Ketika Anda mengajukan kredit atau pinjaman, tentunya tidak akan terlepas dari penghitungan biaya yang nantinya harus Anda bayarkan. Begitu pun saat Anda akan kredit rumah untuk hunian Anda. setidaknya, Anda harus mengetahui bagaimana rincian pembiayaan nantinya. Cara yang paling umum untuk menentukan harga yang harus dibayarkan adalah dengan simulasi kredit pemilikan rumah atau KPR.

Pada dasarnya, simulasi ini adalah sebuah kalkulasi atau cara penghitungan untuk membuat gambaran nyata tentang biaya apa saja yang harus dibayarkan. Misalnya ketika Anda kredit rumah, tentu Anda harus tahu gambaran perihal biaya cicilan perbulannya, waktu yang dibutuhkan untuk melunasi pembayaran, hingga hal-hal lainnya.

Baca juga : Langkah – Langkah Membeli Rumah Minimalis

Istilah Simulasi Kredit Pemilikan Rumah

Melakukan simulasi kredit untuk pemilikan rumah atau lainnya memang cukup memberi keuntungan bagi Anda sebab Anda bisa punya gambaran terlebih dahulu. Namun Anda pun harus mengetahui, apa saja yang akan Anda temukan ketika Anda melakukan simulasi tersebut. Beberapa istilah yang selalu ada dalam kalkulasi penghitungan adalah sebagai berikut:

Jumlah Pinjaman

Melakukan kredit rumah, berarti sama saja dengan Anda melakukan pinjaman. Apalagi jika kredit tersebut dilakukan melalui bank. Nah, jumlah pinjaman ini adalah harga dari biaya pembelian rumah Anda.

Tenor

Istilah yang satu ini merujuk pada jangka waktu yang ada untuk Anda menyelesaikan pembayaran. Tenor ini pun bisa ditentukan oleh Anda sendiri, misalnya saja Anda ingin melunasi biaya kredit rumah selama 10 tahun, maka tenornya adalah 10 tahun.

Bunga

Bukan tumbuhan yang akan Anda temukan di taman-taman, melainkan adalah presentase dari jumlah uang yang akan dibebankan oleh pemberi pinjaman atau penyedia KPR kepada Anda dalam hitungan tahun.

Estimasi Cicilan

Nah, istilah ini adalah sebuah perkiraan yang menunjukan jumlah uang yang harus dibayarkan oleh Anda selama tenor yang sudah ditentukan. Jumlah uang yang dibayarkan ini pun sudah mencakup harga rumah dan total bunga.

Melakukan Simulasi Kredit

Sebetulnya, Anda bisa melakukan simulasi kredit pemilikan rumah terlebih dahulu sebelum akhirnya Anda langsung mengajukan kredit ke pada pihak bank atau lembaga lain yang menyediakan layanan kredit rumah. Untuk melakukan simulasi ini, di era digital dengan kemajuan teknologi, Anda bisa menghitung simulasi tersebut melalui gadget Anda. Banyak sekali penyedia kalkulasi penghitungan KPR. Namun yang paling penting, Anda harus tahu informasi mengenai lembaga penyedia kredit rumah. Termasuk harga rumah dan jumlah bunganya.

Baca juga : Simulasikan Kredit Pemilikan Rumah Yang Kamu Inginkan Dengan Kalkulator Ini 

Jenis-Jenis Simulasi Kredit

Simulasi kredit jika dilihat dari fungsi atau kegunaannya, tentu sama saja. Yaitu untuk mengetahui secara detail mengenai pembiayaan yang harus Anda bayar atas jumlah pinjaman yang Anda pilih. meskipun begitu, simulasi kredit dengan sistem konvensional dan syariah, pasti berbeda. Ketika Anda melakukan simulasi kredit KPR di bank konvensional misalnya, maka Anda akan menemukan bunga yang nantinya masuk ke dalam jumlah pembayaran cicilan di setiap bulannya. Hal ini mengakibatkan jumlah pembayaran di setiap bulan akan berbeda.

Sedangkan untuk simulasi kredit pemilikan rumah sistem syariah, tidak akan ditemukan jumlah pembayaran untuk bunga, sebab memang pada ketentuan dan sistemnya meniadakan bunga tersebut. Simulasi penghitungannya pun lebih mudah dibanding bank konvensional. Anda cukup menjumlahkan jumlah harga jual rumah dengan margin keuntungan yang diambil oleh pihak penyedia. Selanjutnya, tinggal Anda bagikan saja kepada jumlah tenor yang Anda inginkan.

Untuk itu, agar Anda lebih bijak dan lebih tahu perihal pembiayaan Anda, simulasi kredit pemilikan rumah ini sangat perlu Anda ketahui. Agar Anda pun punya gambaran jelas, dan bisa menghindarkan Anda dari penipuan atau pun pihak yang ingin memanfaatkan keadaan.

Author

Write A Comment

5 × 2 =