Search for:

Simulasi kredit mobil bekas tentunya akan memberikan gambaran untuk Anda terhadap jumlah cicilan yang perlu Anda bayarkan di setiap periode sesuai dengan suku bunga bahkan masa tenornya. Kebanyakan orang menganggap, melakukan simulasi ini sangat menyulitkan dan dirasa tidak begitu penting. Padahal ini sangat berguna untuk kelancaran keuangan Anda di kemudian hari karena Anda bisa membantu Anda membandingkannya dengan kemampuan finasial.

Melakukan Simulasi Kredit Mobil Bekas

Jika Anda masih berpikir bahwa simulasi kredit ini tidak terlalu berguna dan sulit, sebaiknya Anda pertimbangkan hal itu baik-baik. Apalagi sebetulnya, dalam melakukan simulasi kredit ini sangat mudah dilakukan. Apalagi dewasa ini banyak sekali aplikasi digital yang bisa membantu Anda untuk melakukan simulasi tersebut dengan cepat dan mudah. Namun sebelum mengisinya, Anda harus perhatikan beberapa hal berikut ini sebelum mengajukan kredit.

Biaya Bunga

Jika Anda membeli mobil bekas secara kredit tentunya Anda akan dikenakan sejumlah bunga yang dibebanan oleh pihak leasing. Untuk itu, Anda harus mencermati besaran suku bunga yang diterapkan. Jangan langsung tergiur dengan bunga bulanan yang terkesan ringan, sebab hal tersebut tidak menentukan keringanan biaya nantinya setelah dihitung.

Penggunaan Asuransi

Simulasi Kredit Mobil Bekas - Penggunaan Asuransi

Asuransi ini memang dirasa cukup penting untuk melindungi mobil bekas Anda nantinya. Hal ini untuk menghindarkan kerugian atau risiko yang tidak baik nantinya terhadap kendaraan Anda. Anda bisa memilih asuransi karena kehilangan/pencurian, atau pun all risk yang mencakup semua jenis kerugian dalam hal perbaikan dan lainnya.

Biaya lain

Ketika Anda melakukan kredit mobil bekas, maka akan ada beberapa biaya tambahan yang bisa saja diminta oleh pihak leasing selain bunga. Misalnya saja biaya administrasi, biaya fidusia atau biaya perjanjian dan biaya-biaya lainnya yang harus dipersiapkan.

Simulasi Kredit Menggunakan Aplikasi

Simulasi Kredit Mobil Bekas - Penggunaan Aplikasi

Untuk melakukan simulasi kredit mobil bekas bisa melalui aplikasi. Cara ini adalah yang paling sering dilakukan oleh masyarakat yang memang ingin tahu gambaran pembayaran dan cicilan dari pinjaman atau pun kredit mobilnya. Anda bisa memilih salah satu dari aplikasi yang berjajakan di internet yang bisa Anda akses, bahkan untuk bank-bank tertentu, banyak juga yang menyediakan kalkulasi ini. Setelah Anda menentukan widget apa yang dipilih, Anda tinggal lengkapi saja beberapa kolom yang akan disediakan.

Namun, Anda juga bisa melakukan simulasi kredit mobil bekas sendiri dengan contoh seperti berikut ini.

Anda akan membeli sebuah mobil bekas dengan harga Rp. 70 juta. Untuk uang muka, Anda hanya punya Rp. 20 juta sehingga sisa hutang yang ada adalah Rp. 50 juta yang akan dibayar secara kredit dalam waktu 2 tahun. Kemudian, pihak leasing membebankan bunga flat sebesar 1,5 % per bulannya. Sebelumnya, Anda harus menghitung jumlah total bunga yang merupakan hasil dari (hutang pokok dikali persentase bunga) dikali masa pinjaman. Jika berdasarkan contoh adalah seperti ini:

Total bunga= (50 juta x 1,5 %) x 24 bulan yang hasilnya adalah Rp. 18 juta. Barulah kemudian Anda hitung antara jumlah hutang Anda dengan total bunga. Di mana dari contoh akan didapatkan jumlah hutang Anda adalah Rp. 68 juta yang kemudian dibagi waktu tenor selama 24 bulan. Sehingga jumlah cicilan Anda perbulannya adalah sekitar Rp. 2,8 juta.

Nah, itulah cara menghitung atau melakukan simulasi kredit mobil bekas agar Anda bisa mendapat gambaran perihal jumlah cicilan yang nantinya harus Anda bayarkan. Namun jika Anda memang merasa bingung dengan cara penghitungan tersebut, melakukan simulasi kredit lewat aplikasi atau penyedia simulasi lebih baik dan mudah.

Author

Write A Comment

5 × one =

Pin It