fbpx
7 Langkah Untuk Menabung di Bank

7 Langkah Untuk Menabung di Bank

Telah banyak artikel yang menceritakan mengenai fitur dan layanan yang akan diterima apabila kita menabung di salah satu bank, seperti Bank Mandiri, BRI, BNI, BCA, CIMB Niaga atau bank – bank lainnya. Tapi setiap pembahasan tersebut nampaknya tidak menjelaskan mengenai sesuatu yang lebih penting dari pada itu.

Apakah itu?

Yup! Anda betul. Bagaimana mungkin kita bisa mendapatkan pelayanan dari salah satu bank di atas apabila kita tidak memiliki rekening untuk mengambil uang dan menabung di bank.

Tentunya banyak dari Anda yang telah membuka rekening untuk menabung di bank yang menurut Anda paling bagus, misalkan membuka rekening di Bank Mandiri. Bahkan beberapa dari Anda ada yang memiliki 2 atau lebih rekening dari bank yang berbeda – beda.

Namun tim ngurusduit yakin bahwa banyak dari kalian, yang mampir ke artikel ini, ingin membuka tabungan di bank untuk pertama kalinya.

Jika Anda adalah salah satu dari orang yang ingin menabung di bank, Anda telah berada di artikel yang tepat! Karena tim ngurusduit akan menjelaskan langkah – langkah menabung di bank beserta dokumen dan informasi penting yang perlu untuk Anda ketahui.

Buka Rekening Tabungan

Berikut adalah panduan untuk memuat rekening tabungan :

  1. Mempersiapkan Dokumen
    Menyiapkan dokumentasi yang diperlukan seperti : KTP / SIM / Kartu Mahasiswa / Kartu Pelajar. Untuk berjaga – jaga, pastikan Anda menyiapkan NPWP / Kartu Keluarga karena beberapa bank, seperti bank BCA menjadikan dokumen tersebut sebagai syarat utama. Pastikan Anda membawa dokumen asli + Salinan fotokopinya sebanyak 2 rangkap sehingga proses pembukaan rekening tabungan dapat berjalan dengan lancar.
  2. Persiapkan Uang Tunai
    Selain dokumen yang lengkap, CS (Customer Service) juga akan meminta Anda untuk menyetorkan sejumlah uang sesuai dengan ketentuan batas minimum setoran awal dari Bank yang Anda pilih. Saat ini, Bank Mandiri dan BCA mempersyaratkan setoran awal sebesar Rp 500.000,- dan BRI mempersyaratkan setorang awal sebesar Rp 250.000,-. Ketentuan ini dapat Anda lihat di brosur, internet atau datang langsung ke cabang dari bank yang Anda pilih. Tenang saja! Uang setoran awal tersebut akan menjadi saldo Anda kok 🙂
  3. Mampir ke Bank
    Setelah dokumen Anda lengkap dan uang setoran awal telah tersedia, segeralah mampir ke bank di cabang yang terdekat dari rumah atau kantor Anda. Hal ini akan mempermudah Anda untuk mengurus administrasi ke depannya.
    Note : Janganlah membuka rekening di kantor cabang bank yang jauh dari tempat tinggal Anda karena seluruh administrasi Anda di masa depan akan diurus di tempat yang sama. Anda pastinya tidak mau harus pergi ke kantor yang jauh hanya untuk mengurus ATM yang hilang bukan?
  4. Ambil Nomor Antrian
    Begitu Anda masuk ke dalam Gedung dari sebuah Bank, saya yakin Anda akan disambut dengan hangat oleh satpam bank tersebut. Informasikan bahwa Anda ingin membuka rekening dan Anda akan mendapatkan nomor antrian. Kemudian tunggulah sampai Anda dipanggil.
  5. Proses Pembukaan Rekening
    Ketika giliran Anda tiba, Anda akan dipanggil dan CS akan memperkenalkan dirinya serta menanyakan nama Anda. Kami sangat menyarankan Anda untuk berlaku ramah juga kepada mereka untuk kenyamanan prosesnya. Sampaikan tujuan Anda kepada CS untuk membuka rekening tabungan untuk perorangan. Selain itu, sampaikan juga bahwa Anda ingin membuat kartu ATM.
  6. Penjelasan Produk Tabungan dari CS
    CS dari Bank akan menjelaskan produk tabungan yang tersedia di bank tersebut. Pastikan Anda menyimak penjelasan tersebut. Apabila ada hal yang kurang jelas, silahkan bertanya kepada CS sehingga Anda dapat pulang dengan perasaan puas nantinya. Pertanyaan – pertanyaan yang umum diajukan adalah : Berapa biaya administrasi rekening (dan kartu ATM) serta titik impas. Saldo minimal yang perlu Anda jaga sehingga tabungan Anda tidak akan terpotong oleh biaya administrasi.
  7. Memilih Produk Tabungan
    Setelah seluruh informasi telah Anda dapatkan, kini saatnya Anda untuk memilih produk yang ingin Anda buat. CS akan memberikan aplikasi pembukaan rekening yang perlu Anda isi, seperti identitas diri, nomor HP, alamat, pekerjaan dan informasi lain. Anda juga akan diberikan opsi untuk membuka fitur – fitur lain seperti kartu ATM, Internet Banking, Mobile Banking, dan lain sebagainya.
    Note : Pastikan Anda memiliki kartu ATM karena itu akan sangat berguna untuk transaksi Anda ke depannya.

