Apa itu dana darurat – Memiliki dana untuk kebutuhan darurat merupakan suatu hal yang penting dan harus untuk Anda miliki. Pentingnya mempersiapkan dana darurat tentu saja untuk membantu Anda menghadapi hal – hal yang tidak terduga di masa mendatang.

Alasannya cuman satu … kita tidak bisa memprediksi di masa depan dan banyak kemungkinan yang bisa terjadi. Untuk itu, dengan memiliki mengalokasikan secara khusus untuk kebutuhan darurat akan menolong anda untuk mempersiapkan kebutuhan tersebut. Kali ini, saya akan mengulasi mengenai apa itu dana darurat agar anda lebih bisa untuk memahaminya.

Manfaat Dana Darurat

Dana darurat merupakan langkah penting untuk mulai merencanakan keuangan Anda. Dana ini berperan sebagai bumper dan pengaman agar apapun musibah yang menimpa, kapanpun musibah terjadi, dan berapapun biaya yang dibutuhkan … dapat Anda selesaikan tanpa menambah masalah seperti berhutang.

Berikut adalah manfaat ketika kita berhasil memenuhi kebutuhan dana darurat:

  1. Memperbaiki rumah karena memerlukan dana yang cukup besar.
  2. Membayar biaya berobat ketika sakit. Saya yakin tidak semua dari Anda yang memiliki program asuransi bukan? Nah, kalau jumlahnya cukup besar, Anda dapat menggunakan dana darurat tersebut.
  3. Pernikahan kerabat. Sebagai salah satu warga ibu kota, saya sudah terbiasa untuk mendapatkan undangan hampir setiap minggu. Walaupun nominalnya kecil, dana darurat dapat kita gunakan sebagai sumber dana untuk menyumbang.

Karakteristik Dana Darurat

Di dalam dunia financial planning, baik individu atau keluarga perlu dan wajib untuk memiliki dana darurat. Hal ini dikarenakan dana tersebut dapat digunakan untuk keadaan-keadaan darurat atau genting yang bisa terjadi kapanpun dan dalam waktu yang tidak terduga. Dana ini sendiri dapat dikatakan memiliki fungsi sebagai dana utama yang dapat digunakan untuk membayar kebutuhan di awal apabila anda mengalami kejadian mendadak.

Apa itu dana darurat? Dana darurat atau emergency fund memiliki beberapa karakteristik yang perlu anda tahu, yaitu :

  1. Likuid: Dana darurat haruslah dapat Anda akses di dalam waktu dan tempo yang sesingkat – singkatnya. Walaupun begitu, dana darurat tidak harus berbentuk uang tunai atau tabungan. Anda dapat menyimpan dana darurat dalam instrument investasi lain seperti emas karena cepat untuk dijual kembali apabila dibutuhkan. Apapun pilih instrument investasi dana darurat Anda, pastikan dapat dicairkan dalam bentuk tunai maksimal 1 hari!
  2. Tidak Volatil: Perlu diingat bahwa dana darurat harus bisa diakses kapanpun Anda butuhkan. Oleh karena itu Anda perlu mempertimbangkan perubahan harga yang disebabkan oleh fluktuasi pasar. Jangan sampai menyimpan dana darurat di dalam instrument yang pergerakan nilainya terlalu liar seperti saham, option, ataupun forex. Jangan sampai begitu Anda butuhkan, nilainya sedang bergerak turun sehingga melipatgandakan kerugian Anda! Pilihlah instrument yang aman seperti tabungan, deposito, dan emas yang bisa dicairkan sewaktu – waktu tanpa kehilangan nilai.

Menyiapkan Dana Darurat

cara mempersiapkan dana darurat

Menentukan Jumlah Dana Darurat

Banyak perencana keuangan independen di Indonesia yang memberikan rekomendasi bahwa dana darurat merupakan tujuan dan rencana keuangan yang harus disiapkan sejak awal. Besaran dana darurat yang dianjurkan adalah 3 – 12 bulan dari pengeluaran kita. Walaupun ada juga beberapa perencana keuangan yang merekomendasikan 3 – 6 kali pendapatan bulanan kita.

