Sejarah shopee – Persaingan marketplace di indonesia cukup berat, dimana melahirkan banyak marketplace ternama dan terbesar. Shopee adalah salah satu marketplace yang menduduki posisi 5 besar di indonesia. Dengan memiliki fitur dan tampilan sederhana dari antarmukanya, membuat shopee menjadi tempat mencari barang-barang kebutuhan lebih mudah dan menyenangkan.

Hampir semua barang yang dibutuhkan oleh sebagian besar masyarakat indonesia ada di marketplace shopee. Namun dibalik itu semua, pasti ada sejarah panjang yang dibangun oleh shopee hingga mencapai kesuksesannya sekarang. Shopee meskipun sebagai pendatang baru di dunia marketplace, namun tidak mau kalah bersaing dengan beberapa marketplace lainnya seperti bukalapak, tokopedia, lazada, dan lainnya.

Sejarah shopee

Untuk pertama kalinya, Shopee dikenalkan kepada publik pada tahun 2015 lalu dan itu pertama kali hadir di Negara tetangga kita Singapura. Shopee datang sebagai pasar mobile-sentris tinggi yang memiliki sosial pertama sebagai tempat dimana pengguna mampu untuk mencari, belanja, dan menjual barang dagangan.

Shopee hadir dengan metode yang terintegrasi pada dukungan logistik dan memiliki metode pembayaran yang aman dan nyaman. Sehingga membuat belanja online mudah, baik bagi penjual maupun pembeli. Setelah Shopee sukses di Negara Singapura yang mana sebagai pusat dari situs ini berasal. Shopee melakukan ekspansi ke beberapa negara tetangga lain dan membuka untuk pasar Indonesia, Thailand, Malaysia, Vietnam, Taiwan, dan Filipina.

Mengusung Model Bisnis Modern

Shopee dikenalkan untuk pertama kalinya sebagai pasar pelanggan ke pelanggan (mendapatkan singkat C2C) namun sekarang sudah beralih menjadi model hibrid dan kini Shopee dijadikan juga sebagai Bisnis ke Pelanggan (mendapatkan singkat B2C).

Tetapi semenjak awal peluncurannya sebagai Shopee Mall dan menjadi platform toko online yang memiliki brand ternama. Kini Shopee telah memiliki mitra bisnis mencapai lebih dari 70 penyedia layanan kurir terbaik yang ada di seluruh Negara dan menyediakan berbagai dukungan logistik untuk semua penggunanya.

Shopee telah meningkatkan kerjasamanya dengan berbagai jasa logistik lokal, dan penyedia jasa transportasi online ternama dari beberapa negara. Ini adalah bentuk kemajuan Shopee yang selalu berupaya memberikan kesan terbaiknya untuk semua pengguna diberbagai Negara, termasuk di indonesia.

Pangsa Pasar

Sangat mengagumkan di tahun 2017, Shopee tercatat telah mencapai rekor 80 juta kali unduhan aplikasi dan sudah lebih dari 180 juta produk terjual dari keselurahan totalnya mencapai 4 juta wirausahan yang menjual produk unggulan mereka di Shopee.

Di tahun yang sama 2017, Shopee juga memberikan laporan nilai perdagangan bruto (GMV) yang telah mereka buat yakni mencapai angka 1,6 miliar rupiah, dan itu mengalami kenaikan hingga mencapai 206 persen dari tahun 2016.

Di Negara Malaysia, Shopee telah dijadikan sebagai portal perdagangan elektronik di urutan ke-3 yang paling lebih sering digunakan dan itu lebih unggul dari Lazada yang mana menjadi aplikasi terbaik di Google Play dan iOS App store.

Hal itu, tampak sama terjadi untuk konsumen di Indonesia, dari survei yang telah dilakukan ada laporan yang menunjukan pada bulan Desember 2017 bahwa pengguna Shopee rata-rata adalah kaum ibu-ibu.

Dari ini peringkat Shopee menduduki urrutan pertama sebagai platform belanja pilihan terbaik dengan nilai (73%), selanjutnya Tokopedia yang memiliki presentase (54%), diikuti oleh Lazada dengan angka (51%) dan berikutnya adalah Instagram yang menempati presentase (50 %)

Shopee menjadi E-commerce Terbesar di Asia Tenggara

Dilaporkan dari lembaga analisis data sebuah aplikasi independen, merilis bahwa Shopee dinobatkan menjadi salah satu e-commerce dengan jumlah unduhan paling tinggi dan terbanyak untuk wilayah Asia Tenggara dan diikuti oleh Lazada pada urutan nomor dua.

Shopee mempunyai nilai GMV pada tahun 2018 mencapai angka 2,7 miliar, dan itu naik hingga mencapai 153 persen dibandingkan tahun 2017 lalu. Untuk laporan pada tahun 2019 belum kami dapatkan, tetapi kami rasa ini hal luar biasa yang telah diupayakan oleh Shopee dalam meraih pasar tersebar untuk wilayah asia tenggara.

Meskipun dibilang paling muda diantara marketplace lain, tetapi Shopee mampu lebih unggul dan menduduki peringkat nomor 1 sekarang.

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *