Venture capital terbesar di indonesia – Cukup banyak perusahaan Venture Capital (VC) di indonesia yang telah berinvestasi pada beberapa startup digital ternama di Negara kita. Dimana dana yang mengalir ke startup digital tersebut cukup besar jumlahnya.

Venture Capital dalam bahasa indonesia diartikan sebagai Modal Ventura yang mana ini merupakan sebuah perusahaan dengan bidang pendanaan besar-besaran secara terus dan berkala (startup). Dengan melihat semakin banyak peminat startup digital untuk mengembangkan usahanya.

Menjadikan banyak perusahaan Venture Capital yang kini percaya, bahwa di Negara indonesia mempunyai nilai plus dan besar dalam menjalankan investasi. Venture Capital dapat dikatakan telah menjadi bagian yang tidak dapat terpisahkan dari sebuah industri startup di berbagai Negara, termasuk indonesia.

Hal tersebut dikarenakan, sekarang cukup banyak startup yang mana dalam menjalankan usahanya membutuhkan banyak dana tambahan besar agar usahanya dapat berkembang dengan cepat dalam waktu singkat. Untuk menemukan Venture Capital di indonesia sekarang rasanya sudah tidak sulit.

Karena ada beberapa nama besar perusahaan Venture Capital yang menyimpan cukup banyak dana. Perusahan Venture Capital sepert inilah yang banyak dicari oleh sebagian besar pelaku bisnis startup. Terdaftar ada 8 perusahan Venture Capital terbesar di indonesia yang memiliki nilai investasi hingga mencapai milliaran rupiah.

Perusahaan venture capital terbesar di indonesia

East Ventures

Diurutan pertama ada perusahaan East Ventures. Dimana perusahaan ini telah berdiri sejak tahun 2010 yang lalu hingga hari ini tetap berdiri kokoh. Bagi sebagian pebisnis startup, perusahaan besar ini tidak akan asing lagi ditelinga. Karena East Ventures menjadi perusahaan VC pertama yang memulai karir suksesnya di indonesia.

Saat itu, indonesia masih dalam masa-masa kegelapan. Dimana banyak orang yang tidak yakin dan ragu untuk memulai bisnis investasi startup. Tetapi itu tidak berlaku bagi perusahaan besar ini. Dimana, East Ventures tetap menjalankan tujuannya dan seiring waktu berjalan mereka mendapatkan kepercayaan besar dalam bisnis startup yang mempunyai potensi lebih.

Perusahaan East Ventures tercatat telah memiliki investasi cukup banyak dalam bisnis startup, diawali dari easly stage seed capital, Seed, Seri A, Seri B, Seri C, hingga Seri D. Dimana memiliki nilai investasi mencapai angka 1.5 miliar sampai 280 miliar.

Sekarang sudah banyak startup indonesia yang digunakan sebagai portofolio investasi. Diantaranya ada startup digital ternama seperti traveloka dan tokopedia. Bagi yang ingin mendapatkan info lebih lengkap tentang perusahaan East Ventures, dapat langsung mengunjungi situs resminya di east.vc.

CyberAgent Ventures

Di nomor dua ada perusahaan CyberAgent Ventures yang berasal dari Negara Jepang. Ini merupakan  perushaan Modal Ventura yang mulai ikut terjun investasi di Negara indonesia dan sekarang telah mendirikan kantor cabang di wilayah jakarta. Perusahan CyberAgent venture menjadi salah satu perusahaan yang ikut serta dalam investasi startup digital tokopedia.

Dalam tahap pemberian nilai investasi kepada startup digital tersebut, biasanya akan di berikan untuk tahap seed founding sampai dengan ke tahap seri D. Dimana memiliki nilai besaran investasinya dapat mencapai hingga 1,6 miliar rupiah sampai dengan 142 miliar rupiah.

500 Startups

Perusahaan 500 Startup adalah perusahaan Venture Capital yang sudah diakui oleh dunia. Memiliki latar belakang yang cukup baik, dimana sebagian dari pendiri perusahaan 500 Startup adalah mantan pekerja startup ternama dunia, diantaranya ada facebook, google, paypal dan masih banyak lainnya.

Jadi cukup banyak startup yang mau memiliki investasi dari Venture Capital perusahaan ini. Perusahaan 500 Startup pertama kali ada di indonesia untuk berinvestasi dimulai dari tahun 2013 yang mana memiliki portofolio investasinya di bukalapak.

