Memilih produk reksa dana memang susah – susah gampang. Ketika kita membeli reksa dana, sebenarnya portfolio kita telah dikelola oleh manajer investasi yang telah tersertifikasi. Masalahnya terdapat lebih dari 1800 produk reksa dana dari seluruh manajer investasi yang tersedia pasaran.

Lalu, mana reksa dana terbaik yang harus kita beli?

Berdasarkan pengalaman kami dalam memilih reksa dana, kita harus menentukan terlebih dahulu jenis reksa dana berdasarkan kondisi market saat ini. Terdapat beberapa contoh reksa dana yaitu reksa dana pasar uang, reksa dana pendapatan tetap, reksa dana campuran dan reksa dana saham.

Setelah memilih jenis reksa dana, Investor dapat memilih produk yang memberikan performance terbaik. Salah satu cara dalam memilih reksa dana terbaik adalah menggunakan indikator Jensen Ratio.

Apa itu Jensen Ratio?

Jensen ratio adalah nilai yang menggambarkan selisih antara return portfolio terhadap return aset bebas risiko (risk free asset). Pada umumnya, kita menggunakan tingkat suku bunga acuan Bank Indonesia (BI rate) sebagai acuan aset bebas risiko.

Apabila nilai Jensen Ratio semakin tinggi, maka menunjukkan kinerja reksa dana yang semakin baik. Apabila nilai Jensen Ratio semakin rendah, maka menunjukkan kinerja reksa dana yang semakin buruk.

Dengan kata lain, Jensen Ratio menjadi salah satu indikator kinerja manajer investasi dalam menciptakan kekayaan bagi para investornya (wealth creation).

Dalam memilih reksa dana, Anda dapat menggunakan model Jensen Ratio. Cara kerjanya dengan membandingkan kinerja reksa dana yang satu dengan reksa dana lainnya yang masih berada dalam satu jenis.

tabel reksa dana pendapatan tetap dan informasi jensen ratio

Sebagai contoh, Anda dapat melihat pada tabel reksa dana pendapatan tetap diatas. Dari seluruh list tersebut, BNP Paribas Prima USD pada baris ke-6 memiliki angka Jensen Ratio yang paling bagus yaitu 14,58%.

Apabila Anda telah menemukan reksa dana dengan Jensen Ratio yang baik, maka sebagian pekerjaan Anda telah selesai. Selain itu, Anda juga perlu mempertimbangkan kewajaran dari total portfolio, reputasi manajer investasi dan informasi lain yang tersedia.

Sebagai informasi, reksadana adalah produk investasi yang digunakan untuk menghimpun dana masyarakat dan dikelola oleh manajer investasi ke dalam instrumen investasi seperti deposito, saham, dan obligasi.

Reksa dana adalah alternatif investasi yang baik bagi masyarakat pemodal. Selain itu, reksa dana juga dapat dijadikan pilihan utama untuk mempersiapkan dana pensiun untuk dinikmati di masa depan.

Selamat berinvestasi.

Author

Write A Comment

10 + 19 =