Saya merekomendasikan untuk Anda yang single untuk menyiapkan dana darurat sebesar 3 – 6 kali pengeluaran bulanan Anda. Namun, Anda yang sudah berkeluarga perlu mempersiapkan 6 – 12 kali pengeluaran bulanan Anda. Seseorang yang sudah berkeluarga memerlukan persiapan yang lebih matang karena ada beberapa jiwa yang menggantungkan hidup kepadanya.

Hal ini dikarenakan dalam keadaan darurat, setidaknya anda masih memiliki dana  yang dapat digunakan untuk menopang kehidupan anda selama periode waktu tersebut. Sehingga dana yang anda simpan tersebut dapat membantu anda untuk meringankan beban finansial yang anda hadapi tersebut. Tentu saja dana yang anda simpan selama ini dapat berguna sebagai penolong dan mengatasi masalah finansial ketika anda mengalami kejadian yang tak terduga.

Mempersiapkan Dana Darurat

Hal yang perlu anda lakukan untuk menyiapkan dana untuk kebutuhan darurat adalah mulai dengan membuat tabungan untuk keuangan darurat yang terpisah dengan tabungan untuk sehari-hari. Hal ini dikarenakan dengan memiliki tabungan yang berbeda dengan tabungan yang khusus akan dapat membuat persiapan anda menjadi lebih matang. Nantinya anda akan lebih dapat untuk menarik dana tersebut dengan lebih aman ketika terdapat hal yang mendesak.

Selain itu, anda juga perlu untuk menetapkan tujuan tentang apa itu dana darurat anda. Untuk itu, tentu saja anda harus memiliki tujuan yang jelas tentang dana untuk kebutuhan darurat anda tersebut. Sehingga nantinya anda dapat menentukan dana tersebut untuk jangka panjang atau jangka yang pendek. Hal ini perlu dilakukan agar dana yang anda butuhkan tersebut dapat dimanfaatkan dan digunakan dengan tepat.

Anda pun juga perlu untuk menghindari berbelanja dengan uang kecil. Hal ini dikarenakan akan dapat membuat anda semakin sering membelanjakan sesuatu dikarenakan kebutuhan yang kecil tersebut. Untuk itu, anda sebaiknya menhindari penggunaan uang kecil yang biasanya didapat dari uang kembalian. Sebaiknya anda bisa menabung sedikit demi sedikit uang tersebut karena dapat berfungsi sebagai dana tambahan untuk kebutuhan darurat anda.

Pantau Perkembangan Dana Darurat Anda

Untuk menyiapkan dana tersebut, anda juga perlu untuk rajin melakukan follow up terhadap dana yang anda simpan untuk kebutuhan darurat tersebut. Untuk itu, anda tidak perlu terlalu berbahagia terlebih dahulu apabila anda bisa mencapai target untuk keuangan darurat yang anda inginkan tersebut. Sebaliknya anda perlu melakukan evaluasi sehingga anda akan mengetahui seberapa banyak dana yang harus anda sisihkan sebagai dana untuk pengeluaran mendadak.

Dengan memiliki simpanan dana untuk keperluan darurat, maka hal ini nantinya akan membuat anda mampu untuk mempunyai dana yang dapat digunakan untuk memenuhi kebutuhan anda yang mendesak. Hal tersebut merupakan sedikit penjelasan tentang apa itu dana darurat dan bagaimana cara yang tepat untuk menyiapknnya.

Untuk itu, anda memang diharuskan untuk memiliki dana simpanan yang berguna untuk kebutuhan yang tidak terduga nantinya. Oleh sebab itu, anda pun nantinya juga akan dimudahkan ketika mengalami hal yang buruk dan membutuhkan uang yang cukup banyak. Hal ini tentu saja akan membantu anda dalam mengatasi masalah, terutama keuangan jika anda telah memiliki keuangan darurat tersebut.

Baca juga : Yuk Intip 5 Tips Mengelola Dana Darurat

Mengutip kata kata bijak kehidupan, “sedia payung sebelum hujan”. Jangan sampai kita basah kuyup hanya karena kurangnya persiapan. Akhir kata, saya berdoa untuk kalian semua selalu dalam perlindungan Tuhan dan dijauhkan dari musibah. Sebaliknya biarlah berkat berlimpah – limpah dari Tuhan turun untuk kita. Amin!

Author Andre Elausta

Write A Comment