Search for:

Kehilangan pekerjaan bisa menjadi sebuah masalah besar bagi seseorang , hingga membuatnya stres, bahkan mungkin menghancurkan kedamaian sebuah keluarga. Meski begitu, tanpa bermaksud membuatnya terdengar mudah, namun kehilangan pekerjaan bukanlah sebuah akhir hidup.

Seringkali pula, hikmah dari kehilangan pekerjaan tersebut membawa kita pada peluang baru untuk membuka pintu lainnya. Pada masa-masa tenang tersebut, kita juga dapat memanfaatkannya untuk menggali kemampuan diri, bahkan untuk mempelajari hal baru.

Terdapat delapan cara bertahan saat kehilangan pekerjaan, yang bisa memberikan masukan dan ide untuk diaplikasikan, sehingga dapat membantu Anda dan keluarga dalam melewati masa pengangguran dengan baik:

1. Tenangkan Diri

Ketika merasa ketakutan, khawatir, dan stres, satu hal penting yang perlu Anda ingat adalah menenangkan diri. Hal-hal yang terjadi saat ini, mungkin tampak buruk, tetapi pasti dapat dilewati karena Anda memiliiki kekuatan dan kecerdasan.

Anda perlu menjaga hati dan sikap untuk dapat memperbaiki situasi. Maka, luangkanlah satu atau dua hari beristirahat dari rutinitas sehari-hari untuk berduka sekaligus menenangkan diri. Lalu, berikan waktu untuk menilai situasi keuangan Anda sebelum akhirnya mencari pekerjaan baru.

2. Hentikan Pengeluaran tak Perlu

Begitu mengetahui jika Anda telah kehilangan pekerjaan, maka berhentilah menghabiskan uang untuk hal yang tidak perlu. Susun ulang anggaran berdasarkan pendapatan yang Anda peroleh setelah kehilangan pekerjaan. Hapus semua pengeluaran tambahan, kecuali kebutuhan mendasar saja. Anda bisa kembali memasukkan tambahan pengeluaran tersebut, jika telah mendapatkan pekerjaan baru.

3. Tahan Pembayaran Utang dan Penggunaan Kartu Kredit

Tahan dulu pembayaran utang Anda, karena pengeluaran akan meningkat di saat sedang tidak memiliki pemasukan. Selain itu, jangan pernah tergoda untuk hidup dari kartu kredit Anda. Meski Anda sedang mencari pekerjaan baru, tetapi tak ada jaminan jika langsung mendapatkannya. Karenanya, penggunaan kartu kredit hanya akan menambah utang dan pengeluaran saja.

4. Cek Dana Darurat dan Aset

Inilah salah satu fungsi dari dana darurat Anda. Kini, waktunya mengecek nilai dari dana darurat dan aset yang Anda miliki. Fungsinya tentu untuk mengisi kekosongan dari dana yang dibutuhkan untuk menyesuaikan anggaran Anda.

Cobalah untuk bertahan dengan uang tersebut, jikalau Anda memerlukan waktu sedikit lebih lama dalam mendapatkan perkerjaan. Lihat pula aset lainnya yang Anda miliki, yang dapat dijual untuk mengisi dana darurat.

5. Kembangkan Kemampuan

Jika beruntung, mungkin tidak membutuhkan waktu lama bagi Anda untuk mendapatkan pekerjaan yang baru. Tetapi, kemungkinan besar juga dapat menunggu hingga beberapa bulan, bahkan satu tahun, untuk memperoleh pekerjaan berikutnya.

Di sela-sela waktu Anda melamar pekerjaan, cobalah untuk meningkatkan keterampilan yang dimiliki sesuai dengan karir, agar nanti dapat bersaing di pasar kerja yang semakin kompetitif. Selain itu, peningkatan kemampuan akan membuat Anda merasa produktif serta lebih percaya diri.

Tidak perlu khawatir akan biayanya, karena kini banyak sekali kelas gratis yang tersedia secara online, yang juga menyediakan sertifikat untuk mempercantik CV Anda.

6. Perbarui CV

Sebelum mencari pekerjaan baru, pastikan terlebih dahulu untuk memperbarui CV Anda. Susunan dan gaya bahasa yang digunakan dulu tentu berbeda dengan saat ini. Selain itu, Anda harus memperbarui riwayat pekerjaan.

7. Mencari Pekerjaan

Mencari pekerjaan baru di saat sedang sedih dan tertekan akibat kehilangan pekerjaan, pasti sangat sulit. Kita merasa tidak termotivasi, bahkan mungkin ada sedikit trauma. Jangan biarkan hal itu berlarut-larut memengaruhi Anda. Sebaliknya, segeralah kembali berburu pekerjaan baru.

Jika sudah lama tidak mencari pekerjaan baru, Anda harus ingat untuk mengikuti perkembangan tekhnologi saat ini. Banyak sumber, seperti LinkedIn, portal pencari kerja, forum, hingga media sosial yang dapat membantu Anda segera menemukan pekerjaan.

8. Manfaatkan segala Bantuan

Sembari melamar pekerjaan, hal yang juga bisa Anda lakukan yaitu memanfaatkan bantuan apa pun yang ditawarkan oleh komunitas hingga pemerintahan setempat. Banyak dari mereka yang menawarkan bantuan, seperti membuat pelatihan, ataupun kerja magang. Pastikan Anda menggunakan segala fasilitas yang ada dengan mengetahui semua manfaat yang ditawarkan.

Mengganggur sudah pasti bukan masa terindah dalam hidup. Semoga dengan menjalankan kedelapan cara di atas dapat membantu Anda melewatinya dengan baik dan bertahan sampai menemukan pekerjaan berikutnya. Tetaplah berpikir positif, jangan pantang menyerah, karena segala kesabaran serta usaha Anda pasti akan membuahkan hasil di kemudian hari.
Author

Write A Comment

3 × 2 =

Pin It