Search for:

Metode SMART Goals – Setiap orang tentunya memiliki target dan tujuan yang ingin dicapai selama hidupnya. Mereka akan menempuh perjalanan yang berbeda karena masing – masing memiliki kepribadian dan cara yang unik dalam mencapai target tersebut. Ada suatu metode yang dipublish oleh George T. Doran untuk membantu Anda dalam menetapkan target dan cara mencapainya, yaitu metode SMART GOALS.

Setelah publikasi tersebut dan telah dibuktikan oleh banyak orang, metode SMART mulai banyak digunakan dalam project management dan performance planning, termasuk financial planning. Apalagi ditambahkan oleh Elbert Hubbard, ahli filsafat terkenal dari Amerika, bahwa banyak orang yang gagal dalam perjalanan bukan karena mereka tidak pintar / tidak kaya, tetapi karena usaha mereka terbuang percuma.

George percaya bahwa sebuah tujuan harus memiliki 5 elemen, yaitu Specific, Measurable, Assignable, Realistic, dan Time Related. George menemukan bahwa orang – orang yang memfokuskan waktu, usaha, dan uang mereka ke dalam 5 elemen ini akan memiliki kesempatan untuk sukses yang lebih besar. Pada kesempatan kali ini, tim ngurusduit.com akan membahas tahapan – tahapan dalam membuat SMART Goals. Yuk disimak!

Metode SMART Goals

capai tujuan keuangan dengan smart

  • Spesific (Spesifik)

Anda harus menetapkan tujuan keuangan Anda secara jelas dan spesifik. Semakin jelas, semakin bagus. Hal ini seperti yang disampaikan juga oleh Stephan Covey, yaitu “begin from the end in mind”. Dengan begitu, Anda bisa memulai setiap harinya dengan imajinasi yang jelas tentang tujuan yang ingin Anda capai. Jadi usaha Anda tidak akan terbuang percuma.

Baca juga : 10 Kata Kata Motivasi Diri Untuk Membakar Semangat Inside

  • Measurable (Terukur)

Anda harus membuat tujuan yang bisa diukur, misalnya seberapa sering, seberapa banyak, atau setidaknya bisa diukur progressnya. Dengan begitu, Anda bisa membandingkan keadaan dengan tujuan akhir. Apakah semakin dekat … atau jalan di tempat. Sebagai contoh, saya ingin memiliki Dana Pensiun sebesar Rp 10 Miliar (Baca juga : cara menghitung dana pensiun).

  • Achievable (Dapat Dicapai)

Tetapkanlah tujuan yang bisa Anda capai. Buatlah target yang sulit agar Anda merasa tertantang. Dengan begitu, Anda akan memiliki komitmen yang cukup sehingga Anda bisa bekerja dengan semangat. Misalnya saja, Anda berkomitmen untuk menginvestasikan 50% dari penghasilan (Baca juga : Prinsip mengelola gaji bulanan).

  • Realistic (Masuk Akal)

Di sini Anda harus membuat tujuan yang realistis dan sesuai dengan cita – cita Anda. Misalnya saja, Anda adalah orang pintar dan selalu mendapatkan peringkat di kelas dan bercita – cita menjadi seorang manajer investasi. Walaupun Anda bisa lulus apabila mengambil kuliah jurusan kedokteran, tapi gak nyambung dengan cita – cita Anda. Jadi buatlah tujuan yang sejalan dengan passion Anda sehingga Anda bisa menjalaninya dengan sepenuh hati.

  • Time Bound (Batas Waktu)

Anda harus dapat menetapkan kapan tujuan tersebut akan tercapai. Apakah tahun depan atau 5 tahun lagi. Dengan memiliki batasan waktu, maka Anda akan tergerak untuk segera membuat action plan untuk mencapai tujuan Anda. Apabila tidak, sudah dapat dipastikan bahwa Anda akan terus mengulur waktu sehingga Anda tidak akan mencapai tujuan. Be aware!

Baca juga : contoh resolusi tahun baru

Kesimpulan

Mengenal Konsep SMART dalam membuat tujuan

Yuk segera buat tujuan keuangan Anda dengan menggunakan metode SMART Goals ini. Anda juga bisa menerapkan konsep SMART ini dalam aktivitas sehari – hari Anda.

Ada kata kata mutiara yang berkata, “mulailah dari hal – hal kecil, maka Anda akan mengerjakan hal – hal besar”. Tekun dan disiplin adalah kunci sukses di masa depan.

Salam investasi!

Author

Write A Comment

twenty + seventeen =

Pin It