Search for:

Kredit rumah tanpa riba semakin meningkat di kalangan masyarakat dan mulai gencar diterapkan dalam proses transaksi. Khususnya bagi umat Islam yang memang semakin mantap dan mengetahui tentang dosa besar yang diakibatkan oleh riba tersebut. Tak heran, banyak lembaga keuangan, development perumahaan, dan bank yang mengusung konsep syariah ini.

Tak hanya di sistem transaksi, perihal lifestyle pun mulai dikembangkan kepada konsep halal lifestyle. Apalagi untuk hunian yang memang sifatnya jangka lama, tentunya Anda tidak mau bukan terus-terusan terjerembab dalam riba? Meskipun begitu, Anda juga tetap harus berhati-hati, karena pada dasarnya tidak semua lembaga hunian yang benar-benar mengusung konsep kredit rumah tanpa riba ini. Untuk itu, sebaiknya, perhatikanlah ciri-ciri kredit rumah yang memang bebas dari yang namanya riba berikut ini.

Baca juga : Langkah – Langkah Membeli Rumah Minimalis

Kredit Rumah Tanpa Riba Tidak Melalui Bank

Kebanyakan masyarakat ketika akan mengkredit rumah, seringkali memilih bank sebagai penyedia layanan untuk membantu Anda membeli rumah impian. Namun jika Anda ingin benar-benar kredit rumah yang tanpa memakai riba, sebaiknya pilihlah pembelian langsung dari developer. Sehingga Anda benar-benar menjadi pembeli dan developer sebagai penjualnya, dan akad transaksi pun dilakukan secara langsung tanpa melalui perantara yang memang sangat dibenarkan dan dianjurkan dalam sistem syariah.

Baca juga : Simulasikan Kredit Pemilikan Rumah Yang Kamu Inginkan Dengan Kalkulator Ini 

Biasanya tidak Ada BI Checking

Ciri mendasar dari kredit rumah tanpa riba adalah tidak memberlakukan sistem BI Checking karena memang tanpa bank. Hal ini seringkali dianggap menguntungkan bagi sebagian orang yang mempunyai citra histori cicilan yang buruk di mata bank yang seringkali jadi penghambat seseorang memiliki rumah. Dengan begitu, ketika Anda langsung membeli ke pihak penjual aslinya, kemungkinan disetujui permintaan Anda pun akan lebih besar.

Tidak Ada Sita Menyita

Kredit Rumah Tanpa Riba - Tidak Ada Sita Menyita

Ciri dari sistem kredit yang diterapkan oleh konsep tanpa riba ini biasanya akan memicu keuntungan di kemudian hari. Hal ini ditunjukan dengan tidak akan terjadinya penyitaan atau pengusiran ketika di tengah jalan Anda tidak mampu membayar cicilan. Biasanya, cara yang nanti diterapkan adalah dengan memberikan beberapa penawaran. Baik Anda meminta jangka waktu untuk membayar, atau pun pihak developer menawari Anda untuk menjualkan rumahnya, kemudian uang penjualan dibayarkan untuk melunasi sisa hutang dan sisa lainnya dibantu untuk membeli rumah yang baru.

Akad Jelas dan Tidak Bermasalah

Jika proses transaksi atau akad yang dilakukan adalah tanpa riba antara Anda dan developer rumah Anda, maka akad yang dilakukan pun tentunya jelas. Setidaknya ada dua jenis akad nantinya, jika rumah belum tersedia, maka akadnya jual beli istishna (indent), sementara jika rumah sudah tersedia, yang dipakai adalah akad jual beli kredit seperti untuk kredit rumah tanpa riba.

Selain penentuan akadnya yang jelas, untuk gambaran dan informasi perihal biaya yang harus dibayarkan, rincian harga, keterangan pembayaran, dan sebagainya, akan dengan jelas disampaikan ketika akad. Anda pun akan terbebas dari yang namanya bunga cicilan, atau pun denda penalti.

Untuk itu, sebelum Anda memilih kredit rumah dan ingin tanpa riba perhatikanlah terlebih dahulu poin-poin tersebut yang biasanya menjadi ciri dari kredit rumah tanpa riba. Yang paling penting adalah, intinya, transaksi tanpa riba itu dilakukan langsung oleh pihak penjual dan pembeli. Maka dari itu, untuk mewujdukan rumah kredit yang tanpa riba, cari dan hubungilah langsung kepada developer huniannya. Agar hunian Anda jadi lebih nyaman dan berkah.

Author

Write A Comment

3 × 4 =

Pin It