Search for:

Seorang pelajar memang belum memiliki tugas untuk bekerja. Sebagai seorang pelajar, tugas dan tanggung jawabnya hanyalah untuk menyelesaikan pendidikan. Namun, saat ini tidak sedikit pelajar yang mencari peluang bisnis agar bisa mendapatkan penghasilan kecil-kecilan. Jika para pelajar mendapatkan uang dari orangtua, dengan mencari peluang bisnis, Anda bisa mendapatkan uang tambahan untuk jajan dan memenuhi kebutuhan.

Peluang bisnis terbuka lebar bagi siapapun. Walaupun Anda masih menjadi seorang pelajar atau mahasiswa, Anda tetap bisa mencoba untuk berbisnis. Tak ada salahnya mencoba untuk terjun langsung ke dunia bisnis untuk bisa mendapatkan uang tambahan. Berikut beberapa peluang bisnis yang bisa Anda coba lakukan.

Peluang Bisnis Untuk Pelajar

peluapeluang bisnis untuk pelajarng bisnis untuk pelajar 01

1. Membuat Blog

Sudah bukan hal baru jika dengan membuat blog seseorang bisa mendapatkan uang. Tidak ada aturan atau syarat tertentu untuk membuat sebuah blog, jadi, jika Anda masih menjadi seorang pelajar, membuat blog bisa menjadi pilihan. Anda juga bisa memulai dengan topik-topik ringan sesuai dengan apa yang Anda sukai. Misalnya, Anda gemar menonton film dan serial, Anda bisa menuliskan review film dan serial tersebut di blog Anda.

Penghasilan para blogger (penulis blog), biasanya didapatkan dari adsense atau iklan. Semakin banyak blog Anda dibaca orang lain, semakin banyak juga pendapatan Anda. Cara lainnya untuk mendapat uang dari blog adalah dengan bergabung dengan afiliasi. Sebuah brand akan membayar Anda dengan menayangkan iklan pada laman blog Anda.

2. Membuat Vlog

Vlog atau video blogging, sebenarnya hampir sama dengan blogging, namun perbedaan terletak pada media yang digunakan. Vlog saat ini banyak digemari, karena semakin banyak juga penggemar vlog. Vlog biasanya diunggah di YouTube dan biasanya videonya berupa rekaman kegiatan sehari-hari. Siapapun bisa membuat vlog, dengan bermodalkan kamera dan keahlian edit video.

Sama seperti blog, penghasilan para vlogger didapat dari iklan atau adsense. Jika Anda menggunakan YouTube sebagai media untuk mengunggah video, maka adsense dari YouTube yang akan memberikan Anda penghasilan. Membuat vlog sepertinya sudah menjadi hal yang biasa dikalangan para pelajar atau mahasiswa karena ide-ide kreatif yang dimiliki menarik para penonton untuk menonton vlog yang dibuat.

Semakin menarik vlog yang Anda buat, maka konten Anda akan semakin terkenal dan bisa mendapatkan iklan yang lebih banyak yang berdampak pada pendapatan Anda.

3. Dropshipper dan Reseller

Pekerjaan menjadi dropshipper dan reseller semakin digemari seiring dengan meningkatnya bisnis online shop. Pekerjaan ini cocok bagi para pelajar karena pekerjaan yang dilakukan tidak sesulit menjalankan online shop secara langsung. Jika Anda menjadi seorang dropshipper, Anda hanya perlu mencari konsumen dan langsung mengirimkan barang yang dipesan dari online shop yang barangnya Anda jual, Anda juga bisa menggunakan nama toko Anda sendiri. Berbeda dengan reseller, yang di mana Anda menjual kembali produk dari toko yang Anda akan jual barangnya.

Bermodalkan smartphone, Anda bisa mendapatkan penghasilan yang cukup banyak. Barang apapun bisa dijual dengan cara dropship ataupun menjual kembali. Menjadi dropshipper atau reseller menjadi pekerjaan yang cukup menjanjikan bagi pelajar karena tidak membutuhkan modal besar dan tidak membutuhkan waktu yang lama dalam bekerja namun bisa memberikan penghasilan yang lumayan bagi seorang pelajar.

Selama keberadaan online shop ada, maka pekerjaan sebagai dropshipper dan reseller tentu akan selalu ada. Menjadi dropshipper dan reseller bisa melatih Anda berbisnis sebelum nanti Anda bisa memiliki bisnis yang produksinya Anda lakukan sendiri.

