investasi Emas Untuk Pemula

Keuntungan Berinvestasi Emas Di Pegadaian

Keuntungan pertama yang bisa Anda dapatkan adalah bisa berinvestasi logam mulia meskipun tidak memiliki dana yang besar. Hanya dengan modal kurang dari Rp 100.000,- Anda sudah dapat menabung emas di Pegadaian.

Selain itu, fleksibilitas dan juga keamanan di Pegadaian terbilang tinggi sehingga Anda tidak perlu khawatir terkait risiko pencurian pada logam mulia yang anda miliki. Jangka angsurannya juga sangat fleksibel, Anda bisa mengambil cicilan mulai 3 bulan hingga 36 bulan. Tentunya sangat memudahkan Anda yang menginginkan emas fisik.

Tentu saja semua orang yang berinvestasi berharap nilai emas akan terus berkembang. Begitu juga dengan emas … Nilai emas selalu meningkat karena persediaan emas di dunia bisa dikatakan terbatas. Jika produksi tidak bisa menyeimbangi maka akan membuat harganya melambung tinggi. Terutama jika permintaannya juga mengalami peningkatan.

Keuntungan terakhir dari investasi emas di Pegadaian adalah lini produk yang lengkap. Sehingga anda bisa mudah bisa berinvestasi emas antam sesuai dengan kebutuhan anda serta bertransaksi dengan cepat serta aman.

Tips Berinventasi Emas Di Pegadaian

Sebelum Anda datang ke Pegadaian, sebaiknya Anda terlebih dahulu mengecek harga emas terbaru. Silahkan saja membuka situs Pegadaian agar bisa memantau perkembangan harga emas secara real time. Dengan begitu Anda memiliki acuan sebelum nantinya membeli emas di Pegadaian.

Selain itu, Anda juga harus mempertimbangkan untuk membeli emas dengan berat serta jangka waktu angsuran yang sesuai kemampuan keuangan. Jangan sampai nantinya justru merasa terbebani dan tidak bisa melanjutkan cicilan emas tersebut.

Jika anda sudah matang investasi dan membeli di Pegadaian, maka selanjutnya usahakan jangan sampai telat dalam membayar cicilan. Sebab jika anda telat membayar maka akan dijatuhi denda yang akan membuat jumlah cicilan makin membengkak. Dan kemungkinan terburuknya investasi anda akan dilelang. Hasil penjualannya akan dipotong sejumlah 2% sehingga Anda hanya akan menerima 98% dari hasil hasil penjualan.

Baca juga : Untung dan Rugi Tabungan Emas Pegadaian

Pegadaian menjadi salah satu wadah untuk memudahkan siapapun dalam investasi emas dalam berbagai bentuk. Investasi emas ini tidak hanya aman, tetapi juga menguntungkan di masa yang akan datang. Karena mudah dicairkan maka ketika anda kebutuhan mendesak tak perlu bingung. Dengan begitu, Anda tidak akan terjerat hutang dalam keadaan tak terduga.

Semoga informasi ini bermanfaat untuk Anda. Jangan lupa share supaya orang lain juga mendapatkan manfaatnya. Salam investasi.

Author

Write A Comment

9 − three =

Pin It