Search for:

Agar sukses dalam berbisnis, diperlukan tekad, ketekunan, serta kerja keras. Namun, satu hal yang pasti dan juga harus dimiliki, yaitu pengetahuan tentang mengelola keuangan Anda. Manajemen keuangan menjadi sebuah tantangan paling umum yang dihadapi oleh banyak pebisnis. Apalagi, bagi kebanyakan pemilik usaha kecil dan menengah yang sangat bersandar pada modal.

Karenanya, sebelum terjun ke dunia bisnis, sangat bijaksana jika Anda lebih dulu memahami cara kerja keuangan bisnis dalam membantu mengelola uang, terutama untuk menghindari krisis kekurangan uang.

Berikut adalah delapan nasihat keuangan yang harus diperhatikan oleh para pebisnis pemula, agar tetap berada di jalur yang benar.

1. Tetapkan Tujuan yang Jelas

Menetapkan tujuan yang jelas, sangat penting untuk kelangsungan hidup dan pertumbuhan bisnis Anda. Salah satunya, tentu untuk menghasilkan pendapatan yang lebih tinggi. Karenanya, tetapkan tujuan yang lebih spesifik, seperti meningkatkan margin, mengurangi utang, menurunkan biaya produksi, dan sebagainya.

Setelahnya, aplikasikan dan lihat apakah hasil dari menetapkan tujuan yang jelas tersebut banyak memengaruhi pertumbuhan bisnis, bahkan menghemat uang Anda.

2. Membuat Anggaran

Keuangan bisnis harus dikelola dengan baik, agar tidak terjadi krisis arus kas. Kunci utamanya, yaitu dengan memiliki anggaran yang mencakup semua pendapatan, termasuk ketersediaan modal, dan pengeluaran tak terduga dalam periode tertentu.

Dengan anggaran yang terperinci juga realistis, dapat memandu Anda untuk mengoperasikan bisnis sesuai kemampuan. Jangan lupa pula untuk meninjaunya secara teratur, bersama dengan akuntan Anda.

3. Pisahkan Keuangan Bisnis dengan Pribadi

Saat memulai bisnis, pastikan agar Anda memiliki rekening terpisah, khusus untuk bisnis. Apalagi, jika bisnis adalah sumber pendapatan utama Anda. Karenanya, pertimbangkan untuk membayar gaji sendiri untuk pengeluaran pribadi Anda.

Memiliki rekening sendiri untuk bisnis, juga diperlukan saat Anda membutuhkan pinjaman modal. Selain itu, juga memudahkan dalam pembayaran pajak, melacak pemasukan dan pengeluaran bisnis.

4. Membuat Pembukuan

Meski kelihatannya membosankan, tetapi pembukuan adalah salah satu praktik terbaik dalam manajemen keuangan. Pembukuan sangat penting untuk menjaga kesehatan keuangan bisnis, merencanakan pertumbuhan, serta meringankan beban di saat harus membayar pajak.

Mulailah dengan merekam semua informasi di satu tempat, baik dalam bentuk Excel atau Google Spreadsheet hingga menggunakan software tertentu. Selanjutnya, tinggal diatur berdasarkan kategori. Dengan membuat pembukuan, akan sangat memudahkan memantau serta mengendalikan keuangan bisnis Anda.

5. Lacak dan Catat semua Transaksi

Pembukuan melibatkan pelacakan dan pencatatan transaksi secara akurat dan teratur, baik biaya yang harus dikeluarkan, serta hasil yang didapat dari penjualan. Pembukuan juga termasuk dengan mengatur semua dokumen yang diperlukan.

Dalam bisnis, melacak pengeluaran sangatlah penting. Karena dapat membantu kita mengendalikan biaya yang tidak perlu. Selain itu, juga memungkinkan Anda untuk mengetahui rata-rata pengeluaran setiap bulannya dan membantu menyesuaikan agar tidak melebihi anggaran yang telah dibuat.

6. Siapkan Dana Darurat

Dalam menjalankan bisnis, terutama jika masih beberapa minggu dan bulan, akan ada masa-masa dimana bisnis belum berjalan maksimal dan tergolong sangat lambat. Di saat seperti inilah, harus dipastikan bahwa Anda memiliki dana cadangan untuk dapat memenuhi semua pengeluaran.

Sama seperti halnya dana darurat pribadi, dana darurat bisnis Anda harus cukup untuk menutupi biaya antara tiga bulan hingga satu tahun. 

7. Mempelajari Pajak

Mempelajari pajak akan sangat membantu dalam mengetahui keberlakuan dan pengaruhnya pada bisnis Anda. Pada saat memulai bisnis, penting sekali untuk membuat perencanaan pajak. Dengan memiliki perencanaan pajak, akan membantu Anda untuk dapat memanfaatkan dengan baik segala fasilitas pajak yang ada, termasuk untuk menyelamatkan keuangan.

8. Teruslah Belajar

Mungkin Anda tidak perlu menjadi yang terbaik dalam hal mengelola keuangan bisnis, tetapi Anda harus mengelola uang Anda dengan benar. Tak apa jika belum memiliki pengalaman atau merasa tidak mampu di awal. Karena ada banyak sumber, tempat untuk Anda dapat mempelajarinya, baik cara untuk membuat anggaran, pengelolaan pinjaman, pembayaran pajak, dan masih banyak lagi.

Bahkan jika Anda merasa kewalahan dalam mengaturnya, terdapat banyak penasihat keuangan profesional yang memiliki kualifikasi, pengetahuan, serta pengalaman untuk memastikan uang hasil jerih payah Anda bertumbuh.

Menjadi seorang wirausahawan itu mengasyikkan sekaligus sebuah pengalaman yang luar biasa. Hal yang menantang dan menakutkan bagi pebisnis adalah kehilangan uang jika tidak bisa mengelolanya dengan benar. Namun, Anda tidak perlu khawatir, karena semua itu bisa dipelajari dengan melengkapi keterampilan dalam manajemen keuangan. Ada banyak cara untuk menjaga keuangan Anda tetap pada jalurnya, yaitu dengan melakukan kedelapan nasihat keuangan di atas. Jika mempraktikkan semuanya, diharapkan akan membantu Anda membangun kekayaan dan mencapai kesuksesan bisnis.
Author

Write A Comment

11 − 2 =

Pin It