Pada tahap pendanaan yang di keluarkan oleh perusahaan 500 startups ini di awali dari tahap seed sampai dengan tahap seri D dan membuka dana pinjaman yang mencapai besaran investasinya hingga 346 juta rupiah sampai dengan 932 milliar rupiah. Bagi yang ingin mendapatkan informasi lanjut dari perusahaan 500 Startups ini, dapat mengunjungi situs resminya di 500.co

Emtek Group

Perusahaan Emtek Group tampaknya kurang popular sebagai perusahaan Venture Capital yang memiliki investasi di indonesia. Tetapi perusahaan Emtek Group telah tercatat sebagai perusahaan startup yang cukup besar mendanai portofolio startup di indonesia dan itu paling aktif dibandingkan perusahaan Venture Capital lainnya.

Itu dapat dilihat dari dana investasi yang telah diberikan ke beberapa startup digital di indonesia, diantaranya ada bukalapak, kudo dan masih banyak lainnya. Adapun beberapa stasiun TV swasta yang ada di indonesia seperti INDOSIAR, SCTV, dan O Channel mendapatkan hak sama memiliki dana investasi dari Perusahaan Emtek Group.

Tetapi untuk nilai besaran investasi yang diberikan ke startup digital tersebut masih belum dapat diketahui. Bagi yang ingin melihat lebih jelas dapat langsung mengunjungi situs resminya di emtek.co.id.

Rebright Partners

Perusahaan Rebright Partenrs menjadi salah satu Venture Capital yang memiliki investasi hanya berfokus untuk wilayah asia tenggara, termasuk di indonesia. Perusahaan Rebright Partenrs mempunyai reputasi yang cukup baik di indonesia dan telah memberikan dana investasi untuk aturduit, indotrading dan lainnya.

Perusahaan Rebright Partenrs mulai mengucurkan dana startup nya dari tahap seed founding hingga ke seri A yang mempunyai besaran angka investasinya mencapai nilai 13 miliar rupiah hingga 53 miliar rupiah. Bagi yang ingin tahu lebih dalam informasi tentang Perusahaan Rebright Partenrs disini dapat langsung mengunjungi di situs resminya rebrightpartners.com

IMJ Investment Partners

Perusahaan IMJ Investment Partners adalah sebuah perusahaan Venture Capital yang tidak sekedar mengusung produk bantuan investasi untuk para startup di indonesia. Tetapi perusahaan IMJ Investment menawarkan sebuah bantuan jasa pengembangan pada produk, akses internet, dan relasi bagi pengembangan bisnis di startup khususnya.

Sebagian portofolio startup di indonesia yang sudah  memperoleh nilai investasi dari perusahaan IMJ adalah iMoney, UrbanIndo, dan bukalapak. Perusahaan IMJ Investment Partners mulai berinvestasi dari tahap seed founding hingga ke seri A, dengan nilai startup investasinya mencapai angka 1,7 miliar rupiah hingga 23 miliar rupiah.

Fenox Venture Capital

Perusahaan Fenox Venture Capital menjadi sebuah perusahaan Venture Capital yang tidak asing lagi dan telah dikenal banyak orang. Ketika startup yang sedang seseorang jalankan menjadi portofolio perusahaan ini, maka Perusahaan Fenox Venture Capital akan membantu sepenuhnya yang mana masih ada keterkaitannya dengan perusahaan silicon valley dan perusahaan jepang lainnya.

Itu ditujukan agar mendapatkan proses yang cepat dalam pertumbuhan startup. Dikabarkan pendanaan perusahaan Fenox Venture Capital ini mampu memberikan bantuan startup hingga tahap seri B dengan total besaran nilainya mencapai 6,6 miliar rupiah hingga 133 miliar rupiah.

Skystar Capital

Perusahaan Skystar Capital merupakan perusahaan Venture Capital lokal yang baru berjalan sekitar 2 tahun di indonesia. Meskipun memiliki usia yang cukup muda, tetapi perusahaan Skystar Capital menjadi satu-satunya perusahaan Venture Capital dan bisnis inkubator pertama yang ada di indoneisa.

Itu tercatat dalam daftar Asosiasi Akselerator Terbesar Dunia yakni di Global Accelerator Network(GAN). Perusahaan Skystar Capital lebih fokus untuk investasi bisnis startup tahap pertama dan pada pengembangan pertama yakni seed founding ke tahap Seri A.

Tidak hanya bantuan dana, namun perusahaan Skystar Capital siap membantu pelaku bisnis startup yang masih terhubung dengan beberapa relasi bisnis yang relevan. Besaraan dana investasi yang dapat dikeluarkan oleh perusahaan skystar dapat mencapai angka 11 miliar untuk satu bisnis startup.

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *