Search for:

Memiliki dana pendidikan untuk anak tentunya dapat dilakukan dengan berbagai macam cara. Hal ini dilakukan untuk dapat menyimpan uang yang nantinya dapat dipakai untuk biaya pendidikan anak. Dengan memiliki simpanan, maka tentu saja masa depan anak akan lebih terjamin, meskipun nantinya anda akan mengalami kejadian tak terduga. Untuk itu, kali ini akan diulas tentang cara memaksimalkan dana pendidikan anak yang perlu untuk anda tahu. Berikut simak ulasannya.

Baca juga : Mempelajari nilai waktu dari uang (time value of money)

Cara Memaksimalkan Dana Pendidikan Anak

murid menulis di papan tulis
murid menulis di papan tulis

Membuka Asuransi

Ada berbagai macam cara yang bisa anda lakukan sebagai orang tua untuk menyimpan dana pendidikan yang berguna untuk anak anda nantinya. Salah satunya adalah melalui asuransi yang nanti akan mampu menopang biaya pendidikan anak anda. Dengan memiliiki asuransi pendidikan, maka akan memudahkan bagi anda untuk membayar biaya pendidikan terutama jika anak anda membutuhkan pengeluaran biaya yang sangat banyak seperti akan masuk kuliah.

Untuk itu, asuransi merupakan salah satu cara memaksimalkan dana pendidikan anak yang perlu untuk anda lakukan. Hal ini dikarenakan pendidikan yang tinggi merupakan salah satu bentuk investasi yang bisa diberikan oleh orang tua terhadap anaknya. Untuk itu, orang tua pun mengupayakan segala cara agar bisa menyekolahkan anak hingga tingkat pendidikan yang tinggi.

Melalui asuransi pendidikan, orang tua dapat menabung dan melakukan investasi untuk pendidikan anaknya kelak. Dengan mengambil polis asuransi pendidikan yang tersedia melalui berbagai macam penyedia jasa asuransi. Sepintas, asuransi terlihat seperti menabung pada umumnya. Namun pemilik polis tentunya bisa memperoleh keuntungan dengan adanya asuransi untuk pendidikan ini.

Menyimpan Deposito

Selain melalui asuransi, deposito juga menjadi cara memaksimalkan dana pendidikan anak bagi orang tua yang bisa anda coba. Sebagian orang tua memilih cara satu ini sebagi bentuk tabungan pendidikan yang bisa digunakan untuk anaknya kelak. Deposito sendiri pun nantinya dapat digunakan karena memiliki banyak keuntungan, salah satunya adalah bunga. Jika anda memiliki deposito, maka bunga yang anda terima pun juga akan jauh lebih tinggi dibandingkan dengan bentuk simpanan lainnya (tabungan / giro).

Akan tetapi, jika anda memilih deposito sebagai salah satu bentuk upaya untuk menyimpan dana yang berguna untuk kepentingan anak anda, maka anda tentunya perlu mengingat bahwa deposito ini memiliki tenggat waktu terkait masalah pengambilan maupun penyetorannya. Untuk itu, uang yang anda masukkan untuk deposito tersebut tidak bisa anda ambil sewaktu-waktu layaknya tabungan biasa.

Membuka Rekening Khusus Tabungan Pendidikan

Anda pun juga bisa menggunakan rekening tabungan sebagai bentuk cara memaksimalkan dana pendidikan anak. Hal ini dikarenakan saat ini banyak sekali lembaga keuangan di Indonesia yang juga menyediakan layanan dan menawarkan bentuk rekening yang khusus digunakan untuk tabungan pendidikam. Sehingga tentunya hal ini bisa dijadikan sebagai salah satu cara dan menjadi pilihan orang tua untuk membuka rekening tersebut.

Hal ini dikarenakan sangat berguna untuk biaya pendidikan anak anda nantinya. Akan tetapi ketika anda ingin membuka rekening yang khusus untuk biaya tabungan pendidikan ini, maka tentu saja anda harus melakukan perbandingan terlebih dahulu dengan rekening lainnya. Apabila rekening khusus pendidikan ini menawarkan kelebihan yang jauh lebih banyak, maka tak ada salahnya untuk mulai membuka rekening ini.

Dengan Melakukan Investasi

Cara ini juga bisa untuk dilakukan bagi anda yang bingung dan mencari cara untuk menyimpan dana yang berguna untuk pendidikan anak. Sebagian dari pakar keuangan banyak yang menyarankan untuk orang tua agar melakukan dan memiliki investasi yang dapat digunakan untuk biaya pendidikan anak mereka nantinya. Untuk itu, anda pun bisa melakukan cara ini agar nantinya memiliki dana simpanan yang berguna untuk pendidikan anak pada jenjang yang lebih tinggi.

Anda bisa melakukan investasi yang beragam, karena investasi ini banyak sekali bentuknya. Mulai dari investasi emas, investasi melalui pasar saham, hingga investasi reksadana maupun investasi properti yang dapat anda gunakan untuk membiayai pendidikan anak anda nantinya. Beragam jenis investasi tersebut merupakan cara memaksimalkan dana pendidikan anak yang pastinya akan memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing.

Sehingga, jika anda memang berniat untuk melalukan investasi yang berguna untuk biaya pendidikan anak anda, maka anda tentunya harus memilih jenis investasi yang tepat agar tidak mudah tertipu nantinya. Anda pun juga perlu mewaspadai jenis-jenis investasi yang kurang meyakinkan, sehingga anda bisa memilih dan memilah sebelum mulai melakukan investasi.

Baca juga : Mengenal Instrumen Investasi Dengan Baik

anak yang tekun belajar
anak yang tekun belajar

Dengan memiliki dana pendidikan yang berguna untuk anak anda nantinya, tentu saja dapat membuat masalah finansial anda terutama di bidang pendidikan anak. Sehingga anda pun nantinya mampu untuk membiayai anak hingga pendidikan yang tinggi. Anda pun juga tak perlu mengkhawatirkan tentang masalah biaya karena anda telah memiliki dana yang telah anda simpan dalam waktu lama.

Author

Write A Comment

2 × 4 =

Pin It