Search for:

Bank terbesar dan terbaik di dunia – Saat ini banyak bank yang mengembangkan bisnis dengan membuka cabang dan ekspansi usaha ke seluruh dunia. Hal ini didukung dengan kondisi ekonomi yang baik untuk dapat menghasilkan keuntungan yang maksimal.

Walaupun masih banyak yang memperdebatkan apakah ekonomi China lebih besar daripada Amerika Serikat, tetapi para ahli sepakat bahwa negara China memiliki bank terbesar di dunia. Hal ini menunjukkan bahwa ekonomi dunia mulai beralih dari barat ke timur, menuju china daratan.

Setelah sebelumnya tim ngurusduit.com sempat membahas mengenai daftar bank BUMN yang merupakan bank terbesar di tanah air. Ternyata bank BUMN masih punya banyak pekerjaan rumah untuk dapat bertanding di kancah internasional.

Sebagai perbandingan, Bank Rakyat Indonesia (BRI) yang merupakan bank dengan aset terbesar di Indonesia hanya memiliki aset sebesar $90,2 Miliar, atau setara dengan Rp1.416 Triliun. Angka yang cukup terpaut jauh dengan urutan ke-10 dari daftar bank terbesar dan terbaik di dunia yang asetnya mencapai $1,9 Triliun, atau setara Rp 30 kuadriliun. (Berapa tuh angka nolnya…)

Dikutip dari investopedia.com, berikut adalah 10 bank terbesar dan terbaik di dunia.

Bank Terbesar di Dunia

1. Industrial & Commercial Bank of China (IBCB)

Dikutip dari wikipedia, ICBC telah berdiri sejak 1 Januari 1984 dan saat ini telah mempunyai lebih dari 18.000 kantor cabang di China dan 106 kantor cabang di luar negeri. ICBC adalah bank dengan aset terbesar di dunia.

Dikutip dari laporan keuangannya, ICBC mempunyai total aset sebesar $3.62 Triliun atau setara Rp54,3 kuadriliun. Selain itu, ICBC berhasil membukukan keuntungan sebesar $134,8 Miliar setiap tahunnya. 

Walaupun ICBC adalah bank komersial, bank ICBC dimiliki oleh negara China. Dengan kata lain ICBC adalah bank BUMN versi China. ICBC menyediakan pinjaman, kredit usaha, kartu kredit, dan layanan wealth management bagi klien mereka. (baca juga: manfaat wealth management)

2. China Construction Bank Corp.

Bank terbesar kedua dari daftar ini juga berasal dari China. Dikutip dari wikipedia, CCB didirikan pada tahun 1954 dengan nama People’s Construction Bank of China dan baru berubah menjadi CCB pada tanggal 26 Maret 1996.

Berdasarkan data terbaru, CCB memiliki aset sebesar $3,4 Triliun atau setara Rp51 kuadriliun. CCB mempunyai 13.629 cabang domestik dan berhasil membuka cabang di Frankfurt, Hong Kong, New York, Tokyo, Sidney, Singapura dan banyak negara lainnya.

3. Agricultural Bank of China

Lagi – lagi negara tirai bambu berhasil menyabet peringkat ketiga di daftar bank terbesar di dunia. Sebut saja Agricultural Bank of China (ABoC) yang didirikan oleh Mao Zedong pada tahun 1951.

Pada awalnya, ABoC dibuat untuk membantu para petani dan pekerja kolektif. Pada saat ini, total aset ABoC mencapai $3,2 Triliun atau setara Rp48 kuadriliun. Selain itu, ABoC juga mempunyai 24.000 kantor cabang di dalam dan luar negeri.

4. Bank of China

Bank of China, atau BoC, adalah bank tertua dan paling terpercaya di China. BoC didirikan pada tahun 1912 dan saat ini menjadi juara dan memimpin sektor perbankan nasional di China.

Berdasarkan data terbaru, total aset BoC mencapai $2,9 Triliun atau setara Rp43,5 kuadriliun. Selain itu, BoC juga telah 262ribu karyawan dan beroperasi di 27 negara.

5. Mitsubishi UFJ Financial Group (MUFG)

MUFG adalah bank Jepang yang menawarkan layanan commercial bank dan investment bank. Bank ini terbentuk dengan bergabungnya Bank of Tokyo-Mitsubishi dan UFJ Bank pada tahun 2006. Perusahaan holding ini mempunyai aset sebesar $2,7 Triliun atau setara Rp40,5 kuadriliun.

6. HSBC Holdings (HSBC)

Mungkin Anda sudah tidak asing dengan nama HSBC karena telah beroperasi di Indonesia. HSBC memiliki pusat di London, Inggris dan merupakan salah satu bank terbesar di Eropa.

Pada saat ini, HSBC memiliki total aset sebesar $2.57 Triliun atau setara Rp 38,5 kuadriliun. Hal ini didukung dengan lebih dari 10 anak perusahaan yang melakukan berbagai jenis operasi di sektor keuangan.

7. JPMorgan Chase & Co.

JPMorgan Chase adalah bank terbesar di Amerika Serikat. Selain Wall Streetm  JPM merupakan bank paling prestige yang diincar oleh para sarjana keuangan dari seluruh dunia. Kantor pusat JPMorgan Chase terletak di Manhattan, New York City.

Sampat saat ini, JPM merangkap sebagai commercial bank dan investment bank. Total asetnya mencapai $2,4 Triliun atau setara Rp36 kuadriliun.

8. BNP Paribas

Bank BNP Paribas berasal dari Prancis. Bank ini terbentuk melalui penggabungan BNP dan Paribas pada tahun 2000.

BNP Paribas bermaskas di Paris dan memperkerjakan lebih dari 200ribu karyawan dan mempunyai kantor cabang di lebih dari 75 negara, termasuk Amerika Serikat. Saat ini, BNP Paribas mempunyai total aset sebesar $2,4 Triliun atau setara Rp36 kuadriliun.

9. Bank of America

Bank of America adalah bank Amerika Serikat yang menawarkan jasa untuk mengelola personal banking, small business, commercial banking, dan large corporate. Total aset Bank of America mencapai $2,15 Triliun atau Rp32 kuadriliun. Selain itu, Bank of America mempunyai 5000 kantor cabang di dalam dan luar negeri.

10. Credit Agricole Group

Credit Agricole Group adalah bank Perancis kedua yang menempati daftar terakhir dari bank terbesar dan terbaik di dunia. Credit Agricole Group mempunyai total aset sebesar $1,91 Triliun atau setara Rp28 kuadriliun.

Itulah 10 bank dengan aset terbesar di dunia. Jangan lupa share ya kalau informasi ini bermanfaat untuk Anda.  

 

Author

Write A Comment

14 − 2 =

Pin It