Search for:

Mengenal Dana Pensiun

Mempersiapkan masa pensiun – masa pensiun merupakan sebuah masa yang pasti akan dialami oleh setiap kita yang bekerja di sebuah perusahaan. Seperti halnya makan ketika kita lapar, masa pensiun adalah hal yang normal dan tidak perlu kita takuti. Seperti halnya kita mempersiapkan makanan untuk keluarga sehingga dapat makan dengan enak, masa pensiun juga dapat dinikmati. Tentunya untuk menikmati hari tua, kita perlu mempersiapkan masa pensiun dengan baik.

Baca Juga : Pengertian dan Tujuan Dana Pensiun

Mempersiapkan masa pensiun sejak dini merupakan hal yang paling bijak dan cerdas untuk dapat kita lakukan saat ini. Alasannya adalah karena ketika kita muda, kita memiliki banyak waktu dan tenaga untuk mengerjakan banyak hal untuk menambah penghasilan, baik itu penghasilan aktif maupun penghasilan pasif (Baca mengenai penghasilan aktif dan penghasilan pasif di sini). Semakin cepat kita memulai langkah kita untuk mempersiapkan masa pensiun, maka akan semakin besar pula imbal hasil dari investasi dana pensiun tersebut. Siapa yang mau pensiun dalam kehidupan yang serba berkekurangan atau bergantung pada anak – cucu kita? Atau ada yang mau bekerja seumur hidup. Alangkah baiknya kalau kita bisa mandiri. Let the money works for us!

Dengan mempersiapkan masa pensiun kita sejak awal, kita dapat melakukan pensiun diri untuk mengerjakan hal – hal yang kita senangi, yang mungkin tidak dapat kita lakukan karena kesibukan pekerjaan saat ini. Mungkin menurut kamu hanya karyawan swasta yang perlu membaca artikel ini, dikarenakan pegawai negeri sipil (PNS), pegawai BUMN atau anggota TNI / Polri telah dipersiapkan dana pensiunannya oleh pemerintah. Bagi saya, yang notabene saat ini adalah salah satu karyawan di BUMN ternama, pendapat tersebut kurang tepat. Hal ini dikarenakan dana pensiun tersebut hanya cukup untuk hidup pas – pasan. Dan saya? Saya ingin hidup dalam kelimpahan sehingga saya berinvestasi lebih pada instrument investasi dana pensiun saya.

Perusahaan swasta yang bonafid akan membantu para karyawannya untuk mengatur dana pensiun ini. Perusahaan akan memotong langsung dari gaji karyawan dan bahkan ada beberapa perusahaan yang akan memberikan subsidi, bergantung dari gaji dan masa kerja karyawan tersebut di perusahaan. Dana tersebut kemudian akan dipercayakan oleh perusahaan kepada perusahaan investasi atau manajer investasi untuk mereka kelola dalam berbagai instrument investasi yang aman, rendah risiko dan memberikan imbal hasil yang cukup bagi para karyawan nantinya.

Lalu bagaimana apabila perusahaan tempatmu bekerja tidak memiliki fasilitas dana pensiun ini? Kita tidak perlu berkecil hari dikarenakan seperti saya, kamu juga dapat mempersiapkan dana pensiunmu sendiri, sejak muda sehingga dapat menikmati masa pensiun yang tenang dan nyaman.

Tips Mempersiapkan Dana Pensiun

Dalam mempersiapkan dana pensiun, masih banyak orang yang belum mengerti bagaimana cara untuk memulainya. Artikel ini akan memberikan beberapa rekomendasi yang dapat digunakan bagi siapa saja, baik kamu yang bekerja di perusahaan swasta, pekerja lepas ataupun PNS yang ingin menambah pundi – pundi tabungan di masa pensiunnya nanti. Ini dia beberapa tips dari ngurusduit.com :

1. Mulai Menabung / Menambah Dana Pensiun Kamu Saat Ini Juga

Cara paling tepat untuk mempersiapkan dana pensiun kita adalah dengan menabung. Hal ini adalah hal yang paling utama dan terutama. Tidak mungkin kan uang tersebut akan jatuh dari langit atau mungkin ada yang mengharapkan perusahaan memberikan kita sejumlah uang yang besar ketika kita memasuki masa pensiun nanti? Jawabannya 99% mustahil. Idealnnya setiap bulan, kita perlu menyisihkan minimal 20% dari pendapatan untuk menabung. Ada dari kita yang mungkin menabung untuk keperluan bisnis, mempersiapkan jalan – jalan (website muterindo.com membantu kamu mempersiapkan liburan kamu), sampai membeli aset seperti rumah. Nah, tim ngurusduit.com merekomendasikan kamu untuk mengalokasikan 5% dari pendapatan tersebut untuk mempersiapkan dana pensiun.

