Search for:

Cara menyimpan dana darurat – Dana darurat merupakan salah satu bentuk keuangan yang ditujukan untuk membantu anda dalam mempersiapkan kebutuhan terkait masalah keuangan yang datang secara tiba-tiba. Dana untuk kebutuhan darurat ini tentu saja penting dimiliki oleh setiap orang, karena anda pun tidak akan tahu hal apa yang nantinya akan terjadi dalma hidup anda. Untuk itu, kali ini akan diulas tentang bagaimana cara menyimpan dana darurat yang tepat untuk anda. Berikut simak ulasannya.

Baca juga : Apa itu dana darurat? 

Cara Menyimpan Dana Darurat

Simpan di Deposito

Dana untuk kebutuhan darurat memang sangat penting untuk dimiliki. Untuk itu, anda pun perlu dan membutuhkan alokasi dana agar mampu untuk menghadapai situasi yang mendesak dan tiba-tiba saja terjadi di kehidupan anda. Salah satu cara yang bisa anda lakukan untuk menyimpan dana tersebut adalah melalui deposito. Bagi anda yang memiliki keinginan untuk mempunyai dana yang ingin anda simpan dan digunakan sewaktu-waktu, deposito adalah salah satu caranya.

Cara menyimpan dana darurat ini sedikit berbeda dengan anda menyimpan uang di Bank atau ATM pada umumnya. Perbedaannya deposito adalah metode yang bisa anda lakukan agar uang anda tidak bisa diambil secara terus-menerus. Hal ini dikarenakan di dalam deposito memiliki jangka waktu yang tertentu untuk mengambilnya yakni bisa mulai dari 1 bulan hingga 24 bulan.

Akan tetapi kelebihan dari menggunakan deposito ini, bank biasanya akan menawarkan bunga sekitar 5 % setiap tahunnya yakni tergantung dari bank dimana anda menabungnya, sehingga anda pun bisa sekalian untuk berinvestasi. Untuk anda yang ingin menyimpan melalui deposito maka anda pun bisa menyimpannya dengan jangka waktu yang pendek saja yakni sekitar 3 bulan.

Hal ini dikarenakan, jika terdapat kejadian mendadak anda pun bisa memiliki waktu yang   lebih cepat untuk mencairkannya. Cara menyimpan dana darurat dengan cara deposito pun tentu saja akan memiliki kekurangan. Salah satunya adalah jika anda mengambil dana sebelum pencairan jatuh tempo atau sebelum jangka waktu yang telah disepakati bersama, maka anda akan terkena penalti atau denda. Sehingga lebih baik anda memilih jangka waktu yang sedikit saja.

Taruh di Tabungan

Selain itu, cara yang bisa anda lakukan untuk menyiapkan dan menyimpan dana untuk kebutuhan darurat adalah dengan menabung. Tabungan merupakan salah satu alternatif bagi anda dan paling umum digunakan untuk menyimpan dana untuk alokasi kebutuhan darurat anda. Hal ini dikarenakan melalui tabungan, maka dana tersebut juga menjadai lebih aman dan mudah untuk dambil jika sewaktu-waktu anda membutuhkannya.

Selain itu, dengan beragam kemudahan yang ditimbulkan dengan memiliki tabungan, anda pun bisa mengambilnya dengan cara yang cepat. Apalagi di jaman sekarang anda dapat mengambil dana tabungan tersebut tak hanya melalui ATM melainkan juga bisa melalui mobile banking atau internet banking. Untuk itu, anda pun bisa menyisihkan dana untuk kebutuhan darurat anda melalui cara tersebut.

Cara menyimpan dana darurat ini bisa dilakukan dengan cara menyisakan sedikit atau beberapa persen dari penghasilan anda untuk keperluan darurat tersebut. Untuk itu, cara ini pun terbilang cukup mudah untuk anda lakukan, akan tetapi anda perlu mengingat bahwa anda harus tetap menyisakan uang untuk keperluan darurat tersebut secara teratur.

Belikan Emas

Dapat dikatakan jika menyimpan dana untuk kebutuhan darurat melalui emas adalah cara aman dan menguntungkan yang dapat untuk lakukan. Hal ini dikarenakan dengan menggunakan emas, akan membuat anda mampu untuk menahan dan tidak membelanjakan uang untuk kepentingan darurat tersebut. Hal ini disebabkan ketika anda telah mengubah uang anda dalam bentuk emas, anda pun akan sedikit malas untuk menukarkannya jika tidak kepepet.

Untuk itu, bagi anda yang ingin menyimpan dana untuk keperluan darurat, maka anda pun bisa menggunakan cara satu ini. Selain itu, dengan menyimpan uang anda melalui emas maka anda pun dapat memeperoleh jumlah uang yang lebih tinggi nantinya, dikarenakan setiap tahunnya emas juga akan memiliki nilai yang berbeda. Sehingga secara tidak langsung, anda pun juga bisa melakukan investasi.

Cara menyimpan dana darurat dengan metode ini tentu saja akan sangat menguntungkan untuk anda. Pasalnya jika anda sedang membutuhkan uang, anda hanya perlu untuk menukarkan dan menjualnya melalui toko emas. Atau anda pun juga bisa dengan menggadaikannya melalui Pegadaian, agar nantinya uang anda bisa cepat cair.

Melalui cara tersebut, menyimpan dana untuk keperluan darurat akan menjadi lebih mudah. Anda bisa menyimpan dana tersebut sesuai dengan tempat yang anda inginkan. Hal ini tentu saja akan membuat anda mampu untuk memiliki dana darurat yang berfungsi dan dapat digunakan jika sewaktu-waktu and mengalami kejadian yang tidak diinginkan. Melalui dana tersebut, maka  anda pun masih memiliki dana yang bisa digunakan jika terjadi hal yang tidak diinginkan.

Mengutip kata kata bijak kehidupan, “sedia payung sebelum hujan”. Jangan sampai kita basah kuyup hanya karena kurangnya persiapan. Akhir kata, saya berdoa untuk kalian semua selalu dalam perlindungan Tuhan dan dijauhkan dari musibah. Sebaliknya biarlah berkat berlimpah – limpah dari Tuhan turun untuk kita. Amin!

Author

Write A Comment

7 + six =

Pin It