Sejarah bukalapak – Banyak dari masyarakat kita yang telah menggunakan bukalapak sebagai tempat untuk melakukan jual beli yang mudah dan aman. Hal itu tidak lepas dari sejarah bukalapak yang memiliki cerita panjang dalam proses terbentuknya.

Tidak ada orang yang tahu kapan akan menjadi orang sukses dan besar. Semua tetap didasari dari kerja keras yang tinggi dan tidak semua orang harus melihatnya secara langsung. Hal itu, tampaknya dirasakan oleh pendiri bukalapak. Dimana perjuangan yang mereka lakukan untuk meraih kesuksesan besar hingga hari ini sudah terbayarkan.

Tetapi kembali lagi, meskipun sudah memiliki nama besar, bukalapak terus memberikan banyak inovasi baru. Hal itu, dikarenakan bukalapak selalu memahami apa yang sekarang banyak dibutuhkan orang-orang.

Sejarah bukalapak punya cerita panjang

Achmad Zaky adalah pendiri dari bukalapak, beliau lahir di Sragen pada 24 Agustus 1986. Dari masa sekolahnya Achmad Zaky senang dengan dunia computer, dan telah mengenal cukup banyak komponen maupun software. Potensinya semakin terlihat, ketika beliau memasuki bangku kuliah. Setelah lulus dari kuliahnya, Achmad Zaky mencoba mencari pekerjaan di 3 perusahaan besar.

Tetapi upaya yang dibuat oleh beliau gagal dalam perjalanannya untuk menjadi seorang pekerja. Ide membangun bukalapak tumbuh, ketika Achmad Zaky melihat pola masyarakat indonesia yang cenderung lebih konsumtif terhadap segala sesuatunya, termasuk kebutuhan rumah tangga dan lainnya.

Dari pandangan inilah, Achmad Zaky akhirnya memutuskan untuk bekerjasama dengan beberapa temannya yang memiliki ide sejalan. Pada tahun 2010, bukalapak sudah mampu merekrut 10.000 pengguna yang bergabung. Itu membuat, Achmad Zaky memiliki opsi lebih besar dalam mengembangkan bukalapak.

Tujuan utama mendirikan bukalapak adalah untuk memberdayakan para pengusa kecil agar mampu bersaing dalam menjual produk mereka. Banyak UMKM diindonesia yang memiliki produk unggulan tetapi mereka tidak dapat menjual barang atau produknya.

Untuk itu, dengan hadrinya bukalapak ditengah-tengah masyarakat indonesia. Semakin memudahkan para pengusaha kecil untuk dapat meraih pasar atau market.

Dahulu bukalapak belum memiliki kantor, tetapi sekarang tidak demikian. Kantor bukalapak ada di kawasan Kemang Timur – Pejaten. Terdapat juga kantor customer relation yang berada di Plaza 88 dan itu terletak di kawasan Kemang Bangka.

Semua proses panjang tersebut, tentu tidak didapatkan dengan mudah. Butuh perjuangan yang keras, sehingga terwujud sebuah mimpi besar dan menjadi kenyataan seperti sekarang yang dapat dinikmati banyak orang.

Kelebihan dan Kekurangan Bukalapak untuk belanja

Hampir semua marketplace yang ada di internet memiliki kelebihan dan kekurangan. Hal itu, tetap berlaku untuk bukalapak. Meskipun demikian, kita sebagai pengguna dari bukalapak tetaplah memberikan aprisiasi yang baik kepada mereka.

Karena tanpa adanya mereka yang bekerja keras dibalik layar, maka kita belum tentu bisa mendapatkan barang-barang impian kita menjadi lebih mudah dan praktis seperti sekarang.

Kelebihan bukalapak

Bukalapak memberikan opsi pilihan bagi pembeli tanpa harus mendaftar. Jadi itu akan sangat membatu bagi pembeli yang tidak ingin mendaftar ketika mau membeli barang.

Menyedikan banyak pilihan ekspedisi yang dapat disesuaikan ongkos jasa kirimnya.

Menawarkan banyak diskon pada jenis produk tertentu yang dijual dalam marketplace.

Banyak promo menarik yang diberikan untuk usernya.

Proses transaksi dilayani sangat cepat. Dimana dana akan masuk setelah satu hari dengan melihat data tracking yang mana sudah menunjukkan barang sampai ke pada pembeli.

Memiliki kingkat keamanan transaksi tinggi. Hal itu berkat adanya fitur OTP.

Tampilan situs Bukalapak cukup sederhana dan tidak berat.

Kekurangan Bukalapak

Terkadang aplikasi Bukalapak masih terasa lambat untuk beberapa smartphone dengan ram 2GB. Meskipun sudah melakukan pembaruan aplikasi, namun tetap masih terasa.

Ada beberapa penjual tidak mengirimkan barang yang sesuai dengan pesan dari pembeli, Namun bukalapak tetap bertanggung jawab mau mengembalikan dana secara penuh yang sudah dikeluarkan pembeli.

Tersedianya fitur quick buyer yang cukup mengganggu penjual, hal itu yang membuat penjual tidak dapat menghubungi pembeli secara kontak langsung. Tetapi ini cukup baik, karena dapat menghindari penipuan.

Melihat dari beberapa kelebihan dan kekurangan Bukalapak, tentu kita dapat menyimpulkan itu sudah tetap menjadi yang terbaik sekarang. Karena kita sudah dapat menikmati banyak kemudahan belanja online yang aman dan nyaman. Meskipun unsur penipuan masih ada dibeberapa marketplace lain, tidak hanya untuk Bukalapak. Tetapi resikonya sudah cukup kecil dan rendah.

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *