sejarah tokopedia

Sejarah tokopedia – Tokopedia hadir sebagai marketplace terbesar saat ini di indonesia, diantara beberapa marketplace lain. Tokopedia pertama kali pembentukannya pada tanggal 17 agustus 2009 lalu. Secara resmi dikenalkan kepublik oleh founder william tanuwijaya (CEO PT. Tokopedia) dan didampingi oleh rekan atau sahabatnya sendiri yaitu Leontinus Alpha Edison (sebagai CTO PT. Tokopedia).

Sekarang masyarakat indonesia sudah mengenal Tokopedia sebagai marketplace yang besar. Dimana semua barang-barang kebutuhan dapat ditemukan di Tokopedia. Konsep yang dibangunnya benar-benar memahami apa yang telah dibutuhkan oleh banyak orang. Meskipun sekarang sudah banyak hadir marketplace serupa yang memiliki konsep sama seperti Tokopedia.

Kini Tokopedia telah menjadi kepercayaan banyak orang sebagai tempat belanja yang aman dan nyaman. Untuk itu, kenapa masyarakat indonesia lebih senang menggunakan Tokopedia, dibandingkan dengan marketplace lainnya.

Menjadi jembatan penghubung antara penjual dan pembeli

Hal yang menarik dari terbentuknya Tokopedia adalah ide ini muncul ketika banyak orang-orang yang meragukan untuk belanja online. Karena melihat dari beberapa kasus yang ada di internet, bahwa sangat besar resikonya untuk tertipu. Akhirnya ide untuk mendirikan Tokopedia muncul sebagai jembatan penghubung antara penjual dan pembeli muncul. Dengan menggunakan sistem yang lebih modern ini, Tokopedia mendapatkan kepercayaan disini.

Karena dana yang telah dikirim tidak akan langsung diberikan ke penjual sebelum pembeli menerima barang. Sistem yang dibangun Tokopedia cukup baik, dan lebih aman. Sehingga unsur penipuan lebih terkontrol, bahkan masyarakat indonesia sekarang telah menikmati manfaatnya berbelanja di Tokopedia.

Memberikan kemudahan bagi penjual dan pembeli

Sampai detik ini perkembangan digital tidak dapat ditahan, itu alasannya mengapa Tokopedia hadir ditengah-tengah masyarakat indonesia sebagai marketplace yang memberikan banyak kemudahan. Tokopedia ada bukan hanya untuk memudahkan para pembeli, namun dapat dibilang menguntungkan bagi penjual. Karena disini penjual akan lebih mudah memasarkan produk unggulannya di Tokopedia.

Meskipun mereka tidak memiliki toko konvensional, tetapi tetap bisa menjual produk. Banyak sekarang pelaku bisnis yang berpindah menjalankan bisnis online, alasannya satu. Mereka jauh lebih mudah memasarkan produknya dibandingkan hanya menjual untuk target lokal. Kita dapat lihat berapa banyak penjual yang terdaftar di Tokopedia sekarang.

Ini merupakan tempat yang paling baik untuk semua pelaku bisnis dalam menjalankan usaha yang mereka jalankan. Dengan bergabung di Tokopedia, mereka dapat menjual produk unggulan untuk semua orang dan tidak tercakup untuk wilayah tertentu.

Memiliki target pasar lebih luas

Seperti yang telah dikutip sebelumnya, dimana ini menjadi jembatan antara pembeli dan penjual. Menjadi bagian dari Tokopedia adalah hal yang luar biasa untuk pelaku bisnis. Karena disini penjual akan memiliki target pasar lebih luas. Dahulu mungkin, penjual hanya dapat memasarkan produknya dengan menyiapkan tempat untuk dagangannya.

Tetapi sekarag tidak demikian, karena Tokopedia telah memberikan tempat yang nyaman untuk para pelaku bisnis. Proses transaksi juga terbilang jauh lebih aman. Dimana Tokopedia menjadi pihak ketiga yang akan menahan uang pembeli, sebelum diteruskan kepada penjual. Sehingga tidak akan terjadi unsur penipuan yang merugikan satu pihak.

Jika produk yang pembeli pesan tidak dikirim oleh penjual, maka pihak Tokopedia akan mengembalikan 100% uang yang telah pembeli kirim. Inilah yang menjadi asalan kenapa Tokopedia menjadi tempat yang aman untuk belanja online di era digital seperti sekarang.

Mengikuti perkembangan trend saat ini

Tokopedia tidak hanya hadir sebagai marketplace yang menyediakan barang-barang kebutuhan untuk masyarakat indonesia. Tetapi juga telah mengikuti trend pengguna internet sekarang. Seperti kita tahu, bahwa pengguna internet di indonesia sudah cukup tinggi.

Hampir semua orang memiliki smartphone, bahkan anak-anak sudah memilikinya. Untuk itu, Tokopedia mengambil kesempatan baik ini dan terus memberikan upaya terbaiknya.

Perkembangan Tokopedia hingga detik ini

Ide mendirikan Tokopedia diawali dari tahun 2007 dan baru dapat terselesaikan pada tahun 2009 lalu. Pada awal kehadiran Tokopedia cukup baik, itu dapat dilihat dari penghargaan Bubu Award. Dimana Tokopedia dinobatkan sebagai Bisnis Startup E-commerce terbaik kala itu di indonesia.

Di awal Tokopedia hadir ditengah-tengah masyarakat indonesia, mengklaim bahwa cukup 12 menit untuk menerima orderan pertama. ketika itu, Tokopedia baru merekrut 4 karyawan dimana 2 diantaranya yakni pendiri dari Tokopedia. Saat itu, Tokopedia masih belum mempunyai kantor dan baru mengerjakan semuanya melalui rumah dari masing-masing pekerja.

Tetapi dengan berjalan waktu, Tokopedia memperoleh anutias dari beberapa pihak terkait seperti merchant dan customer. Diawal dibangunnya Tokopedia mampu merekrut 509 merchants dan 4560 members. Tidak disangka, jumlah tersebut terus tumbuh dan tepat pada tanggal 17 Agustus 2010. Tokopedia berhasil merekrut 4659 merchants dan 44785 members.

Di tahun 2019 tercatat pencapaian Tokopedia naik hingga 70%, dimana mencatat lebih dari 2,7 juta penjualan (merchant). itu merupakan satu pencapaian luar biasa yang didapatkan Tokopedia selama merintis bisnis e-commerce.

Ini merupakan pencapaian terbaik dari Tokopedia dalam waktu 12 tahun terakhir. Setelah melewati tahun panjangnya, Tokopedia terus membuat banyak perubahan, inovasi, dan motivasi baru. Banyak hal baru yang terlihat dari tampilan Tokopedia dan telah memperbaiki beberapa bug eror serta layanan customer care dari Tokopedia juga semakin ditingkatkan.

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *