Search for:

Kebiasaan untuk melakukan investasi harusnya tumbuh sejak usia muda dan semua kalangan. Terutama generasi millenial yang memiliki tingkat konsumtif yang tinggi. Jika tidak menyadari pentingnya investasi maka akan berdampak buruk pada masa depan terutama soal dana pensiun. Bagi anda yang tertarik dengan investasi, investasi emas antam bisa menjadi pilihan. Untuk mengenal lebih dekat investai jenis ini, silahkan simak ulasan berikut.

Mengenal Investasi Emas Lebih Dekat

Investasi emas merupakan suatu kegiatan membeli logam mulia dan aktivitas ini telah dikenal sejak tahun 560 SM (masa Raja Croesus). Emas memang sudah sejak lama dijadikan sebagai simbol kekayaan dan juga komoditas yang menggiurkan. Emas juga dikenal sebagai alat untuk melindungi nilai kekayaan dari inflasi. Umumnya emas memang dijadikan sebagai perhiasan, namun ada juga yang masih dalam bentuk batangan yang dikenal dengan emas Antam.

Membeli emas merupakan aktivitas yang jauh lebih mudah dibandingkan dengan investasi saham. Sebab bisa dilakukan dengan cara membeli secara fisik dan kemudian menyimpannya. Selain itu, juga bisa menggunakan produk keuangan layaknya tabungan emas di toko online terbaik. Kedua jenis investasi ini tentunya memiliki kelebihan dan juga keuntungan yang harus diperhatikan. Yang jelas keduanya merupakan langkah untuk memiliki investasi lebih dini dan mempersiapkan masa depan yang lebih baik.

Investasi emas Antam yang dilakukan dengan mandiri memiliki risiko kehilangan yang lebih tinggi dibandingkan dengan tabungan emas online. Sebab untuk masalah penyimpanan menjadi tanggung jawab dari pemilik produk tersebut. Hal ini tentunya tidak terlepas dari peran teknologi yang makin lama makin maju.

Keuntungan Berinvestasi Emas Dibandingkan Produk Investasi Lainnya

Investasi memang bisa dilakukan dalam berbagai jenis instrumen karena tersedia banyak pilihan. Anda bahkan bisa menyimpan dana di bank sebagai investasi yang paling ringan. Namun investasi emas dirasa lebih memberikan keuntungan dibandingkan dengan instrumen investasi lainnnya. Investasi emas dinilai lebih aman sebab terhindar dari inflasi serta memiliki privasi yang tinggi. Sehingga anda tidak takut kehilangan nilai investasi akibat inflasi yang menyerang seperti layaknya uang (Baca juga : apa itu inflasi?).

1. Harga Stabil

Apalagi emas termasuk dalam barang berharga yang nilai jualnya terbilang stabil. Bahkan cenderung terus mengalami kenaikan setiap tahunnya. Hal ini tentunya menjanjikan keuntungan yang menggiurkan di masa mendatang. Memang emas termasuk dalam benda yang harganya fluktuatif, namun ketika harganya mengalami penurunan tetap bisa dimanfaatkan. Sehingga menjadi hal yang wajar jika banyak yang tertarik investasi emas Antam ini jika lihat keuntungannya.

2. Mudah diperjualbelikan

Emas juga merupakan barang berharga dengan sifat yang likuid. Mencairkan emas menjadi dana tunai bukanlah hal yang sulit. Anda hanya perlu membawa emas anda ke toko emas dan menjualnya, maka sudah bisa dicairkan. Ketika harganya mahal anda juga akan tetap mendapatkan keuntungan, terutama ketika dulu membelinya dengan murah. Berbeda dengan investasi lain yang untuk mencairkan saja membutuhkan banyak prosedur yang ribet dan susah dimengerti.

3. Modal kecil

Dengan investasi emas, anda juga akan mendapatkan kepemilikan secara penuh pada emas milik anda. Anda tidak perlu khawatir jika investasi ini akan diintervensi oleh pihak yang tidak bertanggung jawab. Risikonya yang rendah juga menambah daftar panjang keuntungan dari investasi emas ini. Tidak seperti saham keuntungannya tidak bisa ditebak karena akan dipengaruhi oleh gejolak ekonomi maupun faktor yang lainnya sehingga harganya turun.

Dan pengaruh tersebut tidak akan terjadi pada emas yang terbilang stabil. Untuk memiliki investasi emas juga tidak membutuhkan modal yang besar. Apalagi disaat banyak program yang memudahkan untuk memiliki tabungan emas. Anda bisa memulai investasi emas Antam mulai dari ukuran paling kecil yakni 0,1 gram tentunya dengan modal yang rendah. Dengan begitu, produk produk investasi emas juga bisa disesuaikan dengan kebutuhan serta kemampuan anda.

