Search for:

Beberapa waktu ini, saya dikejutkan dengan harga emas antam yang melambung tinggi dari awalnya hanya Rp 660.000,- di bulan Maret 2019 menjadi Rp 870.000,- di bulan Maret 2020. Hal ini menunjukkan bahwa harga emas antam telah meningkat lebih dari 30% dalam 1 tahun. Setelah sebelumnya, stagnan cukup lama, kenaikan harga emas tersebut merupakan kenaikan terbesar selama 10 tahun terakhir.

harga emas antam maret 2020

Anda dapat melihat graphik harga emas tersebut di website milik PT Aneka Tambang yang bernama logammulia.com. Padahal sebelumnya, saya baru saja membeli emas sebanyak 10 gram dengan Rp 763.400 per gram di awal Maret 2020. Meningkat 14% hanya dalam waktu kurang dari 1 bulan.

membeli emas melalui brankaslm milik PT Antam

Peningkatan harga emas tersebut memang tidak lain dan tidak bukan adalah karena terjadi krisis ekonomi global sehingga terjadi penarikan dana dari instrumen investasi di pasar uang dan pasar modal secara besar – besaran untuk kemudian ditempatkan ke dalam safe haven.

Baca juga : Mengenal instrument investasi dengan baik

Terdapat 2 safe haven di dunia saat ini, yaitu US Treasury Bills (T-Bills) dan emas. Emas menjadi salah satu favorit karena merupakan salah satu logam mulia yang menjadi tolak ukur kekayaan sejak jaman dahulu.

Pada kesempatan kali ini, tim ngurusduit akan membahas mengenai apa itu emas, fungsi dan manfaat emas bagi setiap kita. Yuk kita simak.

Apa itu Emas?

Emas adalah salah satu logam mulia yang telah terdaftar dalam tabel periodik dengan kode Au (Aurum). Emas bersifat lunak dan mudah ditempa karena kekerasannya hanya berkisar 2,5 – 3 (skala Mohs). Karakteristik emas yang paling kita kenal adalah kuning mengkilap dan sangat lembek. Bahkan banyak ahli yang mencoba kemurnian emas dengan meninggalkan gigitan di logam tersebut.

Emas sendiri sangat fleksibel dan dapat dicampur dengan banyak logam lainnya. Bahkan emas dapat menjadi konduktor panas dan listrik yang sangat baik sehingga banyak dijadikan semikonduktor dalam chipset handphone. Berbeda dengan logam lainnya, emas tidak mengenal kata karatan atau korosi.

Apa itu Karat Emas

Ketika mendengar kata karat, kita pasti segera meng-asosiasikannya dengan karat emas. Apalagi banyak orang tua kita yang membicarakan bahwa emas terbaik adalah emas dengan tingkat kemurnian 24 karat. Sebenarnya apa itu karat emas?

Definisi karat emas adalah sistem yang digunakan untuk mengukur tingkat kemurnian emas. Tingkat kemurnian emas menunjukkan persentase emas murni dibandingkan dengan logam lainnya dalam suatu batangan.

Rumus menghitung karat emas cukup sederhana. Kita cukup membagikan nilai karat yang kita inginkan dengan angka 24 karena 24 adalah tingkat tertinggi dalam perhitungan karat emas.

Sebagai contoh, emas 15 karat berarti tingkat kemurnian emas yang digunakan adalah 15 dibagi 24 (15/24) sehingga kita mendapatkan hasil 0,625. Dari sini kita dapatkan bahwa emas 15K mengandung 62,5% emas murni, sedangkan 37,5% lainnya adalah logam lain seperti perak dan tembaga.

Manfaat Emas

Terdapat beberapa manfaat dari emas, yaitu :

1. Perhiasan

Emas dapat dibentuk menjadi berbagai perhiasan dan aksesoris bagi wanita. Wanita menggunakan emas untuk meningkatkan rasa percaya diri dan menunjukkan strata di masyarakat. Perhiasan dari emas dapat dibentuk sebagai cincin, kalung, gelang, anting, dan berbagai aksesoris lainnya.

2. Terapi Kecantikan

Sejak jaman kerajaan mesir, emas telah dijadikan simbol kecantikan dan dipercaya dapat merawat kulit karena sifat antioksidan yang sangat kuat. Emas memiliki sifat untuk mempercepat pergantian kulit sehingga kulit dapat menjadi lebih indah dan cerah.

3. Gigi palsu

Pada jaman dahulu kala, emas sudah banyak digunakan sebagai bahan tambal gigi dan membuat gigi palsu. Hal ini dapat dilakukan karena emas tidak berekasi dengan senyawa lain sehingga aman untuk kesehatan.

4. Bahan Semikonduktor

Apakah Anda tahu bahwa emas juga digunakan di dalam chip semiconductor untuk menghantarkan listrik di dalam integrated circuits. Pemakaian emas di dalam perangkat ini memang sangat kecil, tetapi sangat bermanfaat untuk mendukung seluruh perangkat komputer yang kita gunakan.

5. Investasi

Pada awalnya, emas hanya digunakan sebagai aksesoris dan perhiasan untuk wanita karena bisa disimpan dan dijual kembali tanpa mengurangi nilainya. Apalagi emas telah dipercaya sebagai pelindung nilai (store of value), yaitu instrumen investasi yang nilai-nya terjaga tanpa terinflasi. (baca juga : apa itu inflasi?).

Jenis emas yang disukai sebagai alat investasi adalah berbentuk kepingan atau batangan emas karena mudah diperjualbelikan tanpa terkena potongan. Sedangkan emas dalam bentuk perhiasan kurang diminati sebagai alat investasi karena nilai jualnya yang sering terkena potongan.

Baca juga : Untung dan Rugi Tabungan Emas Pegadaian

Itulah definisi dan manfaat emas yang telah tim ngurusduit kumpulkan dari berbagai sumber. Semoga informasi tersebut dapat membantu Anda untuk mengenal emas lebih jauh lagi. Kami berharap Anda dapat mempersiapkan masa depan Anda dengan mulai menabung emas.

Salam Investasi!

Author

Write A Comment

four × one =

Pin It