Search for:

Mengatur keuangan kerap diidentikkan dengan suatu hal yang rumit dan memusingkan. Tak mengherankan jika seseorang sampai harus menggunakan jasa financial planner untuk mengatur keuangan mereka. Namun, bagaimana jika Anda bisa memiliki personal financial planner hanya melalui aplikasi pada smartphone Anda?

Terdengar sangat menarik, bukan? Hal ini menjadi mungkin dengan kehadiran aplikasi PINA, sebuah aplikasi perencana keuangan yang akan membantu permasalahan dalam pengelolaan uang Anda. Dan pada artikel kali ini, kami akan membawa Anda untuk berkenalan lebih jauh dengan aplikasi besutan PT Trust Sekuritas ini. Mari langsung masuk ke ulasan selengkapnya!

Introduce to PINA, One Stop Financial Solutions

Berada di bawah naungan PT Trust Sekuritas yang telah terdaftar secara legal pada OJK, PINA resmi meluncur Desember 2021 lalu. Walaupun umurnya belum genap satu tahun, siapa sangka bahwa aplikasi keuangan yang satu ini perlahan mulai mencuri hati masyarakat dengan fitur-fitur unggulan yang lengkap di dalamnya.

Cukup dengan satu aplikasi saja, Anda dapat mengatur keuangan Anda secara menyeluruh dengan mudah. jauh dari kesan rumit! Kesehatan keuangan Anda akan dianalisa oleh PINA secara komprehensif berdasarkan kondisi keuangan Anda yang pada akhirnya dapat menyajikan insight yang jelas apakah keuangan Anda ada pada kondisi yang sehat atau tidak.

Bukan hanya itu, PINA juga memfasilitasi para pengguna yang ingin meraih kebebasan finansial dengan menawarkan platform investasi terbaik yang disesuaikan dengan portofolio dan profil risiko masing-masing pengguna. Dengan semua fitur ini, tak salah rasanya jika PINA menjadi salah satu aplikasi keuangan yang patut Anda pertimbangkan untuk membantu Anda menemukan solusi pengelolaan keuangan yang baik.

Fitur Utama PINA

Guna memberikan customized solutions bagi para penggunanya, terdapat 3 fitur utama PINA yang bisa memberikan Anda banyak manfaat.

1. PINA Save

Dari namanya saja mungkin Anda sudah memiliki gambaran. Ya, PINA Save merupakan fitur yang berfungsi untuk membantu para penggunanya agar dapat memantau dan mengelola keuangan mereka sehingga dapat memiliki tabungan yang sesuai dengan kondisi kesehatan keuangan masing-masing.

Berbagai aspek keuangan Anda dapat terlacak dengan sangat rinci pada fitur ini. Kamu dapat memantau aset yang dimiliki, pendapatan, pengeluaran, hutang, liabilitas(hutang), hingga cicilan per bulan.

Bukan hanya itu, Anda juga dapat menggabungkan semua rekening bank, e-wallet, hingga akun BPJS ketenagakerjaan pada satu tempat saja sehingga pemantauan saldo pun akan jauh lebih mudah tanpa harus keluar masuk aplikasi yang berbeda.

2. PINA Goals & PINA Invest

Anda bisa menetapkan tujuan finansial yang ingin dicapai di PINA goals. Tinggal pilih tujuan keuangan, nominal target, kapan target tersebut ingin tercapai serta apa profil risiko kamu. Selanjutnya PINA akan merekomendasikan investasi yang cocok berdasarkan isian data tadi.

Rekomendasi PINA ini dapat Anda ikuti sehingga ga perlu lagi ribet mencari instrument investasi yang sesuai. Anda tinggal ber-investasi secara rutin untuk dapat mencapai tujuan keuangan di masa depan.

Atau Anda juga bisa bikin portfolio sendiri. Kamu bisa mencari saham dan reksadana yang sesuai dengan keinginanmu. Jangan lupa! kamu perlu top up Rekening Dana Nasabah (RDN) dulu sebelum berinvestasi ya.

3. PINA Classroom

Masih pemula dalam urusan keuangan dan investasi? Tak perlu khawatir, karena PINA juga menyediakan fitur yang akan membantu Anda mempelajari seluk beluk dunia keuangan dan investasi dengan lebih mudah melalui artikel – artikel yang telah disediakan. 

Keunggulan PINA

Sebagai aplikasi yang belum genap berusia satu tahun, PINA memiliki sederet keunggulan di antaranya:

  • Aplikasi Mudah Digunakan dengan Tampilan Simpel

Saat menggunakan PINA, kesan yang membekas adalah kemudahan penggunaan aplikasinya dan sepertinya memang dirancang sedemikian rupa sehingga mudah digunakan oleh siapa saja. Selain itu dari segi tampilan yang sangat stylish dan segar membuat pengguna merasa nyaman dan betah berlama-lama menggunakan aplikasi ini.

  • Fitur Pengelola Keuangan Lengkap

Fokus PINA adalah membantu para pengguna untuk memiliki kondisi keuangan yang sehat sehingga dapat meraih kebebasan finansial. Hal ini jelas dapat dilihat dari fitur pengelola keuangan yang lengkap dan dirasa dapat membantu pengguna dalam mengatur keuangan mereka semaksimal mungkin.

  • Legal dan Memiliki Standar Keamanan Tinggi

Bukan hanya diawasi oleh OJK, para nasabah juga tidak perlu khawatir mengenai standar keamanan PINA. PINA terjamin keamanannya dengan sertifikasi Tier 3 ISO serta menggunakan enkripsi data(Sectigo RSA Domain Validation Secure Server CA) sehingga menjamin keamanan dalam bertransaksi atau pun bertukar data.

  • Dapat Berinvestasi dengan Modal Minim

Modal menjadi salah satu kendala bagi seseorang untuk berinvestasi. Namun, hal ini tidak akan Anda temui pada PINA. Bahkan Anda dapat berinvestasi mulai dari Rp 10.000 saja pada jenis investasi aktif saham atau reksa dana.

Kekurangan PINA

Memiliki berbagai kelebihan, tentu PINA pun memiliki kekurangan juga. Salah satu kekurangan yang terlihat adalah minimnya pilihan produk investasi karena masih terbatas pada saham dan reksadana saja.

How To Get Started?

Bagi Anda yang ingin menjadikan PINA sebagai partner dalam mengelola keuangan dan berinvestasi dapat mengikuti langkah berikut ini:

  • Pertama-tama unduh aplikasi PINA dari Google Play Store atau App Store
  • Setelah terinstal dengan sempurna, buka aplikasi PINA
  • Masukkan email dan buatlah password untuk mendaftarkan akun baru
  • Anda akan mendapatkan beberapa pertanyaan mengenai kegunaan PINA sesuai dengan kebutuhan Anda
  • Selanjutnya Anda akan diminta untuk membuat PIN keamanan yang berisi 4 digit angka
  • Pendaftaran selesai dan aplikasi PINA siap digunakan.

Kesimpulan

Dilihat dari fitur dan cara penggunaannya aplikasi PINA memiliki performa yang cukup baik dalam membantu pengelolaan keuangan dan investasi yang mudah diakses oleh siapa saja tak terkecuali bagi pemula.

Jadi, tak berlebihan rasanya jika PINA menjadi salah satu aplikasi yang kami rekomendasikan untuk Anda miliki guna membantu Anda dalam mengatur keuangan dan meraih tujuan finansial Anda.

Mulai kelola keuangan Anda bersama PINA dan raih kebebasan finansial Anda sekarang juga!

Author

Write A Comment

7 − four =

Pin It