Tips meyakinkan investor – Hari ini sudah banyak pelaku bisnis startup yang sukses mencari sumber dana dari investor-investor besar dan ternama. Itu bukan hal mudah untuk meyakinkan mereka berinvestasi di perusahaan bisnis startup. Pasalnya ada banyak hal atau pertimbangan yang akan dilihat oleh investor kedepannya.

Disini mereka juga tidak ingin rugi dan salah dalam menempatkan investasi besarnya. Untuk itu, banyak orang yang masih gagal dalam meyakinkan investor untuk minat dengan bisnis startup. Jangan mudah putus asa dalam mencari sumber dana dari para investor besar disini. Karena segala upaya yang telah Anda lakukan selama ini pasti akan dapat berbuah manis.

Tetapi perlu diingat, bahwa ada hal-hal yang menjadikan para investor lebih mudah tertarik dengan bisnis startup Anda. Dimana Anda dapat menunjukkan visi dan misi maupun lainnya dari perusahaan bisnis startup yang sedang Anda jalankan sekarang.

Dengan begitu, para investor dapat mempertimbangkan secara matang-matang, apakah bisnis startup layak untuk mendapatkan investasi dana dari mereka atau tidak. Setidaknya Anda disini, dapat memberikan gambaran besar bahwa perusahaan bisnis startup akan sukses dimasa depan dan itu sangat berbeda dari yang lain.

Jangan pernah membuat sebuah bisnis startup yang mirip atau sama dengan lainnya. Cobalah buat inovasi baru dalam mengembangkan bisnis startup, sehingga para investor dapat melirik dan mempertimbangkannya. Berikut ini ada beberap tips menyakinkan investor untuk minat dengan bisnis startup Anda.

Tips meyakinkan investor

1. Jelaskan konsep bisnis startup Anda

Tentunya investor ingin memberikan modal dengan perusahaan bisnis startup degan tepat. Para investor selalu mengembangkan prinsip dan strategi matang, serta tujuan yang dapat dicapai. Karena itu, Anda harus menunjukkan kedewasaan itu dengan menghadirkan konsep.

Dengan Anda dapat menjelaskan konsep bisnis startup tersebut, seorang investor dapat mengevaluasi kemampuan Anda untuk beradaptasi dengan situasi apa pun. Tidak ada yang mau berinvestasi di perusahaan yang sudah terhenti.

Usahakan tidak hanya memberikan ide dari waktu ke waktu yang terbilang sudah cukup umum. Ini hanya bisa menakuti investor sehingga tidak mau menginvestasikan uang mereka dalam bisnis startup Anda. Terlebih ketika nilai investasinya cukup banyak dan tinggi. Selain itu, konsep ini umumnya tidak masuk akal bagi investor, karena sebenarnya siapa pun menawarkan hal sama.

2. Jelaskan visi dan misi bisnis startup Anda

Selain menjelaskan konsep perusahaan bisnis startup, setiap investor akan mengajukan pertanyaan. Seperti visi dan misi bisnis startup Anda. Dari sana, calon investor akan menemukan jalur dan tujuan perusahaan bisnis startup Anda dan strategi yang akan diambil untuk mencapainya.

Jadi perhatikan dengan baik dalam menetapkan visi dan misi bisnis startup Anda. Cobalah untuk seakurat mungkin. Jangan biarkan visi dan misi bisnis startup Anda terkesan kurang menarik perhatian. Karena bagaimanapun, itu akan membuat investor tidak ingin menginvestasikan modalnya ke bisnis startup Anda.

3. Perlihatkan dana bisnis startup Anda setabil

Jangan pernah berpikir bahwa investor adalah pemegang utama modal bisnis startup Anda. Mereka hanya akan membantu dan bukan yang akan menjalankannya. Jadi akan salah jika investor yang berinvestasi melihat arus kas bisnis startup Anda tidak stabil.

Lebih baik, Anda segera memperbaiki posisi keuangan perusahaan bisnis startup terlebih dahulu dan kemudian baru mencari investor besar. Perlu Anda tahu, bahwa setiap investor tidak ingin menginvestasikan uang dalam jumlah sekecil apa pun jika perusahaan yang akan mereka tanamkan investasinya telah mengalami krisis keuangan atau hampir bangkrut.

Untuk itu, pastikan dengan baik bahwa keuangan bisnis startup Anda selalu konsisten sehingga dapat lebih prospek untuk meyakinkan investor.

4. Identifikasi kebutuhan bisnis

Menjadi pemilik bisnis startup, maka Anda wajib memahami apa yang menjadi kebutuhan bisnis tersebut. Dengan cara ini, maka Anda bisa melihat nilai investasi yang dibutuhkan untuk bisnis startup Anda? Analisis peran apa yang akan dimainkan oleh investor, penasihat, atau mitra potensial dalam mengembangkan bisnis startup.

Namun sangat disayangkan, hingga hari ini masih banyak perusahaan bisnis startup yang salah dalam menempatkan kebutuhan mereka. Mereka semua rata-rata memiliki ambisi besar, jadi hanya menginginkan apa yang ingin mereka dapatkan.

5. Kesederhanaan dalam membangun bisnis adalah kunci untuk menarik investor

Jangan pernah lupa bahwa seorang investor mungkin dapat membaca dan melihat perkembangan bisnis startup Anda dalam membangun bisnis yang baik atau tidak. Buat mereka bersemangat dan percaya diri tentang rencana bisnis startup di masa depan.

Jika Anda dapat melakukannya, maka kami yakin Anda akan dapat dengan mudah meyakinkan banyak investor untuk bergabung dan menjalankan bisnis startup Anda. Jadi jangan pernah membuat sebuah kesalahan sekecil apa pun ketika ingin meyakinkan para investor untuk kemajuan bisnis startup Anda.

Write A Comment

4 × three =

Pin It