Terlepas dari penghasilan yang kita dapatkan saat ini, bagaimana cara agar kita dapat menabung dengan efektif? Uang tabungan dipotong di awal dengan jumlah tertentu, lakukan hal tersebut dengan konsisten setiap bulan dan lakukan sekarang juga! Siapa yang dapat membantu Anda selain diri Anda sendiri bukan?

2. Tingkatkan Pendapatan Sekarang Juga

Cara kedua yang kami rekomendasikan adalah dengan merintis usaha sampingan atau penghasilan lain. Kita bisa memulai dengan sesuatu yang sederhana seperti bisnis online, menjadi reseller, menjadi dropshipper. Atau apabila kita mempunyai hobi memasak, kita dapat menjual hasil masakan kita atau membuka catering. Sebaiknya bisnis yang kita kerjakan dapat menjadi sumber pendapatan pasif di masa depan nanti.

3. Perketat Anggaran Sekarang Juga

Niat yang baik perlu disegerakan dan tidak boleh ditunda. Begitu juga dapat mempersiapkan masa pensiun. Bila menabung sebesar 5% dari pemasukan setiap bulan itu terasa sulit, cobalah untuk melakukan pengetatan anggaran dan hidup dengan lebih sederhana. Hal ini merupakan salah satu cara yang paling efektif untuk menabung dan mempersiapkan dana pensiun sejak dini.

Sebagai contoh, apabila kamu merasa kamu perlu untuk mengonsumsi kopi setiap hari di kedai kopi terkenal / st*rbucks, mulailah untuk mengurangi konsumsi kopi atau bahkan menghentikannya. Atau kamu yang terbiasa merokok, berusahalah untuk mengurangi atau menghentikan kebiasaan merokok tersebut. Contoh lain adalah dengan membawa bekal dari rumah, daripada makan siang di luar. Aktivitas – aktivitas penghematan kecil ini, apabila dilakukan dengan konsisten, akan memberikan hasil yang lumayan loh.

4. Prioritaskan Untuk Membayar Hutang Terlebih Dahulu

Bagaimana mungkin kita dapat mempersiapkan dana pensiun apabila kita mempunyai hutang yang sejibun? Untuk menghindari jerat dari hutang, sebaiknya kita perlu melunasi hutang tersebut dulu baru mempersiapkan dana pensiun. Hutang yang berbunga, apalagi berbunga besar seperti kartu kredit ataupun minjam ke rentenir, pastinya tidak baik untuk kesehatan jasmani, rohani dan kantong kita. Usahakan untuk melunasi seluruh hutang tersebut dan jangan pernah berhutang lagi.

Baca juga : Hutang Produktif vs Hutang Konsumtif

NGURUS DUIT - Artikel 7 - Mempersiapkan Masa Pensiun Sejak Dini 2 Posted

5. Jangan Lupa Untuk Mempersiapkan Dana Darurat

Untuk mempersiapkan dana pensiun yang bernominal banyak, kita perlu mengalokasikan tabungan kita untuk dana darurat. Dana darurat merupakan dana yang dapat digunakan pada saat kondisi keuangan kita sedang memburuk, sehingga dapat menghindari jerat hutang, bahkan menggunakan dana investasi yang telah kita persiapkan. Oleh karena itu, dana darurat harus kita rencakanan dan persiapkan dengan baik. Disarankan, setiap orang memiliki dana darurat yang besarnya 3 – 12x dari penghasilan bulanannya. Kita dapat menyimpan dana darurat ini di dalam tabungan terpisah atau deposito.

6. Investasi Dana Pensiun di Instrument Terbaik

Agar nilai dari uang yang kita miliki tidak tergerus inflasi, kita perlu melakukan investasi atas dana pensiun yang telah kita persiapkan itu. Beberapa orang memilih untuk menyiapkan dana pensiun dengan emas, beberapa lainnya memilih untuk membeli reksdana, tetapi ada pula yang tidak mau ambil pusing dan mempercayakan dana pensiun tersebut untuk dikelola manajer investasi. Mayoritas perusahaan mengikutkan karyawannya pada program Jaminan Hari Tua (JHT) atau Dana Pensiun Lembaga Keuangan (DPLK). Kita akan mendapatkan laporan atas perkembangan dana pensiun dalam jangka waktu 3 – 6 bulan, bergantung pada perusahaan investasi yang kita percaya.

Itulah beberapa cara untuk mempersiapkan masa pensiun sejak dini yang dapat dicoba oleh kita semua. Persiapan yang baik akan memberikan kita hari tua yang gemilang. Semoga artikel ini dapat bermanfaat bagi kita semua.

Author

Write A Comment

thirteen − 4 =

Pin It