Search for:

Produk asuransi merupakan salah satu produk finansial yang berguna untuk melindungi diri kita dan keluarga, dari risiko kerugian yang mungkin menimpa kita dan keluarga kita. Produk asuransi selalu diperkenalkan sebagai proteksi yang membuat kita dapat berpikir lebih tenang dan mampu fokus untuk bekerja secara lebih maksimal. Intinya sih, “Sedia Payung Sebelum Hujan!”. Siapa yang bisa meramal cuaca dengan akurat? Siapa yang bisa menduga apabila kita membutuhkan pengobatan untuk penyakit tertentu dengan biaya yang tidak murah? Siapa yang dapat meramal apabila mobil kita selalu dalam keadaan mulus, tidak pernah lecet karena tersenggol angkot atau motor di jalan raya? Semua risiko tersebut dapat dikelola sehingga kita dapat mengatur keuangan kita dengan lebih baik. Dari berbagai produk asuransi yang tersedia di pasaran, tidak semuanya kita perlu dalam kehidupan ini. Kita perlu memilih polis asuransi yang paling tepat untuk kita miliki. Berdasarkan penilaian dari tim ngurusduit.com, berikut adalah produk – produk asuransi yang sebaiknya kita miliki :

1. Asuransi Kesehatan

NGURUS DUIT - Artikel 9 - PRODUK ASURANSI KESEHATAN
via https://moneyinc.com

Asuransi kesehatan merupakan salah satu produk asuransi yang saat ini paling digemari masyarakat Indonesia. Asuransi kesehatan diperuntukkan sebagai proteksi terhadap risiko kesehatan dengan berbagai skema oleh masing – masing perusahaan asuransi. Saat ini pemerintah pun mendorong masyarakat Indonesia untuk mengikuti program asuransi melalaui program Jaminan Kesehatan Nasional yang dikelola oleh Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan. Kita yang merupakan pegawai di perusahaan, pada umumnya telah didaftarkan sebagai peserta BPJS Kesehatan sehingga dapat berobat gratis ke puskemas ataupun rumah sakit sesuai dengan kelas yang dimilikinya. Jangan takut! Pekerja swasta pun dapat mengikuti program BPJS Kesehatan secara mandiri dengan mendaftarkan diri secara perseorangan.

Kita dapat memiliki lebih dari 1 produk asuransi kesehatan. Beberapa rekan saya ada yang mengikuti 3 produk asuransi, bahkan 5 produk asuransi untuk mendapatkan keuntungan atas asuransi kesehatan yang dimilikinya. Memiliki lebih dari 1 produk asuransi kesehatan biasanya karena didorong untuk mendapatkan benefit multi claim sehingga akan mendapatkan kompensasi lebih ketika mengalami sakit ataupun memperluas variasi atas manfaat dari asuransi kesehatan. Variasi dari produk asuransi melingkupi hal yang sangat luas mulai dari rawat inap, rawat jalan, persalinan, perawatan gigi, bahkan sampai pembelian kacamata. Kita dapat memilih produk asuransi kesehatan yang sesuai dengan kebutuhan dan harga preminya tidak membebani pengeluaran kita.

Beberapa perusahaan asuransi telah mengembangkan asuransi kesehatan dalam sebuah paket / bundling dengan produk investasi. Bundling ini dinamakan asuransi unit link. Hal ini berarti premi asuransi yang kita bayarkan telah memiliki benefit proteksi terhadap kesehatan kita sekaligus mendapatkan investasi saham, sehingga uang yang kita bayarkan tidak akan hangus dan ada kemungkinan berkembang. Menarik bukan? Membeli asuransi kesehatan merupakan investasi yang sangat penting dan produk asuransi yang paling pertama harus kita miliki. Hal ini sangat penting untuk perlindungan terhadap kesehatan dan membantu kita dari bahaya finansial ketika sakit yang dialami memerlukan biaya pengobatan yang mahal.

2. Asuransi Jiwa

Asuransi jiwa merupakan produk asuransi yang memberikan kita perlindungan ketika pemegang polis mendapatkan risiko kematian. Asuransi ini akan memberikan perlindungan jangka panjang terhadap ahli waris ketika pemegang polis menutup usianya. Nilai coverage yang dibayarkan oleh perusahaan asuransi pasti tercantum di dalam polis dan nilainya dapat mencapai ratusan juta bahkan miliaran rupiah, bergantung dari premi yang telah dibayarkan.

