Search for:

Memilih produk Reksa Dana terbaik merupakan hal yang sangat mudah untuk dilakukan. Bahkan anak kecil pun dapat melakukannya. Anda hanya perlu mempertimbangkan 7 hal penting. Tim ngurusduit akan berbagi saran secara lengkap dalam artikel ini.

Cara Memilih Produk Reksa Dana

1. Cek Profil Risiko

Anda perlu menggali lebih lanjut mengenai profil risiko investasi Anda. Hal ini penting agar Anda merasa nyaman dengan produk Reksa Dana yang akan dipilih.

Apabila Anda bertipe investor konservatif, maka Anda disarankan untuk mengambil Reksa Dana Pasa Uang atau Reksa Dana Pendapatan Tetap. Apabila Anda bertipe investor agresif, maka Anda dapat membeli Reksa Dana Saham.

2. Tujuan Investasi

Tujuan investasi merupakan hal yang wajib dalam memilih produk Reksa Dana. Anda harus mengklasifikasikan tujuan investasi Anda ke dalam tiga kategori, yaitu tujuan jangka panjang, tujuan jangka menengah, dan tujuan jangka pendek.

Semakin panjang waktu yang diperlukan untuk mencapai target, maka disarankan untuk mengambil Reksa Dana yang lebih berisiko.

3. Melihat izin OJK

Setiap Manajer Investasi harus memiliki OJK untuk membuat produk Reksa Dana. Jika tidak punya izin, maka sebaiknya Anda memilih produk Reksa Dana yang lain.

Jangan sampai silau dengan janji return yang menggiurkan. Hati – hati investasi bodong!

4. Cek Prospektus Reksa Dana

Prospektus Reksa Dana adalah materi yang berisi informasi terkait Reksa Dana tersebut, seperti nama manajer investasi, biaya, dan tata cara jual – beli.

5. Memperhatikan Asset Under Management (AUM)

Salah satu indikator keberhasilan Reksa Dana adalah Asset Under Management. Semakin besar Asset Under Management, maka Reksa Dana tersebut dipercaya oleh masyarakat.

Baca juga : Mengenal Apa Itu Asset Under Management? Investor Masuk!

6. Laporan Reksa Dana

Cara memilih produk Reksa Dana berikutnya adalah melihat laporan Reksa Dana. Anda akan menerimanya melalui surat dalam bentuk hard copy atau mungkin surel dalam bentuk soft copy. Bahkan Anda dapat cek posisi Reksa Dana Anda melalui portal KSEI. Pastikan isi dari laporan tersebut akurat!

7. Reksa Dana Online

Tidak semua manajer investasi menyediakan fasilitas ini. Pastikan Anda memilih Reksa Dana online agar dapat memantau nilai investasi di mana saja dan kapan saja.

Itulah 7 cara tim ngurusduit.com dalam memilih produk Reksa Dana. Cara tersebut telah saya implementasikan selama lebih dari 10 tahun. Jangan lupa share apabila Anda suka.

Contributor @ Quora -> Andre Elausta.

Author

Write A Comment

three × three =

Pin It