Search for:

Biaya admin masih menjadi momok tersendiri ketika akan melakukan transfer antar bank. Jumlah biaya transfer ini memang hanya Rp6.500, tetapi jika setiap kali transfer harus membayar biaya tersebut, tentu akan sangat memberatkan. Misalnya, transfer 20 kali per bulan, maka harus bayar biaya admin sebesar Rp130.000. Namun, sekarang terdapat aplikasi Flip yang akan membuat biaya transfer antar bank menjadi lebih hemat!
Untuk itu bagi Anda yang penasaran dengan aplikasi ini, kami telah menyiapkan review Flip secara lengkap dari fitur, cara daftar, hingga, kekurangan dan kelebihannya. Jadi, jangan beranjak dahulu dan simak ulasannya hingga selesai!

Apa itu Aplikasi Flip?

Tak kenal maka tak sayang, sehingga kita perlu mengenal aplikasi ini. Flip merupakan salah satu aplikasi yang menyediakan layanan transfer antar bank secara gratis, baik di dalam negeri ataupun ke luar negeri. Flip diciptakan oleh 3 pemuda Indonesia yakni Ginanjar Ibnu, Luqman Sungkar dan Rafi Putra Arriyan.

Flip berada di bawah naungan dari PT Fliptech Lentera Inspirasi Pertiwi. PT ini didirikan tahun 2015 dan terus mengembangkan aplikasi serta layanannya sampai saat ini. Sekarang ini, Flip adalah aplikasi transfer tanpa biaya admin yang terpopuler serta sudah diunduh hingga 10 juta kali.

Selama jumlah transfer masih berada di bawah Rp5 juta per hari, Anda tidak akan dipungut biaya, namun jika sudah lebih dari nominal tersebut, Anda akan dikenai biaya Rp2500 hingga Rp3500 untuk proses transfer sampai Rp50 juta. Sangat menarik, bukan?

Apakah Aplikasi Flip Legal?

Ketika ingin menggunakan Flip, mungin salah satu hal yang Anda tanyakan adalah apakah Flip aman digunakan atau merupakan aplikasi yang legal.

Untuk masalah legalitas, sepertinya Anda tidak perlu cemas karena Flip adalah aplikasi keuangan legal serta terdaftar resmi di Bank Indonesia bernomor izin 18/196/DKSP/68.
Jadi, bagi Anda yang masih was-was untuk mencoba aplikasi ini, rasanya Anda kini dapat bertransaksi menggunakan Flip tanpa rasa khawatir mengenai legalitasnya.

Cara Kerja Aplikasi Flip

Ketika membahas mengenai review Flip, kurang lengkap rasanya jika tidak membahas mengenai cara kerjanya. Flip memiliki cara kerja yang sederhana, Flip memiliki fungsi sebagai perantara transaksi dari satu bank ke bank lain.
Nantinya transaksi dari rekening pengguna tidak akan langsung diarahkan ke rekening tujuan, tetapi akan melalui rekening Flip terlebih dulu, dan akan diteruskan ke rekening tujuan.

cara kerja aplikasi flip

Kelebihan Aplikasi Flip

Sebagai salah satu aplikasi unggulan, tentu sejumlah kelebihan dimiliki Flip. Berikut sejumlah kelebihan yang dimiliki Flip, antara lain:

1. Biaya transfer antar bank tidak dipungut biaya

Gratisnya biaya transfer yang dimiliki bukan hanya menjadi fitur, namun juga keunggulan utama yang ditawarkan Flip untuk penggunanya. Anda dapat mengirim dana tanpa biaya admin serta menghemat hingga Rp6500 setiap transaksi yang biasanya dibebankan bank.

2. Bukti transaksi dikirim dari email serta aplikasi

Sesudah melakukan transfer dana, bukti transfer akan dikirim melalui email yang sudah terdaftar di akun Flip. Bukan hanya itu, Anda juga dapat mengunduh bukti transfer ini dari aplikasi.

3. Memiliki tingkat keamanan ganda

Flip berani menjamin enkripsi informasi yang sensitif, sehingga Anda tidak perlu cemas jika data-data keuangan yang Anda miliki akan bocor.

4. Adanya penawaran saldo gratis dari referral

Bila Anda memasang Flip dari link khusus yang diberikan kolega, Anda nantinya akan memperoleh saldo cuma-Cuma Rp20 ribu, pada transaksi Rp100 ribu pertama.

5. Rekening tujuan tidak perlu memiliki Flip

Flip merupakan aplikasi keuangan yang terhubung dengan bank besar, sehingga Anda tidak perlu cemas, bila rekening tujuan transfer tidak menggunakan aplikasi Flip, hal ini tidak menjadi masalah. Transaksi transfer tetap dapat dilakukan.

6. Bekerja sama dengan bank dan e-wallet

Flip menggandeng ratusan bank besar yang berada di Indonesia sehingga nasabahnya akan semakin mudah melakukan transaksi tanpa cemas dengan biaya admin.