4. Translator

Kemudahan akses internet menghilangkan batasan-batasan bagi seseorang untuk mempelajari bahasa dari berbagai negara. Sebagai pelajar atau mahasiswa mungkin Anda sudah menguasai beberapa bahasa asing. Jika Anda memiliki keahlian tersebut, Anda bisa menjadi translator bagi orang-orang yang membutuhkan jasa Anda. Apalagi saat ini bahasa asing sudah mendunia, dengan begitu kesempatan Anda juga semakin besar untuk bisa bekerja sebagai seorang translator.

Anda bisa mencoba bergabung dengan berbagai situs atau aplikasi yang bisa menjembatani kemampuan Anda dengan para pencari translator. Banyaknya kebutuhan penerjemahan pada bahasa tertentu, membuka peluang besar pada siapapun yang ahli menerjemahkan sebuah bahasa. Walaupun Anda masih menjadi pelajar, pekerjaan translator ini tetap bisa Anda lakukan asalkan memiliki kemampuan yang sesuai.

5. Bergabung dengan Event Organizer

Pekerjaan lain yang digemari oleh para pelajar adalah bekerja pada sebuah event organizer. Banyak pelajar yang bekerja sebagai event organizer karena waktu yang fleksibel, karena biasanya acara dilaksanakan pada weekend. Biasanya bekerja sebagai event organizer tidak dibatasi usia tertentu, sehingga para pelajar bisa bekerja pada bidang ini. Menjadi orang yang mengurus sebuah event organizer juga bisa memperluas pertemanan dan kerjasama dalam tim.

Pendapatan bekerja mengurus event organizer bisa dibilang lebih dari cukup untuk seorang pelajar, apalagi jika dalam satu hari ada banyak acara yang diurus. Jika Anda seorang pelajar dan ingin melakukan pekerjaan yang waktunya fleksibel namun mendapatkan penghasilan yang cukup untuk menambah pendapatan, Anda bisa bergabung dengan event organizer.

6. Fotografer

Selanjutnya, pekerjaan fotografer bisa juga dilakukan para pelajar yang masih bersekolah. Mungkin dulu pekerjaan fotografer hanya bisa dilakukan oleh seseorang yang memiliki kamera profesional dengan harga mahal. Namun, saat ini dengan kamera ponsel Anda bisa mendapatkan foto yang tidak kalah bagus dengan kamera profesional. Mendalami dunia fotografer tentu bisa memberikan Anda peluang bisnis di masa depan yang bisa menjanjikan untuk dijadikan profesi.

Jasa fotografer banyak diminati untuk mengabadikan momen-momen seseorang. Misalnya, menjadi fotografer di pernikahan atau foto pra wedding, bisa juga menjadi fotografer produk untuk iklan di sosial media, dan juga menjadi fotografer pada kegiatan-kegiatan penting lainnya. Walaupun Anda masih menjadi seorang pelajar, jika Anda punya kemampuan fotografi yang bagus, Anda bisa mencoba pekerjaan menjadi fotografer profesional.

7. Gamers

Beragamnya pekerjaan yang ada saat ini membuat apa yang dulu tidak mungkin dijadikan pekerjaan, saat ini bisa menjadi pekerjaan. Salah satu contohnya adalah mendapat penghasilan karena bekerja sebagai pemain game online. Khususnya anak remaja atau anak muda pasti senang jika bermain game, apalagi bisa mendapatkan uang dari bermain game.

Bermain game bisa mendapat penghasilan apabila Anda mengikuti turnamen game online yang bisa mendapat penghasilan yang tidak sedikit. Banyak juga platform yang saat ini menyelenggarakan turnamen bermain game yang pesertanya global. Jadi, bermain game tidak hanya sekadar bermain, namun juga bisa memberikan uang jika serius menekuninya. Waktu yang Anda habiskan untuk bermain game bisa bermanfaat bahkan bisa memberikan uang.

Kesimpulan

Menjadi seorang pelajar bukan berarti tidak bisa mendapatkan penghasilan. Beberapa peluang bisnis di atas bisa Anda pilih. Jangan membatasi diri Anda untuk melakukan pekerjaan walaupun Anda masih berstatus sebagai seorang pelajar.

Author

Write A Comment

18 + twenty =

Pin It