Search for:

Belanja dengan cara yang cerdas akan membutuhkan perencanaan, pengetahuan produk serta harganya, dan kesabaran. Sebenarnya, hal tersebut tidaklah sulit, jika Anda membiasakan diri untuk berkomitmen.

Setelahnya, Anda pun akan merasakan manfaatnya secara finansial. Karena, Anda sudah pasti menghemat banyak uang dan mulai menyadari barang-barang yang sebelumnya Anda beli secara impulsif ternyata sia-sia.

Berikut tujuh cara cerdas berbelanja untuk membantu menghemat uang yang dapat Anda aplikasikan dalam kehidupan sehari-hari:

Cara Cerdas Menghemat Uang

1. Buat dan Patuhi Daftar Belanja

Untuk meghemat uang dalam berbelanja, yang paling sederhana adalah buat dan patuhi daftar belanja Anda. Dalam membuat daftar belanja tersebut, tulis barang-barang yang memang Anda perlukan. Jangan pernah membeli apa pun yang tidak ada dalam daftar, apalagi yang tidak rutin Anda beli. Meski Anda mendapatkan penawaran harga yang bagus, tetapi ingatlah jika pembelian impulsif sering kali bukanlah hal yang tepat.

2. Tetapkan Anggaran

Berbelanjalah yang realistis untuk setiap barang yang Anda rencanakan untuk membeli, karenanya tetapkan anggaran yang pasti. Anggaran yang pasti itu berdasarkan pada kemampuan Anda serta prioritas dan nilai fungsional dari tiap barang.

Jika sebelumnya Anda belum pernah menetapkan anggaran, Anda tidak perlu khawatir karena penganggaran bukanlah suatu hal yang sulit untuk dilakukan. Anggap saja jika anggaran yang Anda tetapkan tersebut, benar-benar sejumlah uang yang Anda miliki dan dapat dibelanjakan untuk barang-barang prioritas saja.

3. Gunakan Uang Tunai

Sebuah studi menemukan fakta bahwa rata-rata orang menghabiskan uang mereka sekitar 50% lebih banyak ketika membayar dengan menggunakan kartu debit atau kartu kredit. Hal itu disebabkan oleh pikiran kita yang teralihkan dari cara pembayaran tersebut, yang tidak benar-benar menganggapnya sebagai uang  yang sebenarnya.

Oleh karenanya, cara lainnya untuk menggunakan uang lebih sedikit, yaitu dengan cara menggunakan uang tunai. Meski ketika berbelanja online, kita tetap harus menggunakan sistem pembayaran online pula, namun pastikan jika Anda membuat sebuah anggaran dengan jumlah yang dibatasi.

4. Selalu Bandingkan Harga

Saat berbelanja online mau pun offline, janganlah lupa untuk selalu membandingkan harga dari suatu produk yang sama. Kini, teknologi yang canggih dapat membuat kita melakukannya dengan cepat melalui online. Dengan selalu membandingkan harga, Anda akan mendapatkan harga terbaik dan tentu saja membuat Anda lebih hemat.

5. Lakukan Riset dan Baca Ulasan

Sebelum memutuskan untuk membeli sesuatu, pastikan agar Anda melakukan riset dan membaca ulasan terlebih dahulu. Waspadalah pada ulasan palsu dengan cara mengecek dan membandingkannya pada ulasan dari situs lainnya. Pastikan jika ulasan tersebut berasal dari pembeli yang terverifikasi.

6. Jangan Segan untuk Bertanya

Baik toko offline mau pun online, jangan pernah ragu untuk bertanya terutama ketika Anda tidak begitu yakin atau kurang paham dengan deskripsi produk yang dijabarkan. Selain itu, Anda juga bisa sekaligus bertanya mengenai promo dan kode voucher yang mungkin bisa Anda gunakan untuk mendapatkan harga yang lebih murah.

7. Gunakan Kupon dan Kode Promo

Kebanyakan orang kini berbelanja secara online. Maka, cara termudah dan cerdas untuk menghemat uang ketika berbelanja, yaitu dengan cara menggunakan kupon dan kode promo. Selain itu, Anda juga dapat memanfaatkan situs atau aplikasi penyedia cashback yang bekerja sama dengan situs mau pun aplikasi tempat Anda berbelanja.

Ada begitu banyak manfaat dengan menjadi pembeli yang bijak. Ketujuh tips di atas diharapkan dapat membantu Anda untuk membuat prioritas dalam berbelanja. Dengan begitu, Anda akan menghemat lebih banyak uang serta tidak perlu membeli barang-barang yang sebenarnya tidak Anda butuhkan.
Author

Write A Comment

four × 4 =

Pin It