Dan setelah Anda mengikuti 7 langkah tersebut, sekarang rekening Anda telah aktif dan dapat digunakan untuk menabung di Bank. Sangat mudah bukan?

4 Pilihan Cara Menabung di Bank

Menggunakan Slip Setoran

20190419 - 7 Langkah Menabung di Bank - Slip Setoran-min-min-min

Setelah rekening Anda aktif, kini saatnya untuk memperbanyak saldo Anda. Caranya?

  1. Mintalah nomor antrian untuk Teller
  2. Isi aplikasi / slip setoran
  3. Persiapkan uang setoran
  4. Serahkan slip + uang setoran kepada Teller dan hey! Saldo di rekening tabungan Anda akan bertambah 🙂

Menerima Transfer

Untuk Anda yang telah memiliki bisnis, memiliki rekening tabungan nampaknya adalah suatu keharusan untuk saat ini. Apalagi kalau bisnis Anda sudah besar. Masa Anda mau menerima uang cash sebesar Rp 1 Miliar (misalnya)? Hati – hati kecopetan kawan. hehe.

Kalau bisnis Anda masih dalam bentuk proposal dan ide bisnis saja. Mempersiapkan rekening tabungan dari sekarang tidak ada salahnya bukan?

Cara penggunaannya sangat mudah.

  1. Beritahukan nomor rekening dan nama (sesuai buku tabungan) kepada mitra Anda
  2. Tunggu konfirmasi dari mitra Anda
  3. Cek saldo Anda melalui ATM ataupun internet banking, seperti Mandiri Online atau klikBCA. Mudah bukan?

ATM Setoran Tunai

20190417 - 7 Langkah Menabung di Bank - ATM Setoran Tunai BCA - Bank Central Asia-min

Bosan antri di kantor cabang? Saat ini beberapa mesin ATM telah dilengkap dengan fitur Setoran Tunai. Menurut tim, atm setoran tunai dari Bank BCA adalah yang terbaik di kelasnya sampai saat ini. Cara penggunaannya juga cukup mudah :

  1. Masukkan kartu ATM Anda
  2. Masukkan uang Anda
  3. Konfirmasi jumlah setoran
  4. Pilih nomor rekening yang akan Anda tuju
  5. Ambil kartu Anda. Dan transaksi selesai!

Agen Laku Pandai

20190419 - 7 Langkah Menabung di Bank - Menjadi agen laku pandai dari BRI Link-min

Dikutip dari situs OJK, Laku Pandai disingkat dari Layanan Keuangan Tanpa Kantor dalam Rangka Keuangan Inklusif, yaitu Program Otoritas Jasa Keuangan (OJK) untuk penyediaan layanan perbankan atau layanan keuangan lainnya melalui kerja sama dengan pihak lain (agen bank), dan didukung dengan penggunaan sarana teknologi informasi.

Singkatnya, agen laku pandai adalah individu / usaha yang dapat mewakili bank untuk menerima setoran dan menarik uang. Kalau cabang dari bank terdekat masih jauh dari lokasi tempat tinggal Anda, cobalah tengok ke kanan atau kiri dari rumah Anda. Siapa tahu ada agen laku pandai di situ 🙂

Nama Agen Laku Pandai

  1. BRI menamakan program tersebut BRILink
  2. Bank Mandiri menamakan program tersebut Branchless Banking

Leave a Comment