Search for:

Perbandingan asuransi kesehatan – Memiliki sebuah asuransi kesehatan pada masa kini memang sangat diperlukan, di mana biaya untuk kesehatan ini sendiri tidaklah murah. Bahkan dalam beberapa kesempatan, terdapat percakapan yang bilang, “Sehat memang mahal, tetapi Sakit akan lebih mahal lagi.” Dengan memiliki sebuah asuransi kesehatan sendiri tentu akan dapat meringankan biaya perawatan kesehatan di masyarakat, di mana ada beberapa perusahaan atau penyedia layanan asuransi kesehatan yang dapat dipilih oleh masyarakat. Asuransi kesehatan yang ada pada saat ini sendiri dapat diperoleh melalui asuransi kesehatan swasta maupun dari pemerintah, di mana pada kedua asuransi ini memiliki perbedaan yang cukup signifikan. Pemerintah sendiri sudah mengeluarkan program yang memang diperuntukan untuk seluruh masyarakat Indonesia tentang masalah asuransi kesehatan, di mana tujuan akhir pemerintah adalah demi meningkatkan kesehatan masyarakat dan perbandingan asuransi kesehatan dengan swasta harus dapat dipahami.

Baca juga : Apa sih yang dimaksud Asuransi itu?

Perbandingan Asuransi Kesehatan Milik Swasta Dengan Milik Pemerintah

Rujukan

Pada dasarnya asuransi yang diberikan baik dari swasta maupun pemerintah sendiri memiliki fungsi yang sama, di mana bertujuan membantu biaya perawatan kesehatan baik di rumah sakit maupun puskesmas. Ada beberapa perbandingan asuransi kesehatan millik swasta dengan milik pemerintah yang mana perbandingan ini sendiri memiliki beberapa kelebihan yang memang sangat dibutuhkan oleh masyarakat. Untuk perbandingan yang pertama adalah masalah rujukan, di mana rujukan ini sendiri merupakan syarat wajib bagi peserta asuransi kesehatan milik pemerintah agar dapat memperoleh perawatan di rumah sakit yang memang bekerja sama dengan pemerintah pusat. Di mana pihak rumah sakit akan meminta surat rujukan dari puskesmas terdekat dan baru akan diteruskan ke pihak rumah sakit tersebut. Sedangkan untuk asuransi dari swasta tidak memerlukan surat rujukan tersebut, di mana klient dapat langsung mendapatkan perawatan di rumah sakit.

Rumah Sakit

Perbandingan asuransi kesehatan milik swasta dengan milik pemerintah selanjutnya adalah dalam pemilihan rumah sakit yang dituju. Untuk asuransi kesehatan yang dimiliki pemerintah biasanya dapat digunakan dengan RSUD atau rumah sakit swasta yang sudah bekerja sama dengan pihak pemerintah, di mana dalam hal ini masyarakat akan mendapatkan pelayanan kesehatan yang sesuai dengan kebutuhan. Sedangkan pada asuransi kesehatan swasta sendiri dapat memilih rumah sakit manapun yang bekerja sama dengan pihak asuransi, di mana pembayaran sendiri juga akan dilakukan hanya dengan menunjukan kartu asuransi. Akan tetapi apabila memilih rumah sakit yang tidak bekerja sama dengan pihak asuransi, maka masyarakat akan membayar terlebih dahulu baru dapat melakukan klaim kepada pihak penyedia asuransi.

Kelas

Perbandingan asuransi kesehatan milik pemerintah dengan swasta selanjutnya adalah dalam pemilihan kamar perawatan yang ada. Pada pemerintah sendiri maksimal hanya dapat memberikan asuransi pada kamar kelas 1, di mana pada hal ini sendiri masyarakat akan dapat melakukan klaim sepenuhnya atau tanpa membayar sama sekali selama perawatan kesehatan masuk didalam asuransi pemerintah tersebut. Sedangkan pada asuransi kesehatan swasta, klien dapat memilih kamar VIP atau VVIP tergantung keanggotaan dan juga kamar yang disediakan. Tentu saja hal ini menjadi salah satu perbedaan yang paling mencolok pada kedua jenis asuransi kesehatan tersebut.

Kecepatan Pelayanan

Kecepatan Pelayanan - Perbandingan Asuransi Kesehatan - Foto 2

Perbandingan asuransi kesehatan selanjutnya dari milik pemerintah dan swasta adalah dari masalah kecepatan layanan yang diberikan. Pada asuransi milik pemerintah sendiri harus melalui sebuah rujukan dari puskesmas terlebih dahulu, di mana klien harus menunggu lebih lama. Sedangkan pada sebuah asuransi kesehatan milik swasta pelayanan yang diberikan sangat cepat dan juga langsung dapat ditangani dengan sigap. Hal ini sendiri memang sangat wajar, mengingat asuransi kesehatan dari perusahaan swasta memiliki premi yang lebih mahal dari milik pemerintah. Terkadang rumah sakit pemerintah sendiri tidak memiliki alat-alat kesehatan yang memadai dan sangat berbeda dengan rumah sakit swasta.

Baca juga : Cerdas Memilih Produk Asuransi

Premi

Perbandingan asuransi kesehatan dari pemerintah dan swasta selanjutnya adalah dari jumlah yang dibayarkan setiap bulan. Pada asuransi kesehatan dari pemerintah pembayaran yang dilakukan sendiri memang murah dan ini merupakan salah satu program pemerintah agar dapat memperluas kesehatan masyarakat Indonesia yang masih kekurangan. Sedangkan pada asuransi kesehatan milik swasta sendiri memang dikenal lebih mahal, akan tetapi seimbang dengan pelayanan yang akan diberikan oleh pihah rumah sakit. Bukan berarti asuransi milik pemerintah sama sekali tidak bagus, pelayanan yang diberikan sangatlah progessional dan baik, akan tetapi asuransi kesehatan milik pemerintah ini sendiri harus melakukan tahapan yang dapat sedikit menghambat.

Itu adalah penjelasan dari perbandingan asuransi kesehatan milik swasta dan juga pemerintah, di mana dapat menjadi salah satu refrensi untuk masyarakat dalam memilih sebuah asuransi kesehatan. Sangat disarankan untuk masyarakat agar memiliki sebuah asuransi kesehatan, di mana dengan memiliki asuransi ini masysarakat akan mendapatkan pelayanan kesehatan yang memadai tanpa harus memikirkan biaya yang besar. Terlebih lagi dengan memiliki asuransi kesehatan dapat menjadi salah satu jaminan untuk dapat layanan kesehatan yang diperlukan. Maka dari itu, lebih baik memiliki asuransi sekarang sebelum terlambat.

Author

2 Comments

Write A Comment

18 − 7 =

Pin It