Bukan hanya itu, sekarang ini Flip juga sudah bekerjasama dengan berbagai e-wallet, seperti OVO, Gopay atau DANA, sehingga Anda dapat mengisi e-wallet tanpa biaya admin.

Kekurangan Flip

Meskipun Flip memiliki sejumlah kelebihan, tetapi terdapat beberapa kekurangan yang dimiliki Flip, seperti:

1. Proses verifikasi rumit

Verifikasi aplikasi biasanya hanya menggunakan swafoto, swafoto dengan memegang KTP serta foto KTP. Sayangnya, terkadang proses verifikasi yang dimiliki Flip sangat rawan gagal karena sensitifitas yang dimilikinya ketika mendeteksi wajah atau foto identitas.

Terutama bila kamera yang dipergunakan tidak jernih, ada guncangan, ruangan terlalu gelap dan lainnya. Tidak sedikit pengguna Flip yang mengeluhkan hal tersebut.

2. Proses transfer lebih lambat

Pada laman resmi aplikasi Flip, proses transfer membutuhkan waktu normal selama 20 menit. Hal tersebut disebabkan karena Flip mempergunakan jaringan perbankan yang umumnya di jam-jam tertentu ramai transaksi.

20 menit tersebut bukan menjadi patokan baku, dapat lebih cepat dan lebih lambat bergantung dari jaringan milik perbankan. Sehingga, bisa saja transaksi membutuhkan waktu hingga 40 menit.

Namun, pengalaman saya saat menggunakan Flip menunjukkan bahwa mayoritas transaksi transfer berhasil dalam waktu kurang dari 1 menit. 

3. Layanan bantuan hanya di jam kerja

Anda dapat menghubungi customer service Flip menggunakan aplikasi dan mendapatkan respon yang cepat selama jam operasional. Adapun jam operasional layanan bantuan Flip dari jam 7 pagi hingga jam 8 malam. Sehingga pengguna tidak dapat menghubungi layanan bantuan selama 24 jam. 

Cara Daftar Aplikasi Flip

Untuk mendaftar aplikasi Flip, berikut langkah yang dapat Anda ikuti:

1. Unduh Flip dari App Store atau Playstore, kemudian pasang di smartphone

2. Buka aplikasi yang sudah diinstal dan pilih buat akun

3. Isi semua data diri seperti nama, alamat email kemudian nomor ponsel

4. Nantinya Anda akan menerima kode verifikasi dan dikirim ke nomor ponsel, masukkan kode tersebut di aplikasi Flip

5. Agar bisa dengan bebas menggunakan fitur Flip, Anda harus melakukan verifikasi diri dan unggah swafoto, swafoto sambil memegang KTP serta foto KTP

6. Bila sudah selesai, Flip yang Anda miliki dapat digunakan untuk transfer gratis.

Cara Transfer Menggunakan Aplikasi Flip

Untuk melakukan transfer dengan menggunakan Flip begitu mudah. Berikut langkah-langkah yang dapat Anda lakukan, antara lain:
1. Buka aplikasi Flip kemudian pilih menu transfer yang muncul di bagian bawah aplikasi
2. Pilih menu rekening bank, dan klik tujuan baru
3. Pilih bank tujuan yang nantinya akan Anda jadikan sebagai tujuan transfer, contohnya BCA
4. Masukkan nomor rekening yang menjadi tujuan
5. Klik cek rekening, nantinya Flip akan mendeteksi nama pemilik rekening secara otomatis
6. Masukkan nominal yang ingin Anda transfer, Anda dapat menambahkan catatan
7. Nantinya akan muncul ringkasan transfer yang dilakukan, bila sudah benar, Anda bisa klik lanjutkan
8. Pilih rekening sesuai dengan rekening Anda
9. Nantinya Flip akan memberi nomor rekening atas nama perusahaan Flip
10. Pastikan mentransfer di nomor rekening tersebut sesuai dengan jumlah tertera 1X24 jam, bila lebih dari 24 jam, transaksi yang Anda lakukan akan batal
11. Bila sudah selesai transfer, jangan lupa klik konfirmasi transfer.
Perlu diketahui, ketika mentransfer uang di rekening Flip, pastikan sesuai dengan 3 digit angka unik yang berada di belakang nominal. Angka tersebut akan membedakan transaksi yang Anda miliki dengan transaksi yang dimiliki orang lain.

Penutup

Selain mengirim uang, Flip juga menyediakan pilihan isi pulsa, token listrik, paket data dan lainnya. Dengan sejumlah kelebihan yang dimiliki, Flip bisa menjadi salah satu aplikasi transfer terbaik bagi Anda yang sering melakukan transaksi. Demikian informasi mengenai review Flip yang dapat kami hadirkan untuk Anda, semoga bermanfaat!

Author

Write A Comment

twelve − 9 =

Pin It