Selain produk asuransi jiwa seperti di atas, terdapat variasi baru dari asuransi jiwa yang disebut sebagai asuransi jiwa kredit. Asuransi jiwa kredit merupakan bundling dengan fasilitas kredit dari bank. Nantinya nasabah akan diarahkan untuk membuka fasilitas kredit di bank untuk membayar sejumlah uang tertentu kepada perusahaan asuransi. Nasabah nantinya akan membayar premi asuransi jiwa kredit kepada bank. Apabila terjadi potensi gagal bayar dari nasabah kepada bank, maka perusahaan asuransi yang akan menanggung sisa dari pembayarannya.

3. Asuransi Properti

NGURUS DUIT - Artikel 9 Post - PRODUK ASURANSI RUMAH

Asuransi properti merupakan produk asuransi yang dibuat untuk melindungi rumah tinggal dan aset properti yang kita miliki dari segala jenis risiko kerusakan dan kebakaran. Terdapat asuransi properti yang bersifat all risk, artinya melindungi segala jenis risiko dengan beberapa pengecualian khusus dan ada yang half risk, yang berarti risiko risiko yang dicover diatur di dalam polis. Asuransi properti tidak berlaku hanya untuk tanah dan bangunan yang sudah jadi dan ditempati, tetapi juga dapat dipakai untuk bangunan yang masih dalam proses pengerjaan. Perusahaan asuransi akan menanggung segala biaya yang timbul, bahkan ketika rumah kita hilang karena kebakaran sekalipun.

Asuransi properti disarankan tim ngurusduit.com sebagai asuransi ketiga yang harus kita miliki dikarenakan kita pasti ingin memiliki rumah tinggal. Dan rumah yang telah susah payah kita bangun pastilah harus kita jaga!

4. Asuransi Pendidikan

Produk asuransi pendidikan merupakan tabungan masa depan untuk menjamin kelangsungan pendidikan anak – anak kita. Apalagi biaya pendidikan, mulai dari tingkat dasar sampai perguruan tinggi, makin mahal dari tahun ke tahun. Produk tabungan bank saat ini banyak yang telah dipaketkan dengan asuransi pendidikan. Produk asuransi ini sangat menarik karena pada dasarnya kita berinvestasi pada dana pendidikan dari anak – anak kita. Apalagi, pendidikan adalah gerbang menuju kesuksesan. Orang tua mana yang tidak bangga melihat anak – anak mereka berhasil duduk di bangku kuliah?

5. Asuransi Mobil

NGURUS DUIT - Artikel 9 Post - PRODUK ASURANSI MOBIL

Produk asuransi mobil dipilih tim ngurusduit.com untuk menduduki urutan ke-5 dikarenakan mobil merupakan barang mewah dan tidak semua orang dapat memilikinya. Saya yakin itu bukan kamu karena kamu membaca artikel ini. Saya percaya kamu sudah memiliki mobil atau setidaknya kamu akan mendapatkan mobil dalam waktu dekat. Jadi share artikel ini ya supaya yang lain juga bisa mendapatkan mobil pribadi \^_^/.

Asuransi mobil akan melindungi mobil pribadi kita dari risiko bencana alam, kebakaran, kerusakan dan kecelakaan. Terdapat dua jenis asuransi mobil diantaranya, asuransi mobil all risk atau asuransi mobil total loss only (TLO). Asuransi mobil all risk akan membuat mobil kita dilindungi dari segala macam risiko, termasuk tabrakan kecil bahkan kendaraan hilang karena dicuri orang. Sedangkan asuransi mobil TLO hanya akan melindungi mobil kita apabila mobil kita rusak lebih dari 80% atau bahkan hilang. Tentunya asuransi mobil TLO memiliki nilai premi yang lebih kecil daripada asuransi mobil all risk.

Jika kita telah berhasil memiliki mobil pribadi, kami sarankan untuk diasuransikan karena risiko mengendarai mobil cukup tinggi.

Mari Mulai Berasuransi!

Demikian penjelasan dari tim ngurusduit.com untuk produk asuransi yang seharusnya kita miliki. Tentunya kita perlu bijak untuk menyesuaikan premi dengan jumlah penghasilan yang kita miliki. Pastikan bahwa kita telah memahami jenis produk asuransi serta benefit yang telah diberikan. Kita harus jeli membaca polis asuransi sehingga kita mengetahui hak dan kewajiban kita. Jangan sampai setelah kita membayar asuransi secara rutin dan risiko menghampiri kita. Produk asuransi yang diberikan ternyata tidak mengcover risiko tersebut. Kita harus cerdas memilih produk asuransi. Apabila Anda ingin berdiskusi secara langsung, tim ngurusduit.com siap untuk membantu Anda.

Author

Write A Comment

sixteen − seven =

Pin It