Cara Investasi Emas Batangan Bagi Pemula

1. Capital Gain

Ada beberapa teknik yang bisa anda lakukan untuk memulai investasi. Salah satunya adalah dengan teknik investasi emas klasik. Teknik ini adalah dengan membeli emas ketika harganya murah dan menjualnya ketika sedang naik. Teknik ini tentu sangat cocok bagi anda yang masih pemula dalam dunia investasi. Dan sangat cocok sebagai investasi jangka panjang yang menguntungkan.

2. Membuat Tabungan Emas

Selanjutnya anda juga bisa memulai investasi dengan membuat tabungan emas. Sehingga tabungan anda benar benar dari emas bukan uang. Setiap satu bulan anda bisa menabung 1 gram emas dan ketika terkumpul tentunya bisa dijadikan sebagai alat tukar. Teknik satu ini merupakan teknik menabung yang tak perlu takut adanya inflasi. Bahkan dengan cara ini juga bisa mendapatkan keuntungan yang berlipat ketika ada kenaikan harga.

3. Modal Usaha

Investasi emas juga bisa dijadikan sebagai modal untuk usaha. Umumnya sistem ini dijalankan dengan cara gadai. Misalnya anda memiliki 100 gr emas kemudian anda mengadaikannya. Hasilnya dijadikan sebagai modal bisnis atau usaha. Oleh karena itu, kita perlu mempertimbangkan peluang usaha yang terbaik. Hanya saja teknik untuk investasi emas antam satu ini memiliki kelemahan. Ketika nanti bisnis bangkrut maka semua emas yang digadaikan juga akan hilangkan. Namun bisa juga meningkatkan jumlah emas yang dimiliki ketika usaha kita berhasil

Investasi Emas Secara Langsung Atau Secara Online?

Untuk memulai investasi emas bisa dilakukan dengan dua cara yakni, dengan cara langsung atau secara online. Anda bisa memilih yang dirasa paling menguntungkan dan tentunya sesuai dengan kondisi anda. Bagi Anda yang memilih untuk melakukan investasi secara langsung, maka jangan membeli emas pada sembarang tempat. Tentunya anda tahu jika saat ini tingkat penipuan untuk investasi emas juga sangat banyak. Jangan sampai diberikan emas imitasi yang akan sangat merugikan.

Salah satu tempat terpercaya untuk membeli emas adalah PT Aneka Tambang atau Antam. Anda tidak perlu takut akan barang imitasi, karena semua barang yang dijual langsung dari Antam. Selain di Antam, Pegadaian dan beberapa bank juga menyediakan pembelian emas ini secara langsung. Ada juga yang menawarkan program cicilan emas yang akan lebih meringankan investasi. Anda akan membayar sejumlah uang muka kemudian mengangsurnya tiap bulan.

Sementara untuk anda yang tidak memiliki waktu untuk membeli secara langsung, bisa memanfaatkan investasi emas secara online. Anda bisa membeli dengan menggunakan aplikasi atau website tertentu. E-commerce layaknya Bukalapak (bukaemas) serta Tokopedia (tokoemas) juga memiliki produk tabungan emas. Sehingga anda bisa memutuskan ingin memulai investasi di mana. Yang jelas kedua olshop tadi adalah platform yang terpercaya dan dijamin keamanan dalam investasinya.

Beberapa perusahaan lain juga menawarkan modal investasi yang sangat ringan. Selain e-commerce, anda juga bisa membeli investasi emas ini di Tamasia. Tamasia ini bekerja sama langsung dengan PT. Antam sehingga keamanannya pasti terjaga dan emas yang anda beli bisa dipastikan bukan yang imitasi. Saran saya adalah banyak bertanya di forum dan teman Anda yang pernah menggunakan jasa – jasa di atas. Jangan asal berinvestasi secara online di aplikasi tanpa tahu kejelasan dan badan perlindungannya.

Pada akhirnya setiap investasi akan memiliki risiko di dalamnya. Namun emas menjadi produk yang terbilang aman dan risikonya rendah. Investasi juga menghindarkan kita dari pinjaman atau hutang yang memberatkan. Apapun produk yang Anda pilih, investasi harus Anda mulai sejak usia yang muda. Dimulai dari sekarang! Maka di masa mendatang, keuntungannya akan sangat Anda rasakan.

Salam investasi.

Author

Write A Comment

8 − 2 =

Pin It