Search for:

Rekomendasi buku keuangan – Saya memulai blog ngurusduit.com untuk berbagi mengenai perencanaan keuangan dan berbagai instrumen investasi dalam bentuk tulisan. Selain berbagi lewat goresan pena, saya juga memulai channel Youtube agar Anda dapat mempelajarinya dengan lebih mudah. Walaupun banyak pro – kontra dalam memilih instrumen investasi, tapi ada satu rekomendasi investasi terbaik yang tidak bisa dibantah oleh para ahli keuangan. Investasi untuk diri sendiri!

Salah satu cara untuk berinvestasi pada diri sendiri adalah membelanjakan uang Anda untuk membeli buku. Untuk menghemat waktu dan uang Anda, tim ngurusduit telah menyiapkan 8 rekomendasi buku tentang keuangan untuk inspirasi Anda. Kami berharap rekomendasi buku ini dapat membawa Anda untuk mengelola uang secara efektif. Yuk disimak.

Rekomendasi Buku Tentang Keuangan

  • “Rich Dad, Poor Dad” – Robert Kiyosaki

Rich Dad, Poor Dad adalah salah satu buku klasik yang selalu direkomendasikan untuk perencanaan keuangan pribadi. Buku ini memberikan lebih daripada sekedar langkah yang harus Anda ambil untuk meningkatkan kondisi finansial Anda saat ini … Rich Dad, Poor Dad menjelaskan mindset mengenai uang itu sendiri. Menurut Kiyosaki, orang kaya mengajarkan hal yang ber’beda’ kepada anak mereka tentang dunia keuangan.

Sebagai contoh, buku ini menjelaskan mengenai orang yang bekerja keras dan mendapatkan gaji tinggi belum tentu memiliki uang yang cukup. Kiyosaki menekankan bahwa orang bisa kaya karena mereka bekerja dengan cerdas dan menghabiskan uang mereka secara ‘benar’. Misalnya saja orang dengan gaji Rp 100 juta dan pengeluaran Rp 150 juta, tentu akan lebih miskin daripada orang yang berpenghasilan Rp 10 juta dan pengeluaran Rp 5 juta. (Baca juga : Mengelola Gaji Bulanan Dengan Prinsip 50 – 50)

Kami merekomendasikan buku Rich Dad, Poor Dad bagi mereka yang ingin merubah mindset mengenai uang dan kekayaan. Anda mungkin dapat membaca semua buku tentang perencanaan keuangan, tetapi apabila Anda tidak mempunyai mindset yang tepat … rasanya sulit untuk mencapai tujuan keuangan dengan sukses.

  • “The Intelligent Investor” – Benjamin Graham

Benjamin Graham adalah seorang investor, manajer investasi, dan dosen di bidang keuangan. Pada perjalanan karirnya, Benjamin Graham menulis dua buah buku yang berjudul “Security Analysis” dan “The Intelligent Investor” dan dianggap sebagai buku investasi terbaik yang pernah ada. Buku ini pertama kali terbit pada tahun 1949 dan sejak saat itu menjadi buku favorit Warren Buffet, salah satu orang terkaya di dunia.

Benjamin Graham memilih untuk fokus pada dunia pendidikan setelah mengalami kerugian besar pada investasi pasar saham pada tahun 1929 (Great Depression), yang menandai dimulainya perang dunia ke-2. Buku The Intelligent Investor menggambarkan prinsip dari value investing, yang dianggap oleh Warren Buffet sangat penting dalam memilih instrumen investasi.

Salah satu pendapat Graham yang paling kontroversial adalah banyak saham yang ‘salah’ harga di bursa karena market value dan intrinsic value-nya jauh berbeda. Hal tersebut disebabkan oleh ‘penggorengan’ saham karena adanya insider trading di beberapa bursa. Graham menyarankan untuk kita membeli saham pada saat harganya jatuh, dan menjual saham yang harganya tiba – tiba naik.

  • “Richest Man in Babylon” – George Clayson

Richest Man in Babylon adalah salah satu buku klasik terbaik tentang keuangan. Walaupun Anda mungkin tidak langsung memiliki action plan setelah membaca buku ini, Anda dapat memperoleh beberapa perumpaaan dan anekdot terbaik tentang keuangan. Ada kata kata bijak yang berkata bahwa, ”1 hari belajar dari orang berpengalaman lebih baik daripada 1000 hari membaca buku”.

Tips – tips keuangan seperti menyimpan 10% dari penghasilan Anda digambarkan sebagai, “menabung satu keping emas dari sepuluh emas yang masuk ke dalam dompet Anda. Tentunya nasihat ini lebih sederhana dan mudah dimengerti oleh masyrakat awam. Oleh karena itu, kami merekomendasikan Anda yang baru mulai belajar tentang finansial planning untuk membaca buku ini sehingga membentuk pola pikir yang baik.

  • “Personal Finance for Dummies” – Eric Tyson

Saya tidak memungkiri bahwa buku Personal Finance for Dummies adalah buku pengetahuan yang wajib dibaca oleh semua kalangan. Buku ini merupakan pengantar untuk membentuk literasi keuangan yang baik. Anda dapat menemukan berbagai ilmu mengenai anggaran, penghematan, investasi serta asuransi secara komprehensif.

Buku ini sangat cocok untuk Anda yang baru saja memasuki dunia kerja atau ingin memperbaiki kondisi finansial Anda. Sebagai contoh, kartu kredit digunakan untuk memudahkan transaksi dan bukan sebagai alat untuk menambah utang konsumtif. Dikemas secara rapi dan ringan, buku ini adalah pilihan tepat bahwa kalian yang mencari dasar – dasar dalam mengelola keuangan.

  • “Make Your Kid a Money Genius” – Beth Kobliner

Walaupun ada yang bilang uang bukanlah segala – galanya, tetapi banyak hal menjadi lebih mudah apabila kita memiliki uang. Nah, setiap keputusan financial akan mempengaruhi kondisi perekonomian Anda dan keluarga. Buku ini sangat cocok untuk pasangan yang baru saja memiliki buah hati.

Dikatakan dalam buku tersebu, bahwa orang tua yang gagal dalam mengelola keuangan rumah tangga akan mengajarkan anak mereka untuk juga gagal dalam mengelola keuangan pribadinya. Oleh karena itu, sangat penting bagi orang tua untuk membuat fondasi yang kuat dan menjadi contoh yang baik bagi anak. Lagipula uang menjadi tidak berarti apabila anak Anda tidak bahagia bukan?

Kata kata bijak : Untuk mulai mendapatkan lebih banyak uang untuk masa depan adalah dengan mulai menyimpannya.

Itulah rekomendasi buku tentang keuangan ala ngurusduit.com. Semoga bermanfaat bagi Anda. Tinggalkan di kolom komentar apabila Anda sudah membaca salah satu dari buku tersebut, atau mungkin Anda mempunyai rekomendasi buku finansial versi Anda sendiri?

Author

1 Comment

Write A Comment

11 − ten =

Pin It